iPhone 12 Series Cepat Panas? Kemungkinan Penyebab & Solusi

Apple merilis iPhone 12 dan 12 Pro pada 23 Oktober, diikuti oleh iPhone 12 Pro Max beberapa minggu kemudian. Banyak laporan yang berdatangan dari pengguna tentang iPhone 12 series cepat panas. Ada beberapa keluhan yang disampaikan pengguna melalui forum resmi Apple.

Baca Juga  Solusi dan Cara Memperbaiki iPhone Yang Terlalu Panas
Sumber

Masalahnya iPhone 12 series cepat panas tampaknya tersebar di seluruh dunia. Namun, penting untuk dicatat bahwa laporan ini hanya terdapat di sebagian kecil dari total unit, karena sebagian besar ulasan untuk perangkat iPhone 12 series terbilang positif. Meski demikian, laporan tersebut masih terlalu banyak untuk dilewatkan. Masalahnya awalnya terkait dengan fakta bahwa perangkat itu baru dan perlu waktu bagi ponsel untuk menyelesaikannya pengaturan awal dan transfer data.

Baca Juga  Solusi Mengatasi iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, 12 Pro Max Menjadi Panas Saat Di Charge

Keluhan terus mengalir di forum resmi Apple sejak saat itu. Beberapa pengguna juga telah menyatakan bahwa mereka telah melewati tahap recovery, namun masalah panas tetap ada. Setelah mendalami masalah tersebut, kami menemukan bahwa masalahnya tidak dapat disimpulkan menjadi satu masalah saja. Pengguna menghadapi panas berlebih dalam berbagai skenario.

Beberapa mengatakan itu iPhone 12 panas saat mengisi daya. Yang lain mengatakan saat FaceTiming atau bermain game. Namun banyak juga yang menyatakan bahwa iPhone 12 series cepat panas saat melakukan tugas-tugas rutin seperti browsing juga. Bagaimanapun, jika Kamu adalah salah satu pengguna yang menghadapi masalah ini, jangan khawatir, karena kami telah menyusun daftar kemungkinan penyebab beserta solusi masing-masing. Cobalah yang menurut Kamu paling tepat.

Kemungkinan penyebab & solusi untuk iPhone 12 series cepat panas

Terlalu panas selama dan setelah penginstalan awal

Beberapa pengguna melaporkan iPhone 12 baru mereka tampaknya terlalu panas selama penginstalan awal dan tahap transfer data. Jika Kamu adalah salah satu dari pengguna yang mengalami hal serupa , Kamu dapat menghela nafas lega karena perilaku ini cukup normal. Penyiapan awal bisa sangat boros sumber daya, baik itu di ponsel apa pun. Biarkan perangkat untuk tenang setidaknya 48 jam sebelum diperiksa kembali. Jika masalah terus berlanjut, lanjutkan ke rangkaian solusi berikutnya.

Aplikasi dengan penggunaan tidak normal

Periksa aplikasi latar belakang dengan penggunaan abnormal dari pengaturan baterai pada iPhone. Beberapa Aplikasi dapat berjalan di latar belakang dan memberikan beban yang tidak perlu pada prosesor ponsel Kamu. Kamu juga dapat membuka “Pengaturan> Umum> Penyegaran Aplikasi Latar Belakang” dan mematikan aplikasi yang tidak ingin Anda jalankan di latar belakang. Kamu juga dapat mencoba membatasi akses lokasi ke aplikasi yang Kamu rasa tidak membutuhkannya. Kamu dapat membatasi akses lokasi melalui Pengaturan> Privasi> Layanan Lokasi. Selanjutnya, pilih aplikasi dan ubah ke aktif atau nonaktif, sesuai kebutuhan.

Pengisian daya atau Charging

Beberapa pengguna juga menghadapi panas berlebih saat mengisi daya – baik secara nirkabel maupun dengan kabel. Jika Kamu menghadapi masalah yang sama, kemungkinan besar pengisi daya rusak. Pastikan Kamu menggunakan pengisi daya yang didukung secara resmi yang di jual di ibox.

Sinyal jaringan sinyal yang buruk

Penerimaan sinyal jaringan yang buruk dapat menjadi penyebab masalah panas juga, karena perangkat harus extra keras untuk mencari sinyal yang lebih baik. Selain itu, jajaran Apple iPhone 12 tampaknya dilengkapi dengan modem Qualcomm Snapdragon X55. Ini adalah modem eksternal yang mengkonsumsi lebih banyak daya dan kemungkinan menghasilkan panas yang lebih besar.

Unit rusak

Jika Kamu telah mencoba semua yang diberikan di atas dan iphone kamu  masih panas secara tidak normal, kemungkinan besar unit kamu rusak. Segera datang ke service center memperbaiki masalah dan klaim garansi.