4 Penyebab Laptop Tiba-Tiba Mati Padahal Baterai Penuh

Di rumah kita memang tidak pernah lepas dari yang namanya benda elektronik seperti laptop atau juga ponsel pintar.

Laptop menjadi salah satu hal yang paling membuat kita lebih mudah mengerjakan sesuatu dan tentunya akan menjengkelkan karena penyebab laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh dan membuat kita tidak bisa mengerjakan apapun padahal sedang butuh.

Ada beberapa penyebab laptop tiba-tiba mati sendiri dan tidak bisa digunakan lagi padahal sebenarnya baterai masih memiliki daya yang cukup kuat dan bisa digunakan untuk beberapa kali.

Kita wajib mengetahui hal ini agar kedepannya kita tidak mengalami yang namanya kerusakan laptop tidak bisa menyala atau bahkan tiba-tiba mati padahal sebenarnya masih ada banyak baterai.

Atasi Masalah Laptop Tiba-Tiba Mati Padahal Baterai Penuh dan Tidak Bisa Kita Gunakan di Waktu Genting

1. Laptop Mengalami Overheating dan Kipas Pendingin Tidak Bekerja Sempurna

Penyebab laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh yang paling umum terjadi dengan temui di banyak laptop yang sering digunakan adalah terlalu panas atau overheating.

Hal seperti ini biasanya disebabkan karena penggunaan laptop yang selalu berlebihan dan membuat laptop bekerja lebih keras lagi atau bisa juga menggunakan laptop di suhu ruangan yang tinggi.

Biasanya sebuah laptop dilengkapi juga dengan heatsink atau kipas yang biasanya digunakan untuk menjaga CPU agar tetap dingin.

Namun, apabila CPU terlalu panas komputer akan mati sendiri agar mencegah kerusakan yang lebih parah lagi karena disebabkan penggunaan yang terlalu berlebihan dan juga jangka waktu yang lama sehingga menyebabkan laptop merasa panas.

2. Pemasangan Perangkat Keras yang Tidak Sesuai dengan Jenis Laptop Kamu

Lanjut ke penyebab laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh berikutnya adalah pemasangan perangkat keras yang tidak sesuai dengan jenis laptop milik kamu.

Perangkat keras biasanya dipasang di laptop atau komputer milik kamu untuk menunjang performa dan juga kinerja laptop atau komputer kamu agar bisa bekerja lebih baik lagi dan juga tidak mengalami kelambatan.

Namun, sayangnya ada beberapa kali waktu di mana perangkat keras yang sudah diinstal dan dipasang ke laptop atau komputer kamu tidak mengalami kecocokan karena tidak sesuai dengan jenis perangkat utama laptop atau komputer kamu.

Maka dari itu untuk mengatasi hal ini adalah kamu memperhatikan dengan baik pemasangan perangkat keras agar tidak mengalami hal ini.

3. Masalah RAM yang Sudah Rusak dan Tidak Bisa Dipakai Lagi

RAM yang rusak bisa menjadi salah satu penyebab laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh. Biasanya RAM digunakan untuk menyimpan memori aplikasi dan juga permainan yang ada di dalam laptop atau komputer kamu setelah digunakan tetapi apabila mengalami kerusakan RAM maka RAM tidak bisa membaca dan akhirnya mengalami kerusakan yang fatal.

Untuk mengatasi hal ini, kamu harus menginstal dan memasang kembali RAM yang baru agar laptop atau komputer kamu bisa bekerja dengan baik dan tidak mengalami permasalahan seperti ini.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan penggunaan laptop dari segala macam aplikasi atau permainan yang berat dan tidak kompatibel dengan perangkat keras dan lunak laptop.

4. Masalah Baterai yang Sudah Usang dan Harus Diganti

Hal berikutnya yang bisa menjadi penyebab laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh adalah baterai yang sudah usang dan harus diganti.

Terkadang baterai laptop atau komputer kita memang sudah harus waktunya diganti karena sudah beberapa kali dipakai dalam jangka waktu yang lama dan mengakibatkan baterai tersebut rusak dan mengganggu performa dan kinerja laptop kamu.

Setelah laptop mengalami kerusakan baterai, maka daya arus listrik untuk menyalakan laptop pun juga akan berkurang dan mengakibatkan laptop tiba-tiba mati sehingga tidak bisa digunakan kembali padahal di dalamnya masih memiliki baterai yang penuh.

Kami sarankan untuk segera mengganti baterai laptop kami apabila kamu mengalami permasalahan yang satu ini.

Pastikan Laptop atau Komputer Kamu Awet dan Tidak Mengalami Permasalahan Pemyebab Laptop Tiba-Tiba Mati Padahal Baterai Penuh

Setelah membaca artikel di atas diharapkan kami mampu membantu kamu untuk menemukan masalah penyebab laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh dan seharusnya segera diperbaiki agar tidak mengalami kerusakan berkelanjutan.

Jangan sampai laptop atau komputer kamu sudah mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan kembali untuk bekerja dan bertugas.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah penyebab laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh dan tidak bisa digunakan oleh kamu untuk mengerjakan tugas dan juga menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan cepat.

Segera selesaikan masalah agar tidak mengalami keberlanjutan masalah yang akhirnya merambat ke perangkat atau piranti lainnya.

Kata Kunci
https://www revolusitekno com/3332/4-penyebab-laptop-tiba-tiba-mati-padahal-baterai-penuh html#:~:text=Penyebab laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh yang paling adalah terlalu panas atau overheating -