Zoom Viber Skype Logo Icon On Iphone Screen Vector Illustration On White Background. Design Template For Digital Business

Apa itu Zoom? Cara kerjanya, Tips dan Trik serta Aplikasi Alternatif Terbaik

Platform konferensi video Zoom telah menjadi nama aplikasi yang sangat familiar setelah melewati tahun 2020, sebagian besar karena pandemi dan munculnya kerja jarak jauh.

Aplikasi ini digunakan terutama oleh bisnis untuk mengadakan pertemuan dengan kolega dan klien melalui jarak jauh, tetapi Zoom adalah alat yang sama-sama berguna dan bisa digunakan untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.

Konferensi video Zoom terkenal karena kemudahan penggunaannya, video dan audio berkualitas tinggi, dan fasilitas kolaborasi dan versi dasarnya juga sepenuhnya gratis.

Peserta dapat bergabung ke rapat Zoom bahkan tanpa masuk ke aplikasi, tetapi harus mendaftar akun untuk menyelenggarakan rapat video. Versi premium mendukung rapat Zoom dengan hingga 1.000 peserta, perekaman panggilan, panggilan telepon tak terbatas, dan banyak lagi. Aplikasi Zoom juga tersedia di semua sistem operasi desktop dan seluler utama, termasuk Windows, macOS, Android, dan iOS.

Apakah Aplikasi Zoom Gratis atau Berbayar?

Zoom tersedia gratis untuk siapa saja dan versi gratis dasar menawarkan semua fasilitas yang dibutuhkan kebanyakan orang. Namun, seperti aplikasi lainnya, kamu mendapatkan fasilitas lebih juga menggunakan aplikasi zoom yang berbayar.

Zoom Gratis menawarkan konferensi video hingga 100 peserta, asalkan rapat berjalan tidak lebih dari 40 menit, di mana peserta dikeluarkan dari konferensi. Jika kamu tidak keberatan untuk melakukan panggilan kembali, moderator dapat memulai zoom meeting kembali setelah 40 menit.

Aplikasi ini juga mendukung pertemuan satu lawan satu tanpa batas, berbagi layar, obrolan, latar belakang virtual, papan tulis, dan banyak lagi. Sementara itu, untuk versi berbayar, kamu secara efektif menghilangkan batas waktu untuk konferensi video grup (dapat digunakan hingga 24 jam), dan juga memungkinkan moderator untuk merekam rapat ke penyimpanan cloud atau di perangkat dan menjadwalkan rapat berulang.

👉 TRENDING:  6 Rekomendasi Handphone Spec Tinggi Harga 2 Jutaan

Harga Aplikasi Zoom Berbayar

Versi berbayar paling dasar dikenakan biaya

  • $14,99/bulan
  • $149.90/tahun

Harga yang dikutip tidak mencakup add-on tambahan – seperti fasilitas webinar, rapat besar (hingga 1000 peserta) dan penyimpanan rekaman cloud tambahan – yang akan menaikkan harga.

Alternatif zoom

Sementara kata Zoom digunakan oleh beberapa orang sebagai buah bibir untuk konferensi video, ada banyak alternatif Zoom di pasaran yang mampu menyaingi merek besar tersebut.

Berikut adalah beberapa alternatif untuk Zoom yang membuat pilihan yang sama baiknya untuk bisnis yang mencari layanan konferensi video terbaik:

  • Tim Microsoft
  • Google Meet
  • RingCentral
  • Skype for Business
  • Cisco WebEx