Apa itu Bitcoin dan Cryptocurrency: Keunggulan dan Kekurangan Investasi Crypto

Jika Anda berpikir untuk mencoba berinvestasi dalam cryptocurrency, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum memulai trading.

Bitcoin telah melampaui harga pada tahun-tahun sebelumnya dan ada kemungkinan harga bitcoin akan naik lagi. Hal ini telah menciptakan minat baru orang orang pada Bitcoin dan cryptocurrency lainnya.

Apa itu Cryptocurrency?

“Cryptocurrency” mengacu pada uang digital. Cryptocurrency adalah mata uang yang sepenuhnya ada secara online, dan tidak bergantung pada negara, bank, atau badan pengatur keuangan mana pun. Cryptocurrency tidak didasarkan pada aset fisik apa pun, yang berarti nilainya ditentukan sepenuhnya oleh sentimen publik. Dengan kata lain, cryptocurrency hanya bernilai jika ada trader (orang) yang bersedia membeli dalam nila tertentu.

Anda tidak dapat berinvestasi dalam mata uang kripto melalui bank biasa. Anda perlu mendaftar ke platform trading mata uang kripto seperti Indodax, Tokocrypto atau Binance.

Semakin tidak jelas perusahaan yang membuat/mengeluarkan mata uang kripto, semakin sedikit keuntungan, dan semakin banyak risiko! Jika Anda ingin ikut serta dalam investasi kripto, di bawah ini adalah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli.

Apakah cryptocurrency merupakan investasi yang baik untuk Anda atau tidak bergantung sepenuhnya pada seperti apa menurut Anda masa depan dan bukan seperti apa pertumbuhan cryptocurrency di masa lalu.

Apakah Investasi Coin Crypto Bagus Untuk Masa Depan?

Sangat menggoda jika anda melihat kurva pertumbuhan coin-coin crypto dan berpikir mereka harus memiliki coin kripto unutk rencana masa depan. Namun, karena sifat, umur panjang, dan penerapan cryptocurrency di masa depan sebagian besar tidak diketahui, sulit untuk mengatakan apa dan berapa banyak yang harus Anda miliki untuk memenuhi tujuan keuangan Anda.

Akankah cryptocurrency menggantikan uang tradisional? Itu mungkin. Tetapi ada juga kemungkinan uang akan berubah dengan cara lain, seperti pengenalan pendapatan dasar universal untuk mengatasi penghapusan pekerjaan karena otomatisasi. Mungkin juga pasar saham akan meledak, akan ada perang nuklir, dan sejumlah peristiwa tak terduga lainnya akan secara drastis mengubah sifat uang selamanya.

“Anda tidak dapat mengetahui masa depan, tetapi bukan berarti Anda tidak dapat merencanakannya”.

Jangan Terbawa Suasana untuk All-in dalam Cryptocurrency

Yang paling penting adalah tidak mempertaruhkan semua uang Anda pada satu hasil, sambil tetap mengedepankan cukup untuk tidak tertinggal dalam trand investasi.

👉 TRENDING:  Deretan Aplikasi Investasi Saham Yang Terdaftar Di OJK Wajib Dicoba

Cryptocurrency trendi, menyenangkan, dan mungkin berarti sesuatu dalam jangka panjang. Jika Anda mencari berapa banyak untuk diinvestasikan, perlakukan itu seperti Anda berinvestasi di saham individual mana pun. Aturan praktis pribadi saya adalah: Jangan pernah memasukkan lebih dari 3% portofolio investasi Anda ke dalam satu investasi.

Keuntungan Berinvestasi Dalam Cryptocurrency

Alasan cryptocurrency menjadi sangat populer akhir-akhir ini adalah karena ada keuntungan besar menggunakan teknologi crypto sebagai pengganti mata uang dan aset tradisional. Berinvestasi dalam cryptocurrency memiliki banyak keuntungan, seperti:

Universal Akses

Karena cryptocurrency tidak terikat oleh satu negara atau pemerintah, ia dapat digunakan secara global. Siapa pun dari negara mana pun yang memiliki koneksi internet dapat membeli cryptocurrency. Dari perspektif warga dunia yang kolaboratif, itu cukup keren.

Terhindari dari Ketidakstabilan Politik

Cryptocurrency adalah cara yang bagus untuk menyimpan kekayaan di luar risiko volatilitas mata uang biasa. Konsep ini mungkin tidak masuk akal bagi orang Amerika Utara yang menikmati mata uang yang cukup stabil, tetapi di negara-negara dengan stabilitas politik dan moneter yang kurang, cryptocurrency menawarkan cara yang menarik untuk melindungi aset Anda.

Jika Anda tinggal di wilayah di mana uang Anda menjadi semakin tidak berharga dalam ekonomi global dari hari ke hari, cryptocurrency dapat melindungi kekayaan pribadi dan keluarga Anda sambil memberi Anda aset yang tidak dapat disita oleh pemerintah Anda.

Kepemilikan Anonim

Sifat dasar cryptocurrency, dan apa yang membuatnya begitu menarik pada awalnya, adalah bahwa crypto adalah mata uang anonim. Di dalam setiap koin terdapat catatan dari setiap transaksi, tetapi dienkripsi, jadi Anda tidak akan pernah tahu siapa yang membeli atau menjual.

Kelemahan Cryptocurrency

Pencurian

Karena cryptocurrency adalah digital, ia berisiko mengalami hal yang sama yang menghapus aset digital lainnya: peretas dan kesalahan pengguna.

Peretasan adalah risiko besar kerugian cryptocurrency, terutama bagi investor ritel yang tidak tahu bagaimana mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi koin mereka. Rata-rata pengguna komputer memiliki kata sandi yang lemah, kurangnya pemahaman tentang kerentanan web. Hal ini membuat aset cryptocurrency mereka bisa dicuri.

Salah satu tempat paling rentan Anda dapat menyimpan cryptocurrency Anda adalah di market tempat Anda membeli dan menjualnya. Dalam kasus peretasan sebelumnya, Bitcoin senilai $60 juta dicuri dari NiceHash .

👉 TRENDING:  6 Website Pertukaran Cryptocurrency Bitcoin Terpercaya Untuk Melakukan Transaksi Dengan Aman

Ingat, karena cryptocurrency tidak diatur, itu juga tidak diasuransikan. Ini berarti pengguna yang memiliki puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu uang tunai di akun NiceHash mereka kehilangannya, dan tidak akan pernah mendapatkannya kembali.

Lupa Kata Sandi

Diri Anda mungkin menjadi musuh terburuk Anda sendiri dalam hal menjaga keamanan cryptocurrency. Jika kata sandi dompet crytpo Anda sangat rumit sehingga membuat peretas dan diri Anda sendiri bisa lupa kata sandi dari dompet digital Anda. cryptocoin Anda akan hilang dan tidak bisa diakses kembali.