Advertisements

Memperbarui Windows 10 Apakah Bisa Dilakukan Sendiri?

Advertisements

Memperbarui windows 10 kadang tersedia di laptop atau pc yang baru berganti ke versi ini. Sehingga kadang merasa risih untuk segera melakukan update agar bisa lebih canggih lagi. Namun beberapa orang ada yang salah langkah dan melakukan update sendiri. Padahal hal tersebut tidak disarankan untuk dilakukan.

Karena software sendiri harus dilakukan oleh tenaga ahli. Mungkin saja beberapa ada yang berhasil melakukannya tetapi melakukan update software sendiri berisiko terjadi kerusakan pada laptopnya. Bahkan bisa mempengaruhi sistem lainnya karena asal melakukan pembaruan windows. Oleh sebab itu, dicek dahulu apa masalah pada laptopnya.

Misalnya pada penggunaannya tidak efektif, karena beberapa versi berbeda-beda contoh pada win 7 dan 8 akan berbeda dengan win 10. Sehingga terkadang fitur-fitur yang terdapat di windows terbaru tidak bisa digunakan pada windows yang lama. Maka harus mengganti windowsnya ke versi yang terbaru.

Untuk sekarang ini masih banyak yang menggunakan versi win 10, karena versi ini terkadang ada sistem update. Seperti halnya perangkat handphone yang perlu di update agar fiturnya lebih bagus lagi. Tetapi tidak seperti smartphone hanya melakukan update beberapa menit sudah berhasil. Karena windows perlu waktu lebih lama.

Dampak Melakukan Update Windows Sendiri

Memang tidak salah jika membuat pembaruan sendiri tetapi, Anda harus mengetahui dampak terburuk melakukan perbaruan software. Karena itu Anda harus mengeceknya dahulu atau berkonsultasi kepada yang mengerti tentang teknologi. Lebih baik untuk memperbarui windows 10 kepada ahlinya dibandingkan melakukan sendiri. Karena bisa menimbulkan masalah baru.

Software jika dilakukan perbaruan sendiri maka bisa mengakibatkan masalah lain, karena tidak dipungkiri laptopnya sendiri bisa mempengaruhi versi yang nantinya di update. Misalnya laptop lebih lemot, sering unresponding atau kesalahan lain. Sehingga akan mempengaruhi kinerja laptop Anda nantinya. Namun, bukan berarti semuanya akan seperti itu.

Masalah saat melakukan perbaruan windows 10 ini terjadi di beberapa orang saja. Karena tidak semua laptop mendukung updatenya sendiri. Atau versi yang kamu gunakan tersebut apakah bisa dilakukan perbaruan sendiri atau tidak. Sehingga untuk lebih jelasnya lebih baik melakukan di tempat service laptop agar ditangani oleh para ahli.

Tentu saja semua orang menginginkan hasil yang lebih baik, apalagi dengan fitur-fitur yang lebih canggih lagi. Namun, belum tentu keamanan laptop Anda bisa terjaga. Karena belum tentu perangkat Anda bisa mendukung. Selain itu, melakukan perbaruan sendiri juga belum tentu berhasil dan membutuhkan koneksi bagus.

Biasanya mengupdate atau memperbarui windows 10 juga harus memerlukan koneksi yang stabil dan bagus. Minimal Anda harus memiliki jaringan wifi bukan data atau paketan biasa. Karenanya jika kurang stabil malah membuat laptop Anda menyala lebih lama dan membuat kerusakan lain.

Cara Memperbarui Windows 10 Sendiri

Banyak cara untuk melakukan update atau pembaruan windows sendiri. Walaupun beberapa perangkat bisa terjadi masalah. Tetapi hal tersebut tidak membuat semuanya mengalami hal yang sama. Beberapa ada yang berhasil dan tidak terjadi masalah apapun. Sehingga memperbarui sendiri menjadi lebih murah dan mudah, namun harus tetap hati-hati.

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengecek semua dalam kondisi baik, agar saat melakukan update software tidak akan terkendala. Kemudian baru bisa melakukan pembaruan dengan mengklik start pada tombol home atau windows kemudian memilih setting. Kemudian Anda dapat mengklik update dan security.

Setelah itu baru bisa masuk ke dalam opsi windows update. Setelah itu klik pada check for update. Sehingga nantinya Anda bisa melakukan pembaruan secara otomatis dan Anda bisa melakukan update sendiri. Setelah melakukan update biasanya langsung ada menu untuk melakukan restart perangkat.

Pada saat merestart akan membutuhkan waktu lama sehingga Anda bisa menunggunya. Biasanya memerlukan waktu hingga 20 menit atau lebih. Disinilah nantinya akan muncul fitur-fitur terbaru dari win 10 ini. Tetapi terkadang bisa menjadi bagus atau juga menjadi perangkat unresponding.

Sehingga Anda bisa memikirkan lagi untuk memperbarui sendiri atau juga dapat melakukannya pada service laptop. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan perbaruan secara manual ataupun dengan otomatis. Anda juga dapat menyetingnya juga agar bisa memperbarui secara otomatis atau memperbarui windows 10 secara manual.