Cara Daftar Aplikasi Bansos Online 2022

Cara Daftar Aplikasi Bansos Online 2022

Untuk menghadapi masa pandemi, penggunaan Aplikasi Cek Bansos akan sangat berguna karena memiliki beberapa fungsi seperti cek apakah terdaftar sebagai penerima bantuan dan mengajukan (usul) menjadi peserta penerima bantuan yang bisa dilakukan secara online langsung dari Hp.

Menu usul yang tersedia pada aplikasi cek bansos bisa dugunakan untuk mengusulkan anggota keluarga dalam satu kartu keluarga (KK) atau mendaftarkan calon penerima lain dalam satu lingkungan tempat tinggal yang memang belum terdaftar dan layak untuk mendapatkan bantuan dari kemensos.

Mengusulkan data penerima bantuan melalui aplikasi bansos online akan searah dengan anjuran pemerintah untuk melakukan segala kegiatan dari rumah ( Work From Home).

Nah, bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial dari kemensos, tentunya bisa langsung mengikuti langkah-langkah untuk mendaftar bansos melalui aplikasi cek bansos yang bisa dilakukan secara online.

Cara Daftar Bansos Online 2022 Menggunakan HP

Unduh/Download Aplikasi Cek Bansos

Download aplikasi yang tersedia di Playstore Disini

Gunakan aplikasi yang sudah disediakan Kementrian Sosial RI yang bisa didownload langsung melalui Google Playstore, pastikan mendownload aplikasi yang asli dengan gambar logo kemensos dan memiliki ukuran 6,4Mb.

Pendaftaran Akun

Untuk membuat akun di aplikasi cek bansos data yang diperlukan harus dilengkapi dengan benar, persiapkan data seperti: nomor kartu keluarga, Nik, nomor Hp dan e-mail yang aktif untuk mendapatkan kode verifikasi, dan lampiran foto selfie dan foto ktp.

Daftar Usulan

Pada menu ini pemilik akun bisa mengusulkan diri sendiri, ataupun mengusulkan masyarakat lain untuk mendapatkan dana bantuan sosial,

  • Pilih menu daftar usulan, paling kanan berwarna biru.
  • Pilih tambah usulan, lalu akan masuk ke menu penambahan usulan mandiri
  • Masukkan semua data pada aplikasi, data yang diperlukan sama seperti pendaftaran akun aplikasi cek bansos. Data tambahan yang dibutuhkan seperti: nama ibu kandung, foto selfie dengan ktp dan foto rumah dari data yang akan diusulkan.
  • Pilih tombol warna biru tambah usulan dan data akan dikirim.
👉 TRENDING:  Daftar Bantuan PPKM Darurat Yang Bisa Didapatkan Oleh Masyarakat Terdampak!

Semua data yang telah diusulkan tentunya akan diproses oleh kemensos, semua informasi tentang bantuan akan di update melalui aplikasi ini.

Berikut Cara Daftar Aplikasi Bansos Online 2022 yang semua proses pada aplikasi bisa langsung dilakukan melalui Hp. Dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa ikut berpartisipas dalam mengawal penyaluran bansos agar lebih tepat sasaran.

Kata Kunci
Aplikasi Bansos Online - Aplikasi Bansos Umkm - Aplikasi Bantuan Dari Pemerintah - Aplikasi Bantuan Pemerintah - Aplikasi Bpnt - Aplikasi Cek Bansos - Aplikasi Cek Bansos Kemensos - Aplikasi Cek Bansos Umkm - Aplikasi Daftar Bansos Online - Aplikasi Dana Bansos -