Rekomendasi Software Animasi yang Bisa Anda Coba

Mengenal beberapa rekomendasi software animasi memag cocok untuk Anda ketahui. Bagi seseorang seniman pasti menginginkan media yang baik agar nanti hasilnya memuaskan. Misalnya pada pelukis, maka harus dibutuhkan alat dan bahan yang bagus. Sehingga hasilnya nanti dapat memuaskan. Hal tersebut juga harus didapatkan oleh pembuat animasi atau animator.

Bagi animator pemula tentu saja menginginkan software gratisan terlebih dahulu. Sehingga hal tersebut juga harus bisa menjadi perbedaan menggunakan berbayar atau gratisan. Tentu saja yang berbayar memiliki fitur-fitur lebih bagus dibandingkan gratisan. Tetapi bukan berarti gratisan tidak cocok untuk Anda pilih nantinya.

Namun, sebagai pemula tentunya lebih baik untuk menggunakan gratisan karena tidak terlalu merugikan apabila masih belum bisa membuat dalam jangka waktu lama. Karena pasti membutuhkan waktu lebih lama untuk mempelajarinya. Tetapi, jika Anda ingin langsung menggunakan software animasi berbayar maka tidak menjadi masalah.

Rekomendasi software animasi ini dapat Anda coba, dan lebih tahu keunggulan atau kekurangan yang dimilikinya. Sehingga animator akan lebih nyaman dan senang menggunakannya. Kelengkapan fitur akan berpengaruh juga dengan hasil karya. Maka dari itu, Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih software khusus animasi.

Beberapa Software Animasi untuk Anda

Semakin perkembangan zaman tentu semua akan berubah lebih canggih. Selain itu, teknologi tersebut juga harus didukung dengan software ataupun hardware yang dapat melengkapi sebuah teknologi.

Seperti sekarang, animasi sudah menggunakan tampilan lebih nyata dibandingkan dulu. Sehingga harus ada software untuk mendukungnya dengan kualitas terbaik. Oleh sebab itu berikut rekomendasi software animasi yang cocok bagi Anda:

Opentoonz

Bagi seseorang yang menyukai menggambar berbagai animasi tentu sangat membutuhkan apa itu software khusus animasi. Apalagi animator sekarang sudah bisa membuat berbagai macam bentuk tidak kalah oleh buatan luar negeri. Hal ini juga harus dibantu dengan perangkat lunak yang bagus.

Sehingga tampilannya juga akan lebih bagus. Opentoonz ini juga membantu para animator dalam menggarap karyanya. Fiturnya juga lebih canggih yaitu dapat membuat distorsi gelombang kemudian juga dapat menciptakan cahaya yang dermatisir. Selain itu juga dapat mengubah berbagai gaya dalam gambar tersebut.

Pencil 2D

Rekomendasi software animasi berikutnya adalah pencil 2D. Anda juga bisa mencobanya dengan sangat mudah. Keunggulan dimilikinya adalah dapat membuat sebuah gambar memakai pencil virtual. Sehingga detail-detailnya juga bisa Anda buat dengan mudah. Seperti halnya menggambar di atas kertas. Dapat digunakan pada windows, mac, atau linux.

Keyshot

Kemudian keyshot, software satu ini cocok untuk animator yang menginginkan animasi 3D. Selain itu juga memiliki fitur yang patut untuk Anda coba apalagi dapat mempermudah pekerjaan juga rendering. Keunggulan lain adalah bisa memfokuskan dalam suatu objek animasi dan juga memiliki fitur control kamera sangat keren.

Rekomendasi Software Animasi 3D dan 4D

Selain ketiga software tadi yang cocok untuk pemula. Maka disini ada pula khusus untuk para animator yang sudah memiliki skill tinggi. Bahkan sudah bisa membuat berbagai animasi dengan 3D atau 4D. Hal tersebut harus ditunjang dengan pilihan perangkat lunak terbaik agar hasilnya lebih nyata.

Blender

Untuk para animator profesional tentunya akan lebih selektif lagi dalam memilih software karena nanti mempengaruhi terhadap hasilnya. Untuk animasi 3D maka Anda bisa mencoba blender. Fiturnya juga cukup keren dan sangat mudah digunakan untuk membuat animasi. Seperti fitur modeling, motion tracking, animating, simulating dan lain-lain.

Maya

Kemudian Maya juga sering dipakai oleh para animator dengan skill tinggi. Jenis ini juga dikhususkan untuk membuat berbagai animasi 3D tidak jauh berbeda dengan blender. Bahkan dengan melalui software ini, karya Anda bisa dikembangkan menjadi sebuah film, karena fiturnya juga cukup lengkap.

Cinema 4D

Cinema 4D diciptakan khusus digunakan untuk para animator profesional di dunia animasi. Animasi 4D sering dikhususkan untuk membuat berbagai film dengan kualitas tinggi. Animator ini lebih sering bekerja sama dengan pihak televisi maupun periklanan. Bahkan dapat bekerja di industri film.

Dengan berbagai rekomendasi di atas tentunya akan memudahkan animator dalam membuat karya terbaiknya. Bagi pemula bisa memilih perangkat lunak atau software seperti pencil 2D, opentoonz dan lainnya. Dengan rekomendasi software animasi maka pemula tidak akan bingung memilih yang cocok untuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *