Penyebab HP Android Lemot Beserta Solusinya

7 Penyebab HP Android Lemot Beserta Solusinya

Pengguna ponsel android mencapai 79% dari total koneksi global. Ponsel dengan sistem operasi ini tidak jarang mengalami penurunan perform walaupun telah mengalami peningkatan sistem operasi dari tahun ke tahun.

Ada beberapa penyebab HP android lemot. Penurunan kinerja dapat diakibatkan faktor internal berupa usia perangkat itu sendiri. Ada pula faktor pengguna yang membebani ponsel dengan banyak aplikasi.

Berikut beberapa alasan lain kenapa HP kamu jadi lemot serta cara mengatasinya.

Update Sistem Operasi

Ponsel sering melakukan pembaruan sistem operasi. Pembaruan sistem operasi akan membawa perbaikan tertentu atau penambahan fitur. Sayangnya, pembaruan OS juga memakan banyak ruang penyimpanan.

Ponsel terbebani dengan berbagai fitur yang  dipasang. Hal ini berimbas pada penurunan performa ponsel. Pembaruan OS tidak dapat diakali karena sifatnya permanen. Cara menanggulangi masalah ini adalah kamu bisa menggunakan aplikasi lite yang menawarkan layanan lebih ringan.

Aplikasi Menumpuk

Tidak hanya pembaruan OS yang mampu memakan banyak memori, aplikasi juga memiliki imbas yang sama. Apalagi jika kamu menginstal game online atau media sosial yang umumnya memiliki ukuran besar. Solusinya adalah hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan lagi.

Beberapa aplikasi memang ada yang tidak bisa di-uninstal secara manual. Aplikasi seperti itu biasanya merupakan aplikasi bawaan atau sudah ditanamkan di perangkat ponsel. Untuk mengatasinya, kamu bisa menonaktifkan aplikasi melalui menu pengaturan.

Kamu juga dapat menghapus atau memindahkan file, foto, atau video ke penyimpanan berbasis cloud. Cloud dapat diakses secara online di berbagai perangkat tidak terbatas dari ponsel saja.

Cache Data Jarang Dibersihkan

Cache ialah tempat penyimpanan sementara ketika aplikasi sedang kamu gunakan. Fungsi dari cache adalah membantu mempercepat aplikasi yang sebelumnya digunakan. Jika cache terus menumpuk, ponsel android akan ikut lemot.

Kamu perlu menghapus file yang menumpuk di cache. Caranya mudah, yakni masuk ke “Setting-Apps” lalu pilih opsi “All”. Cari aplikasi yang cache-nya ingin dibersihkan dan pilih opsi clear cache.

Apabila kamu ingin menghapus cache pada semua aplikasi bisa pula melalui menu storage. Mula-mula tuju settings. Kemudian, pilih storage. Lalu, pilih cached data dan klik OK ketika muncul pop up.

Aplikasi Berjalan di Background

Beberapa aplikasi mampu berjalan secara diam-diam di background. Aplikasi semacam ini akan terus-menerus memakan RAM. Apabila aplikasi menawarkan banyak animasi, bug yang dihasilkan akan makin banyak.

👉 TRENDING:  Apa itu Zoom? Cara kerjanya, Tips dan Trik serta Aplikasi Alternatif Terbaik

Hal ini pula yang memberatkan kinerja RAM dan sesekali ponsel android bisa mengalami lag. Jika kinerja RAM terbebani, ponsel akan mudah sekali lemot.

Aplikasi yang dapat melakukan hal-hal semacam itu diantaranya adalah wallpaper live atau media sosial. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencopot pemasangan aplikasi yang berjalan di background.

Memori & RAM Penuh

Jika kamu membutuhkan ponsel dengan performa tinggi dengan aplikasi yang banyak, kamu harus cek ketersediaan memori dan RAM. Memori dan RAM yang tinggi dapat menghindari ponsel dari kondisi lag.

Ketika memori internal tinggal sedikit dan RAM makin penuh, ponsel dipastikan akan mudah lemot.  Lebih baik hindari menyimpan data dalam memori internal. Sediakan memori eksternal untuk menyimpan data atau simpan di cloud.

RAM bisa penuh karena pengguna ponsel sering multitasking. Alhasil, banyak aplikasi yang masih aktif. Solusinya, kamu bisa menggunakan fitur auto kill. Fitur ini dapat membuat aplikasi tidak berjalan di background atau menutup semua aplikasi yang tidak digunakan dalam satu kali klik.

Turunnya Kinerja Baterai

HP android lemot bisa disebabkan oleh kondisi baterai yang sudah buruk. Baterai yang sudah lama penggunaanya bisa menyebabkan ponsel sering panas. Hal ini juga memperburuk kecepatan ponsel.

Bagian CPU lebih sensitif terhadap suhu. Solusinya adalah kamu bisa mengganti baterai lama dengan yang baru. Sebenarnya, kondisi ini dapat dihindari bila kamu tidak sering menggunakan baterai ketika diisi dayanya.

Widget Overload

Terakhir adalah penggunaan widget yang overload. Widget memang mampu mempercantik tampilan homescreen android. Walaupun begitu, widget yang overload akan menghabiskan RAM yang lebih besar. Kamu bisa menghapus widget yang tidak diperlukan.

Pada kesimpulannya, ada beberapa penyebab kenapa ponsel android kamu bisa lemot bekerja. Beberapa di antaranya adalah cache yang menumpuk, memori dan RAM yang penuh, atau faktor usia baterai. Dengan mengetahui penyebab di atas, kamu jadi bisa memperbaiki ponsel tanpa merusak sistem operasi.

👉 TRENDING:  4 Handphone POCO Terbaru Beserta Kelebihannya di Tahun 2022

DAFTAR ISI