Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Praktis dan Mudah

Revolusitekno.com – Berbagai aktivitas kian semakin mudah dilakukan berkat adanya teknologi. Salah satunya dapat dilihat dari hadirnya laptop yang saat ini bisa dibawa kemana-mana. Laptop adalah komputer yang dapat dijinjing dengan fungsinya yang sangat banyak. Fungsi dari laptop sendiri sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pendahulunya yaitu pc atau komputer. Tapi kelebihan dari laptop ini adalah mudah dibawa kemana-mana dan juga praktis.

Sekarang ini, Anda bisa temukan beragam brand laptop terkenal yang mengeluarkan laptop dengan segudang kelebihan di dalamnya mulai dari laptop Asus, Acer, HP dan banyak lagi. Jika Anda melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas dengan menggunakan laptop, pastinya Anda membutuhkan informasi salah satunya adalah cara uninstall aplikasi di laptop. Karena informasi seperti ini sangat diperlukan supaya penggunaan laptop bisa berjalan lebih efektif.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Praktis dan Mudah

Sebagai pengguna laptop, pastikan Anda mengetahui seperti apa cara uninstall aplikasi di laptop windows 7, 8, 11 dan Mac supaya lebih gampang saat menggunakannya. Sama halnya seperti smartphone atau ponsel pintar, ketika Anda memiliki terlalu banyak aplikasi yang tersimpan di smartphone Anda, pasti hal itu akan membuat performa smartphone menurun. Maka dari itu, Anda juga harus menghapus atau melakukan uninstall aplikasi di laptop Anda supaya meningkatkan kembali performanya.

Sebenarnya, uninstall aplikasi memang harus dilakukan secara berkala. Apalagi ketika laptop Anda memiliki ruang penyimpanan yang terbatas. Pastinya Anda harus menghapus beberapa aplikasi di laptop supaya Anda tetap bisa gunakan laptop Anda dengan baik. Nah, untuk yang ingin mengetahui cara menghapus aplikasi di laptop, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Klik Start Menu

Untuk cara yang pertama, Anda bisa gunakan start menu. Sebenarnya ini adalah cara yang paling dasar atau basic ketika Anda ingin menghapus aplikasi di laptop Anda. Jadi jika Anda memilih menggunakan cara yang pertama ini, pastinya Anda harus mengetahui langkah-langkahnya dulu. Anda harus cari tombol start kemudian pilih aplikasi yang menurut Anda tidak terlalu penting dan ingin dihapus, baru kemudian Anda bisa klik kanan pada aplikasi dan pilih unistall. Dengan cara ini, aplikasi yang tidak penting akan langsung terhapus seketika.

  1. Gunakan Control Panel

Jika kamu ingin mencoba cara yang lain, tenang saja, masih ada cara kedua yakni dengan menggunakan control panel. Jadi untuk yang ingin gunakan caraini, Anda bisa klik tombol start dulu atau bisa pilih ikon windows yang ada di taskbar. Kemudian, cari menu control panel dengan mengetikkannya saja supaya lebih mudah, klik tombol dengan tulisan program and features baru Anda bisa cari aplikasi yang ingin Anda hapus. Anda bisa klik aplikasinya baru kemudian pilih uninstall atau hapus.

  1. Menggunakan Menu Settings

Cara uninstall aplikasi di laptop yang ketiga adalah dengan menggunakan menu setting. Anda juga bisa gunakan menu yang ketiga ini apabila ingin hapus aplikasi tidak berguna di laptop Anda. Laptop yang terlalu banyak aplikasi di dalamnya tentu akan membuat kinerja laptop jadi tidak stabil. Maka dari itu, Anda bisa atasi permasalahan ini dengan menggunakan menu settings. Caranya sangat gampang sekali, tinggal klik tombol startdi bagian taskbar kemudian pilih menu settings, pilih apps baru Anda bisa memilih aplikasi yang ingin diinstall.

  1. Menggunakan CCLeaner

Dan yang terakhir, Anda bisa gunakan aplikasi ketiga bernama CCLeaner jika ingin hapus aplikasi di laptop Anda. Dengan aplikasi ini, Anda tentu bisa menghapus aplikasi yang memang sudah tidak digunakan lagi di laptop Anda. Jika ingin gunakan aplikasi ini, Anda harus unduh terlebih dahulu. Baru setelah itu pasang pada perangkat komputer Anda.

Aplikasi ini akan berjalan sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk menggunakannya, silahkan klik ikon cleaner dulu baru kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan atau uninstall. Jika sudah, aplikasi akan terhapus secara permanen.

Jadi itulah beberapa cara uninstall aplikasi di laptop yang bisa Anda lakukan. Anda bisa ikuti salah satu dari cara-cara di atas supaya bisa hapus aplikasi di laptop yang sudah tidak lagi relevan di laptop Anda. Semoga bermanfaat.