Advertisements

Baru Instal Ulang Windows? Wajib Instal Software ini

Advertisements

Banyak orang yang baru pertama kali melakukan instal ulang windows kebingungan dalam mengenali software apa saja yang dibutuhkan. Berbagai alasan orang melakukan instal ulang mulai dari laptop yang sudah berat karena virus atau hal lain dan ada juga yang ingin melakukan upgrade os windows versi lain.

Setelah melakukan instal ulang ini semua software yang ada di komputer atau laptop Kamu akan hilang. Jika kamu tidak melakukan backup terlebih dahulu maka data-data Kamu akan terhapus secara permanen. Bagi orang pertama kali melakukan hal ini pasti akan merasa bingung ketika pemilihan software untuk di instal.

Software merupakan perangkat lunak yang penting untuk komputer atau laptop Kamu. Tidak adanya software teknologi apapun itu tidak akan bisa difungsikan sama seperti benda mati. Nah, jika Kamu baru pertama kali melakukan instal ulang windows berikut ini software harus terlebih dahulu kamu instal.

Setelah Instal Ulang Windows Wajib Menginstal Driver

Driver merupakan software yang harus pertama lakukan penginstalan setelah instal ulang windows. Driver merupakan komponen penting pada komputer atau laptop Kamu karena berfungsi untuk melakukan komunikasi antar hardware dan sistem operasi. Tanpa hal ini perangkat Kamu tidak akan berjalan sebagai mana mestinya.

Lakukan install terlebih dahulu pada driver-driver paling penting seperti driver keyboard, mouse, kartu grafis, LAN, sound, dan lain-lain. Untuk mencari driver yang cocok untuk perangkat komputer Kamu tidaklah sulit bisa download di Google karena di sana banyak software driver yang dibutuhkan.

Selain itu Kamu juga bisa melakukan instal driver ini melalui CD atau DVD yang biasanya ada pada kardus laptop atau komputer. Dengan menggunakan CD atau DVD akan lebih mudah dan driver sudah sesuai dengan perangkat Kamu, jadi tidak perlu ribet untuk mencari-cari di internet.

Lakukan Instalasi Software Browser Sangatlah Penting

Di era sekarang teknologi semakin canggih, di iringi juga dengan kualitas internet semakin cepat. Untuk memanfaatkan internet ini Kamu memerlukan instalasi browser terlebih dahulu. Saat ini banyak software browser yang bisa Kamu instal mulai dari Mozila, Opera, Google Chrome dan masih bayak yang lainnya.

Dari banyaknya software browser yang ada, kebanyakan orang lebih memilih chrome. Browser chrome memiliki keunggulan seperti kecepatan browsing lebih maksimal, desain lebih enak di pandang, banyak extension yang bisa menambah kenyamanan ketika melakukan browsing, dan keamanan lebih terjamin.

Namun, sebuah software pasti memiliki kekurangan dibalik kelebihannya. Chrome memiliki kekurangan berupa bugs yang sering datang dan mengganggu. Selain itu penggunaan RAM untuk menjalankan Chrome terbilang boros apalagi ketika Kamu membuka banyak terlalu banyak situs. Jika Ram kamu sedikit pasti akan terjadi lag.

Software Kompresi Memiliki Banyak Fungsi Penting

Setelah melakukan instal ulang windows software kompresi ini sangatlah penting, karena memiliki beragam fungsi yang dapat membantu Kamu dalam melakukan kegiatan menggunakan laptop atau komputer. Software ini berfungsi untuk mengabungkan beberapa file menjadi satu file dan sekaligus ukurannya diperkecil. Selain itu dapat juga untuk memproteksi data dari virus.

Saat ini banyak software kompresi gratis yang ada mulai dari 7zip hingga WinRAR. Masing-masing perangkat lunak ini memiliki beragam keuntungan dan kelebihannya. Dari sekian banyak perangkat lunak kompresi ini rekomendasi terbaik adalah WinRAR. Beberapa keunggulannya seperti banyak format file, sistem kompresi lebih canggih, dan masih banyak lagi.

WinRAR juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Kamu pertimbangkan seperti usage Disk dari WinRAR tinggi ketika melakukan kompresi atau extract pada sebuah file. Selain itu WinRAR juga sering dipakai oleh para hacker untuk menyembunyikan virus jadi Kamu perlu berhati-hati.

Lakukan Instalasi Software Pendukung Pekerjaan dan Multimedia

Setelah melakukan instalasi pada perangkat lunak di atas selanjutnya adalah dengan melakukan instalasi software pendukung. Perangkat lunak pendukung yang perlu Kamu instal adalah office suite. Semua orang memerlukan office suite ini mulai dari pelajar hingga pekerja kantoran. Kamu juga perlu melakukan instalasi PDF Reader, video player dan musik player.

Software merupakan perangkat lunak penting untuk mendukung setiap aktivitas yang Kamu lakukan di laptop atau komputer. Setelah melakukan instal ulang windows hal terpenting adalah dengan melakukan instalasi semua perangkat lunak di atas.