Daftar Bantuan PPKM Darurat Yang Bisa Didapatkan Oleh Masyarakat Terdampak!

Setelah secara resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa diperpanjangnya masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat hinggan 2 Agustus 2021 mendatang, dan pemerintah Indonesia secara resmi telah menyiapkan sejumlah program bantuan PPKM Darurat.

Perpanjangan masa PPKM ini dilakukan pemerintah setelah data menunjukkan meningkatnya kasus saat pandemi di Indonesia. Tentu saja kita semua berharap menurunnya tingkat penularan di Indonesia dan pemerintah dapat membuka kembali aktivitas perekonomian secara bertahap.

👉 TRENDING:  Para Pelaku Usaha Dapat Bantuan Umkm Rp1,2 Juta. PPKM Level 4

Pemerintah akan menyiapkan beragam bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat dalam menghadapi situasi PPKM yang sedang berlaku, berikut ini adalah daftar bantuan PPKM Darurat yang bisa didapatkan oleh masyarakat :

Terbaru ! Daftar Bantuan PPKM Darurat

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang) 

Pemerintah mengumumkan akan mengalokasikan Dana Bantuan PPKM ini dalam anggaran Permulihan Ekonomi Nasional (PEN), jumlahnya ada kenaikan yang awalnya Rp 699,4 triliun menjadi Rp 744,5 triliun.

Dari anggaran diatas, pemerintah tentunya akan menyiapkan beberapa jenis bantuan yang akan disalurkan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar bantuan PPKM darurat atau bantuan tambahan dari pemerintah dimasa PPKM yang kami rangkum dari laman kompas.com.

👉 TRENDING:  Begini Cara Daftar Dana Bantuan Umkm. PPKM Darurat 2021 Terbaru

Kartu Sembako

Melalui program Kartu Sembako, Masyarakat yang terdaftar sebagai penerima program Kartu Sembako akan menerima bantuan dengan besaran manfaat Rp 200.000 per bulan. Bantuan tersebut akan dapat diterima oleh 18,8 juta keluarga atau sekitar 75,2 juta orang.

Pemerintah juga akan memperpanjang masa pendaftaran dan pembagian bantuan program Kartu sembako ini selama 2 bulan, yaitu dari Juli hingga akhir Agustus 2021.

Diskon Tarif Listrik

Pemerintah telah memutuskan akan memperpanjang diskon tarif listrik yang awalnya hanya sampai september 2021, kini diperpanjang hingga Desember 2021, perpanjangan program ini diberikan pemerintah sebagai dukungan kebijakan perpanjangan PPKM.

Rincihan penerima diskon tarif listrik adalah golongan 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Pengguna listrik golongan 450 VA akan diberikan Diskon 50 persen, untuk golongan 900 VA akan diberikan diskon 25 persen. Pengguna listrik pasca-bayar, stimulus atau diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik. Untuk pengguna listrik pra-bayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

Beras Bulog

Pemegang Kartu Sembako dan penerima Bansos Tunai PPKM Darurat akan mendapatkan bantuan beras Bulog sebanyak 10kg/keluarga. Untuk program ini, pemerintah sudah menyiapkan anggarannya sebanyak Rp 3,58 triliun yang akan menyasar pada 28,8 juta keluarga.

Bansos Tunai

Pemerintah telah menyiapkan Bansos tunai PPKM dengan target 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di 34 Provinsi. Bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang harus mengurangi kegiatan diluar rumah atau yang terdampak oleh pelaksanaan PPKM Darurat.

Perpanjangan program bansos tunai diperpanjang seiring diumumkannya PPKM darurat level 4. Pemerintah juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 6,1 triliun untuk memperpanjang program bansos tunai PPKM darurat.

Untuk mengecek penerima bantuan PPKM Darurat ini bisa langsung masuk ke https://cekbansos.kemensos.go.id

 

Kata Kunci
Cek Bansos Ppkm - Bantuan Umkm - Cara Daftar Bantuan Ppkm Darurat - Cek Bansos Ppkm Darurat - Cek Bantuan Ppkm - Daftar Bantuan Ppkm Darurat - Dana Bantuan Ppkm Online -