Istilah Trading

Memahami Istilah Trading yang Sering Dipakai

Ada banyak istilah trading yang sering dipakai baik untuk berkomunikasi atau sebagai terms tertentu. Sehingga para trader awam perlu memahaminya sehingga dapat melakukan aktivitas perdagangan secara optimal.

Kami tidak akan membahas istilah yang terlalu kompleks karena pada dasarnya jarang dipakai. Pembahasan ini lebih berfokus pada terms yang memang fungsional dan sering digunakan setiap saat.

Ini akan lebih penting sebagai pengantar karena dapat mempermudah juga ketika kita mempelajari sebuah buku. Biasanya dalam buku kurikulum perdagangan selalu ada jargon khusus.

Tanpa memahami kata tersebut tentu saja akan cukup sulit dalam memahami materi yang disampaikan. Sehingga dengan pemahaman seperti ini kita dapat mempelajarinya secara lebih mudah.

Istilah Trading dalam Aspek Teknikal

Pembahasan pertama kami adalah beberapa kata yang hubungannya erat dengan aspek teknikal. Sehingga para trader dapat menggunakannya ketika mengoperasikan aplikasi guna melaksanakan kegiatan perdagangan.

1. Candle

Ini adalah simbol yang menunjukkan kenaikan atau penurunan harga dalam pasar. Sebenarnya candle sendiri adalah salah satu jenis graph yang disediakan dalam aplikasi perdagangan tersebut.

Bentuknya graph bisa kita ubah sehingga tampilannya tidak selalu berbentuk seperti lilin. Jika ingin lebih konvensional Anda dapat merubahnya menjadi garis misalnya agar mudah dipahami.

2. Bear dan bull

Bear adalah posisi dimana harga pasar diyakini akan melakukan penurunan harga. Biasanya dalam candle akan ditampilkan dengan warna merah dan menurun dari graph istilah trading.

Sedangkan bull merupakan sebuah kondisi dimana harga pasar diyakini akan melakukan kenaikan. Dalam candle ini biasanya ditampilkan dengan warna merah dan menanjak dari graph.

3. Margin call

Ini maksudnya adalah panggilan agar pengelola saham melakukan deposit tambahan agar posisinya tidak terlikuidasi. Dalam terms lebih sederhana dapat kita katakan bahwa posisi Anda tidak menguntungkan.

Istilah margin call ini akan sering Anda ketahui karena identik dengan kekalahan. Jadi ketika memang salah meletakkan posisi dan saldo habis ini biasanya disebut dengan margin call atau MC.

👉 TRENDING:  Cara Menentukan Stop Loss dalam Trading untuk Pemula

4. Open position

Artinya adalah adanya transaksi yang sedang aktif dalam sebuah pasar. Biasanya open position digunakan untuk menunjukkan kapan kita harus melakukan pembelian atau penjualan istilah trading.

Keempat terms tersebut memang paling sering digunakan dalam sebuah aktivitas perdagangan pemula. Sehingga dengan memahaminya kita bisa mengetahui bagaimana implementasi pada perdagangan.

Istilah Dunia Trading dalam Aspek Fundamental

Ketika kita masuk dalam materi fundamental perdagangan instrumen tentu saja ada teori fundamentalnya. Jadi ketika mempelajarinya akan sering terdengar beberapa istilah seperti berikut ini.

1. Leverage

Ini artinya secara kasar adalah daya ungkit perdagangan dari satu aset tertentu. Misalnya Anda membeli aset A dengan leverage 1 : 200 maka daya ungkit dari instrumen tersebut adalah 200 kali lipat.

Dengan menggunakan modal 500 dolar misalnya Anda akan mampu melakukan transaksi sebanyak 50.000. Di Indonesia lebih populer disebut leverage, namun untuk negara luar biasanya disebut margin.

2. Ekuitas

Ini adalah jumlah dana atau saldo yang dimiliki seorang trader pada akun tersebut istilah trading. Sehingga ketika ekuitasnya habis maka perlu melakukan deposit ulang guna menghindari margin call.

3. Pair

Pasangan mata uang yang akan digunakan berdagang biasanya USD – JPY. Ada banyak pair yang dapat diperdagangkan oleh seorang trader untuk memperoleh keuntungan optimal.

4. Volatilitas

Ini adalah sebuah perhitungan statistik yang mampu menunjukkan seperti apa pola perdagangan. Misalnya high volatility market, artinya pasar tersebut terjadi naik turun harga secara frekuentif.

Aspek volatilitas ini juga perlu diperhitungkan oleh para trader sehingga mampu mengoptimalkan potensi profit. High volatility memang menggiurkan namun risiko dalam melakukannya juga tinggi.

5. Spread

Selisih harga open posisi dalam pembelian atau penjualan instrumen perdagangan tertentu. Semakin kecil spread artinya seorang trader akan untung karena mudah ketika mencapai break even point istilah trading.

