Aplikasi Belajar Bahasa Asing dari Ponsel Kamu

Kamu sedang belajar bahasa asing atau hanya sekedar penasaran, berikut 3 aplikasi belajar bahasa asing yang bisa dicoba. Tidak bisa dipungkiri seiring perkembangan teknologi komunikasi seperti sekarang sangat mudah untuk melakukan interaksi dengan orang luar negeri. Tentunya untuk berkomunikasi diperlukan ilmu tentang bahasa asing.

Terutama bahasa Inggris, dimana dikatakan sebagai universal language saat berada di luar negeri. Jadi sebagian besar komunikasi yang kamu lakukan dengan orang luar negeri bisa dipastikan harus menggunakannya. Selain bahasa inggris kamu juga bisa menggunakan bahasa asing lainnya.

Tentu beberapa aplikasi ini bisa digunakan untuk bermacam-macam jenis yang terdapat di dunia. Seperti Mandarin, Rusia, Turki, Jepang, Korea dan lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya keinginan. Berbeda aplikasi juga memiliki teknik dan cara menyampaikan materi yang berbeda.

Lebih baik untuk mencoba aplikasi-aplikasi tersebut terlebih dahulu untuk mencari metode dan materi cocok untuk kamu. Karena cara belajar perseorangan berbeda-beda jadi tidak bisa dijadikan standar yang pasti. Semakin cocok metode yang digunakan, semakin mudah materi bisa dicerna nantinya.

Duolinggo yang Menerapkan Cara Pembelajaran Mencocokan Kata

Aplikasi belajar bahasa asing pertama adalah Duolinggo. Dengan ikon app yang berupa burung hantu dan dominan warna hijau. Cara pembelajaran dari app Duolinggo ini adalah mencocokan kata untuk melengkapi bagian dari kalimat yang tidak lengkap. Jadi lebih belajar sambil bermain kata.

Metode belajar seperti ini, bertujuan untuk mengajarkan seseorang dalam tata bahasa hingga frase yang butuhkan untuk melengkapi suatu kalimat. Metode satu ini dinilai bisa memudahkan para penggunanya dalam memahami sebuah bahasa yang masih asing dan baru.

Selain dalam bentuk teks nantinya pengguna juga akan diberikan persoalan dalam bentuk audio. Variasi ini tentunya bertujuan agar pengguna tidak hanya mengetahui cara menulisnya saja tetapi juga bisa membacanya secara baik dan benar. Tentu kamu bisa mengunduhnya secara gratis di play store.

Tetapi jika tidak melanjutkan dengan berlangganan Duolinggo Plus maka pembelajaran akan terbatas dalam seharinya. Jadi memang harus sedikit demi sedikit jika tanpa langganan Duolinggo Plus. Dengan program langganan tersebut nantinya kamu bisa belajar bebas tanpa adanya iklan yang terasa mengganggu.

Babel yang Menggunakan Metode Pembelajaran Teks Dialog

Berbeda dengan aplikasi belajar bahasa asing sebelumnya, metode pembelajaran dalam Babel ini menggunakan teks dialog dalam kehidupan nyata. Hal tersebut untuk kebutuhan kamu jika menginginkan pembelajaran bahasa asing dan dapat mengimplementasikannya langsung ke dalam percakapan sehari-hari. Metode ini tentu saja bertujuan agar kepercayaan diri bertambah.

Senada dengan aplikasi Duolinggo, Babel juga memberikan pelajaran dasar secara cuma-cuma atau gratis. Tetapi jika ingin belajar bebas dan tanpa batas bisa melakukan langganan untuk per bulannya. Belajar bahasa asing menggunakan Babel bisa dilakukan melalui aplikasi mobile atau websitenya langsung.

Platform mana yang kamu pilih pastikan sesuaikan dengan kenyamanan belajar kamu dan usahakan sebelum berlangganan, coba terlebih dahulu fitur pembelajaran gratis. Pilihan bahasa asing tersedia memang tidak seberagam di app Duolinggo, hanya terdapat beberapa saja, pastikan terdapat bahasa asing yang kamu incar.

Busuu, Metode Belajar dengan Menggunakan Audio atau Suara

Aplikasi belajar bahasa asing kali ini berfokus kepada metode belajar berbasis audio atau suara. Seperti Babel, materi digunakan untuk belajar adalah teks percakapan tentang kehidupan sehari-hari. Untuk yang menyukai metode belajar dengan audio atau sekedar lebih nyaman dengan audio, Busuu pas untuk kamu.

Sama dengan dua app sebelumnya, pembelajaran dasar yang diberikan dapat dirasakan secara gratis. Tetapi untuk tahap lebih lanjut dan akses pembelajaran bebas harus berlangganan terlebih dahulu. Pastikan untuk kamu yang ingin berlangganan, coba mode gratis dahulu.

Jika cocok dan sesuai dengan keinginan kamu, bisa lanjutkan dengan mode berbayar atau berlangganan untuk per bulannya. Hal ini sepertinya diperlukan jika kamu memang sangat membutuhkan sekali pembelajaran bahasa asing lanjutan dan tergantung dengan urgensi yang kamu miliki.

Jika hanya ingin coba-coba dan untuk mengisi waktu luang saat berada di rumah, lebih baik coba dengan mode gratis saja sudah cukup. Memang perkembangan lebih lambat dan lama, tetapi bisa lebih menghemat kantong kamu. Tidak ada salahnya untuk melanjutkan dengan berlangganan per bulannya.

Jika kamu memang ingin menguasai bahasa asing tersebut dengan cepat dan lengkap. App mana yang dipilih tentunya sesuaikan dengan kebutuhan. Lebih baik dicoba dahulu satu per satu, metode belajar mana yang cocok. Jika sudah pilihlah aplikasi belajar bahasa asing dam bisa kamu unduh di ponsel.