Advertisements

Perbedaan VGA PC Gaming Tipe Nvidia dan Radeon Terlengkap

Advertisements

Jika membahas tentang VGA PC Gaming, terdapat dua merk kartu grafis paling terkenal di kalangan pengguna PC maupun laptop. Umumnya mereka memakai tipe AMD Radeon dan NVDIA. Keduanya adalah kartu grafis yang berperan dalam menjaga kualitas gambar. Keduanya memiliki perbedaan besar dari hasil kualitas grafisnya.

VGA adalah komponen dengan aktivitas paling banyak saat pengguna memainkan game, menonton film dengan resolusi besar, atau aktivitas lainnya yang melibatkan grafis cukup berat. Tidak berdiri sendiri, VGA juga dibantu oleh RAM dan komponen lainnya dengan tujuan menampilkan visual lebih berkualitas.

Semakin berat tugas yang harus ditanggung oleh PC, begitu juga dengan VGA yang digunakan. Dengan jumlah pengguna terbanyak, VGA tipe Nvidia dan AMD Radeon memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut perbedaan VGA PC Gaming tipe Nvidia dan Radeon.

Perbedaan Dari Segi Kegunaan VGA

Nvidia sangat tepat untuk bermain video game. Bagi Anda yang suka memainkan game, Nvidia bisa menjadi pilihan. Kemampuan kartu ini untuk menayangkan grafis cemerlang dalam sebuah game sangat baik. Dengan fitur utama memaksimalkan tampilan visual, Nvidia handal melahap berbagai game meskipun tergolong aplikasi berat.

Selain itu, Nvidia juga dapat menampilkan visual 3D dan memiliki fitur Physx untuk menjadikan game terlihat lebih nyata. Alasan lain memilih VGA PC Gaming ini adalah karena mereka memiliki kerja sama dengan banyak perancang game. Dari sana mereka membuat berbagai game yang sesuai dengan perangkat Nvidia.

AMD Radeon ini pas bagi keperluan multimedia. Kartu grafis ini sesuai untuk meningkatkan pengolahan gambar. Jika Anda suka melakukan aktivitas seperti menonton film, video, live streaming, editing dan lain-lain, maka AMD Radeon jawabannya. AMD Radeon sendiri memiliki kemampuan mendukung dalam menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Teknologi yang dimiliki AMD Radeon memungkinkannya untuk menguatkan kinerja PC dalam memutar film atau video HD. Biasanya, laptop maupun PC besutan Apple menggunakan kartu grafis ini demi menunjang performa terbaik. AMD Radeon juga dilengkapi dengan fitur CUDA untuk mengendalikan kerja CPU saat menayangkan gambar.

Perbedaan dari Segi Harga VGA

Apabila menilik harga, kedua jenis VGA PC Gaming ini memiliki perbedaan di kantong pengguna PC dan laptop. AMD Radeon harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan Nvidia berdasarkan pasaran internasional. Pada umumnya Anda perlu mengeluarkan sekitar 2 juta rupiah untuk mendapatkan kartu grafis ini.

Soal Nvidia, memang jagoan gaming ini dibandrol dengan harga lebih tinggi dibandingkan AMD Radeon. Harga tipe VGA Nvidia paling rendah yaitu sekitar 2.5 juta rupiah. Namun hal ini sesuai dengan performa yang didapatkan oleh pengguna, terutama dalam menghasilkan tampilan game hingga terlihat begitu nyata.

Perbedaan dari Kelebihan dan Kelemahan VGA

Setiap kartu grafis memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri, sehingga Anda perlu mencari tahu mana yang paling sesuai secara fungsional. Soal kelebihan, Nvidia memiliki garansi hingga di atas satu tahun. Jika teliti, bahkan ada yang menawarkan garansi hingga tiga tahun untuk VGA PC Gaming ini.

Pada Radeon, masih belum banyak dealer m garansi resmi untuk kartu grafis ini. Salah satu faktor yang mendukung hal ini adalah masih kurang banyaknya peminat Radeon bila membutuhkan kualitas grafis untuk laptop. Kelebihan Radeon adalah bekerja sama dengan Netflix untuk mendukung performa menonton kualitas terbaik.

Radeon juga memiliki keunggulan yang tak kalah dari Nvidia. Dalam hal fitur, Radeon punya DirectX12. Fitur ini sangat sesuai bagi para pengguna Windows. Radeon juga relatif ekonomis karena tidak memakan banyak listrik dalam penggunaannya. Berbeda dengan kartu Nvidia yang terkenal membutuhkan daya listrik lebih boros.

Jika melihat kembali kemampuan kedua komponen utama dalam menghasilkan grafis tersebut, Anda bisa membuat beberapa pertimbangan untuk memilihnya. Ada banyak aspek sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum memutuskan pilihan. Baik itu dari segi kegunaan utama, harga, maupun performanya sesuai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Sebagai pengguna perangkat PC, Anda perlu jeli menilai sesuai kebutuhan. Kesimpulannya adalah Nvidia cocok untuk pengguna game berat dengan tampilan yang sangat hidup. Radeon pas bagi penggemar film resolusi terbaik, dengan penggunaan listrik lebih hemat. Semoga dapat membantu Anda memilih VGA PC Gaming yang tepat.