👉 TRENDING:  Para Pemula Wajib Mengetahui 4 Cara Menabung yang Unik dan Bikin Semangat

Spread juga menjadi salah satu aspek paling penting untuk menentukan kualitas broker. Bagi para pemain hedging mencari spread paling kecil adalah hal penting untuk memaksimalkan keuntungan.

Dalam teori fundamental memang banyak istilah yang akan kita temui ketika mempelajarinya. Namun kelima poin tersebut tentunya dapat menjadi salah satu acuan bagaimana menggunakannya.

Terms Komunikasi dalam Dunia Perdagangan

Selain dari faktor teknikal dan fundamental ada juga istilah yang digunakan untuk komunikasi biasa. Berikut ini akan kami berikan contohnya sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai acuan.

Day trader

Seorang trader yang melakukan transaksi perdagangan setiap hari pasar. Aktivitas ini bisa disebut sebagai terms profesi karena memang cukup banyak orang istilah trading menjadi day trader.

Hedging

Merupakan strategi dimana seorang trader melakukan open posisi dari dua sudut pandang berbeda. Tujuannya adalah melakukan overlay sehingga memperoleh profit dalam posisi perdagangan apapun.

Pada praktiknya hedging sangat sulit dilakukan karena membutuhkan waktu open posisi cepat. Kemudian juga perlu melihat seperti apa selisih potensi hasil dari market tersebut.

Entry order

Pengambilan posisi dalam sebuah market ketika harga sudah mencapai pada titik tertentu istilah trading. Perintah seperti ini biasanya dilakukan untuk mengoptimalkan potensi dari harga pasar tadi.

Exit order

Ketika harga pasar sudah masuk pada titik tertentu akan ada perintah untuk melakukan exit posisi. Ini dilakukan biasanya untuk mengurangi potensi risiko kerugian dari transaksi terkait.

Initial margin

Istilah yang digunakan untuk menggantikan setoran dana awal guna melakukan transaksi. Ini akan sering kita dengar ketika hendak melakukan join dengan istilah trading broker tertentu.

Safe haven

Instrumen paling aman yang dapat digunakan para trader secara legal untuk mengamankan asetnya. Biasanya safe haven ini adalah istilah untuk instrumen dengan volatilitas sangat rendah.

👉 TRENDING:  Apakah Dana termasuk bank CIMB Niaga. Informasi Lengkap

Sehingga mereka dapat digunakan untuk mengamankan posisi keuangan jangka panjang. Safe haven misalnya adalah emas karena dia tidak tergantung pada mata uang tertentu.

Dengan memahami terms komunikasi tersebut tentu saja Anda akan siap terjun di dunia trading. Akan lebih mudah lagi mempelajari berbagai aspek penting dalam trading ketika kita tahu istilahnya.

Mengapa Penting Mempelajari Terms dalam Dunia Trading

Banyak kaum fundamentalis menganggap bahwa penggunaan terms seperti itu sebenarnya tidak terlalu penting dipelajari. Karena cepat atau lambat pasti kita akan mengerti sendiri apa arti dari istilah trading tersebut.

Menurut para fundamentalis lebih penting para trader awam mempelajari seperti apa fundamental perdagangan. Ini akan menjadikan mereka lebih mudah dalam memprediksi pergerakan pasar tersebut.

Mempelajari terms hanya untuk terlihat jago atau meyakinkan adalah salah satu gimmick marketing saja. Biasanya justru para referral atau marketer dari broker tertentu yang bicaranya sedikit-sedikit menggunakan jargon trading.

Namun itu hanya sebuah pendapat saja, secara umum kita perlu mempelajari istilah itu agar lebih mudah belajar. Di Indonesia sendiri memang lebih banyak buku dengan penggunaan istilah trading seperti itu.

Sehingga para pemula dipaksa untuk mempelajarinya sendiri agar lebih mudah memahami materi isi buku tersebut. Apabila kita tidak tahu artinya apa tentu saja akan sangat sulit untuk menyerap ilmu dari bacaan tersebut.

Oleh karena itu dengan beberapa terms baik teknikal, fundamental, atau komunikasi tadi dapat dijadikan acuan. Masih cukup banyak variasi lainnya yang perlu kita pahami untuk modal belajar.

Apabila bisa mengoptimalkan pemahaman materi dengan modal istilah tadi tentu saja tidak masalah. Karena tujuan akhirnya para trader pemula adalah mengetahui bagaimana teknik dagang yang membawa profit.

Percuma kita terdengar sangat mahir namun faktanya tidak mampu menghasilkan keuntungan. Jadi mempelajari istilah trading tidak masalah, justru dapat dijadikan modal ilmu guna mempelajari buku.