Pemahaman Apa Itu Izin Aplikasi Android

Pemahaman Apa Itu Izin Aplikasi Android

Aplikasi mendominasi penggunaan smartphone dan sementara App Store Apple memiliki kriteria ketat untuk setiap aplikasi, Google Play Store relatif lebih gampang untuk developer menyalurkan aplikasinya. Sebagai pengguna aplikasi Android, kamu harus mengetahui jenis data yang diambil dari setiap aplikasi yang digunakan.

Selain itu, kamu harus mulai membaca ” izin” yang telah diberikan pada aplikasi yang kamu unduh ke smartphone kamu, atau berisiko membuka diri terhadap masalah privasi dan keamanan data utama. Pada artikel ini, revolusitekno akan menjelaskan apa itu izin aplikasi android yang perlu kamu perhatikan lebih lanjut , dan izin mana yang valid yang wajib diminta oleh aplikasi.

Dengan kewaspadaan, sangat mungkin untuk meminimalkan risiko dengan mempelajari cara mengelola izin aplikasi dengan lebih baik (dan mencabutnya jika perlu). Berikut ini adalah pemahaman apa itu izin aplikasi android dan apa yang harus kamu lakukan untuk setiap izin yang diminta oleh aplikasi.

Apa itu Izin Aplikasi?

Izin aplikasi Android bukanlah permintaan, melainkan deklarasi. Kecuali jika hp android kamu telah di-root, kamu tidak dapat menentukan selain memilih untuk tidak menginstal aplikasi apakah aplikasi akan menerima semua izin yang diperlukan.

Saat kamu menginstal aplikasi dari Play Store, kamu akan mendapatkan pop up yang mencantumkan semua izin yang diperlukan aplikasi, hal-hal seperti akses ke penyimpanan, panggilan telepon, komunikasi jaringan, dll.

Izin yang Harus Waspadai

Ada beberapa izin yang harus kamu waspadai, bukan karena itu berbahaya, tetapi karena mungkin ada dampak lebih luas jika data dari izin ini jatuh ke tangan yang salah. Perhatikan bahwa ini bukan satu-satunya izin yang harus kamu khawatirkan.

Berikut adalah izin aplikasi android yang harus kamu perhatikan untuk menjaga keamanan data dari tindakan yang tidak bertanggung jawab:

👉 TRENDING:  Manfaat Aplikasi Workout Gratis Terbaik Bantu Olahraga di Rumah

Status dan Identitas Telepon

Baca status dan identitas telepon mencakup segala sesuatu mulai dari sesuatu yang tidak berbahaya seperti perlu mengetahui kapan ada panggilan telepon masuk, hingga memiliki akses ke data yang sangat penting seperti nomor IMEI perangkat.

Meskipun izin ini sering kali aman, potensi kesalahannya sangat besar, jadi berhati-hatilah saat aplikasi memerlukan izin ini. Jika tampaknya tidak ada alasan nyata bagi aplikasi untuk memerlukan izin ini, mungkin ada baiknya untuk berpikir dua kali sebelum menginstalnya.

Baca Dan Ubah Kontak

Ubah kontak, baca kontak memberi aplikasi akses tak terbatas ke data kontak yang kamu miliki. Meskipun keduanya bisa menjadi masalah, izin “modifikasi” sangat berbahaya karena memungkinkan aplikasi membaca semua informasi kontak yang kamu miliki. Hal initermasuk seberapa sering kamu berkomunikasi dengan kontak tertentu.

Aplikasi SMS, aplikasi manajemen kontak, aplikasi pengganti dialer, dan bahkan beberapa aplikasi media sosial akan memerlukan salah satu atau kedua aplikasi ini, tetapi aplikasi tanpa aspek sosial apa pun memiliki alasan untuk memintanya.

Akses Lokasi

Ada dua jenis izin lokasi yang dapat diminta oleh aplikasi Android: “perkiraan lokasi (berbasis jaringan)” dan “lokasi tepat (GPS dan berbasis jaringan)” . Untuk apa aplikasi membutuhkan lokasi akurat saya? Nah, aplikasi navigasi akan membutuhkan informasi tersebut untuk bekerja.

Demikian pula aplikasi media sosial ingin memasukkan lokasi dalam foto dan unggahan. Yang terpenting, aplikasi yang menerapkan iklan berbasis lokasi juga memerlukan akses ke informasi tersebut. Ini hanyalah salah satu dari banyak pengorbanan yang harus kamu lakukan saat menggunakan aplikasi gratis yang didukung iklan.

Izin Akun

Temukan akun di perangkat: memungkinkan aplikasi memeriksa dengan Pengelola akun bawaan android apakah kmau memiliki akun di layanan seperti Google, Facebook, dan sebagainya.

👉 TRENDING:  6 Aplikasi Foto Terbaik Untuk Android dan iOS

Gunakan akun di perangkat: memungkinkan aplikasi meminta izin untuk menggunakan akun. Setelah izin ini diberikan, aplikasi tidak perlu memintanya lagi kekhawatiran, tentu saja, muncul jika aplikasi tersebut berbahaya dan terus melakukan hal-hal di latar belakang atas nama kamu.

Izin terkait lainnya yang harus diperhatikan adalah “buat akun dan setel kata sandi” , yang memungkinkan aplikasi mengautentikasi kredensial. Aplikasi jahat dapat memanfaatkan izin ini untuk mendapatkan kata sandi kmau dengan mengelabui.

Izin SMS dan MMS

Izin ini berpotensi menghabiskan banyak uang, jika aplikasi jahat menggunakan izin ini untuk mengirim SMS tidak sah atau mengenakan biaya tambahan ke setiap SMS dan MMS yang kamu kirim. “membaca pesan teks” dan “menerima pesan teks izin” dapat juga berpotensi mengakibatkan privasi kamu terganggu. Jika tidak ada alasan nyata bagi aplikasi untuk memerlukan izin ini, hindarilah.

Namun, ada alasan yang sangat valid mengapa aplikasi memerlukan izin ini, terutama jika itu adalah aplikasi SMS . Sekali lagi, sedikit alasan akan menyelamatkan kamu dari keharusan berurusan dengan masalah apa pun yang terkait dengan izin ini.

Cara Untuk Aman Dari Izin Aplikasi Android

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk tetap menjaga keamanan aplikasi.

  • Cara terbaik untuk tetap aman adalah dengan tidak langsung menghindari aplikasi apa pun yang memerlukan izin bermasalah, melainkan melihat aplikasi itu sendiri dan menggunakan penalaran untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut benar-benar memerlukan izin tersebut.
  • Kamu juga dapat mengirim email ke pengembang yang menanyakan tentang izin. Jika balasannya tidak memuaskan, atau jika kamu tidak mendapatkan balasan sama sekali, kemungkinan besar kamu harus melewatkan aplikasi ini.
  • Kamu juga harus memanfaatkan komunitas Android yang besar jika kamu tidak yakin tentang keamanan aplikasi tertentu. Baca ulasan di Play Store dan periksa forum dan situs berita Android-centric untuk melihat apakah ada keluhan tentang aplikasi baru-baru ini. Ini sedikit pekerjaan, tentu saja, tetapi lebih baik aman daripada menyesal.
👉 TRENDING:  Apa itu Zoom? Cara kerjanya, Tips dan Trik serta Aplikasi Alternatif Terbaik

Berikut tips untuk menjaga keamanan data dari setiap izin aplikasi android yang dibutuhkan saat menginstal aplikasi. Selalu gunakan aplikasi yang resmi dapat memperkecil kemungkinan pencurian data.