Advertisements
5 Alasan Mengapa Metaverse Facebook Layak Untuk Dinanti-nantikan

5 Alasan Mengapa Metaverse Facebook Layak Untuk Dinanti-nantikan

Advertisements

Pada tahun 2000-an, ketika banyak dari kita mencoba memvisualisasikan tahun 2020-an, kita membayangkan mobil terbang dan rumah otomatis. Sekarang, Facebook (Meta) telah mengumumkan proyek barunya yang sedang dikerjakan: Metaverse. Dan banyak orang tidak yakin apakah ini mimpi yang menjadi kenyataan atau mimpi buruk yang mutlak.

CEO Facebook Mark Zuckerberg bertaruh pada metaverse, menjanjikan pengalaman imersif seperti VR dan AR untuk membawa jejaring sosial ke tingkat yang lebih tinggi.

Publik waspada terhadap dunia maya yang diusulkan Zuckerberg. Sementara banyak kekhawatiran itu valid, alam semesta alternatif tidak semuanya malapetaka dan kesuraman. Mari kita lihat beberapa kelebihannya.

Kehidupan Metaverse
Sumber: YT Wall Street Journal

Peningkatan Produktivitas

Meskipun kebanyakan orang khawatir tentang betapa kecanduannya Metaverse Facebook, memang memiliki beberapa aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan yang menarik. Pengguna akan dapat membuat lingkungan khusus mereka sendiri, yang berarti Anda dapat mendesain ruang kerja impian Anda.

Anda bisa berlibur virtual ke Roma atau Bali dan bekerja sambil menikmati pemandangan eksotis air biru dan pantai putih. Atau Anda dapat membuat dunia virtual sepenuhnya di mana ikan terbang dan siput melompat atau tidak memiliki hewan sama sekali. Anda bahkan dapat membuat ulang ruang kantor Anda dan menambahkan item favorit Anda dari ruang kerja Anda yang sebenarnya jika Anda mau.

Terserah Anda untuk membentuk dunia Anda. Mempertimbangkan bagaimana lingkungan kerja sangat memengaruhi produktivitas, fitur ini dapat meningkatkan produktivitas secara signifikan.

Meta mengatakan pengguna juga dapat berinteraksi satu sama lain di sekitar proyek bersama di ruang virtual. Meskipun mekanisme konsep ini sebagian besar masih belum jelas, Metaverse adalah hal yang keren untuk dinanti-nantikan.

Hiburan

Meta menjanjikan “internet yang diwujudkan di mana Anda berada dalam pengalaman, bukan hanya melihatnya.” Kedengarannya seperti surga game. Gamer akan menikmati pengalaman yang lebih interaktif dan imersif, bermain game yang terasa nyata.

👉 TRENDING:  Cara Menyembunyikan News Feed di Facebook Kamu

Selain itu, streaming konten video akan menjadi lebih menyenangkan saat augmented reality menyatu dengan virtual reality untuk menghadirkan visual yang lebih hidup.

Meta juga menyebutkan kemungkinan bergabung dengan teman Anda di konser di belahan dunia lain. Sekali lagi, teknis dari konsep ini adalah sebuah misteri. Dalam video pengumuman Meta, ‘peserta konser virtual’ muncul sebagai hologram dari dirinya yang sebenarnya, dan teman yang hadir secara fisik dapat melihat dan berbicara dengannya, menerima tanggapan secara real-time.

Pembelajaran Immersive

Meta akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan info dan pengetahuan tentang topik dengan cara yang lebih visual dan interaktif dari sebelumnya. Misalnya, jika Anda tertarik pada sejarah dan geografi, Anda akan dapat melakukan perjalanan ke tempat dan periode waktu mana pun seperti Era Industri, Yunani Kuno.

Ingin melihat bagaimana Amerika membangun Gedung Putih? Dimungkinkan untuk menonton konstruksinya dari bawah ke atas. Atau, jika Anda tertarik pada astrologi, Anda dapat mempelajari detail rumit yang membentuk setiap benda spasial dengan melihat visual 3D dari konstelasi dan planet.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana Meta, ini bisa menjadi lompatan besar bagi teknologi pendidikan dan pelajar visual.

Standar Privasi

Meskipun sebagian besar perusahaan Teknologi Besar, seperti Amazon dan Google, mengumpulkan data pengguna, Meta menonjol karena jenis data yang dapat diaksesnya. Setelah akuisisi WhatsApp dan Instagram, Facebook kini memiliki salah satu database informasi pribadi terbesar dari perusahaan mana pun.

Zuck mengatakan Meta adalah tentang ‘membangun secara bertanggung jawab.’ Untuk semua pengalaman yang dijanjikan Meta, ada penekanan pada interoperabilitas, standar terbuka, privasi, dan keamanan. Mengingat bahwa Meta masih merupakan rebranding dari perusahaan Facebook dan memiliki akses ke banyak data pengguna, tidak jelas bagaimana hasilnya.

👉 TRENDING:  Keuntungan Menggunakan Facebook Live Menjadi Strategi Pemasaran dan Penjualan Online

Perdagangan

Potensi ekonomi dan komersial Metaverse sangat besar. Karena Meta adalah seluruh dunia virtual, pengguna akan dapat mengatur toko dan membeli item untuk digunakan tidak hanya di avatar dan pengalaman Meta mereka, tetapi juga di dunia nyata.

Dengan cryptocurrency dan NFT yang telah menerima adopsi yang lebih luas, pembayaran digital dapat dengan mudah diintegrasikan dengan aspirasi komersial Metaverse. Mark Zuckerberg menyebutkan bahwa Meta sedang mengerjakan pasar Horizon di mana pencipta dapat menjual seni digital 3D dan mendapatkan penghasilan.

Merchandise virtual, tiket konser, mobil, dekorasi, dan rumah adalah beberapa item yang dapat kita harapkan untuk dibuat dan dijual di Metaverse. Orang-orang dapat membayar untuk menonton film di teater virtual pribadi dengan teman-teman mereka atau menjelajahi skenario online yang dirancang dengan cermat. Selain itu, merek dapat memanfaatkan penawaran ini untuk membuat token eksklusif bagi pelanggan mereka untuk mengakses pengalaman atau penawaran penjualan.