Advertisements

Langkah Atasi Apache Shutdown Unexpectedly di Laptop Anti Ribet

Advertisements

Ketika menggunakan laptop atau PC, mungkin Kamu kerap kali mendapatkan masalah seperti Apache Shutdown Unexpectedly. Jika iya, maka Kamu perlu memahami bagaimana langkah mudah dalam mengatasinya. Seperti diketahui bahwa hingga sekarang beragam program komputer atau server yang mudah diakses menggunakan internet seperti server Apache.

Server jenis ini kerap kali dimanfaatkan oleh pengguna internet karena kemudahannya. Namun demikian, tidak sedikit pengguna kerap kali mengalami beberapa permasalahan ketika memanfaatkannya. Sehingga, akses di media internet terkendala dan tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Beberapa permasalahan dari program komputer ini kerap kali dihadapi adalah tidak dapat melakukan proses instalasi. Proses tersebut dimanfaatkan guna memudahkan PC atau laptop dalam melakukan running dengan maksimal. Namun, jangan bingung. Jika Kamu mengalami masalah ini, maka pastikan untuk memperhatikan bagaimana langkah mudah mengatasinya.

Mengenal Apa Itu Apache Shutdown Unexpectedly

Jika Kamu masih pemula di bidang internet, maka jenis permasalahan ini mungkin saja masih asing di telinga. Pada dasarnya, Apache merupakan salah satu jenis web server yang dimanfaatkan dan sekaligus dijalankan oleh banyak sistem operasi. Dimana, jika Kamu menggunakan Microsoft Windows, maka Kamu akan menggunakannya.

Di sisi lain, server atau komputer program ini dapat dimanfaatkan di berbagai jaringan seperti Unix, BSD, Linux, dan beberapa jenis program lainnya. Alasan lainnya kenapa banyak pengguna program memanfaatkan jenis tersebut adalah karena penggunaannya yang tidak membutuhkan program rumit.

Bahkan, Apache Shutdown Unexpectedly ini dapat dengan mudah berjalan di komputer yang masih lokal. Sehingga, hal inilah yang membuat banyak developer tidak asing lagi dengan program komputer tersebut. Pasalnya, perangkat ini sangat bermanfaat bagi mereka.

Jika Kamu ingin melakukan instalasi terhadap program tersebut, maka jangan khawatir. Pasalnya, cara untuk melakukannya sangat mudah. Kamu dapat melakukannya melalui MySQL dan phpMyAdmin dengan bantuan aplikasi XMPP. Sedangkan, jika Kamu pengguna Linuk, maka Kamu hanya perlu melakukan install Apache saja.

Cara Mudah Mengatasi Permasalahan Server ini

Untuk mengatasi permasalahan ini, maka Kamu tidak perlu bingung. Pasalnya, untuk mengatasinya amat sangatlah mudah. Jika Kamu mendapatkan masalah ini, maka Kamu akan mendapatkan logo dengan tombol Error secara tidak terduga. Beberapa cara untuk mengatasinya antara lain adalah;

Buka atau Open File httpd.conf.

Pertama, untuk mengatasi Apache Shutdown Unexpectedly maka diharuskan untuk membuka httpd.conf. Kamu dapat membukanya menggunakan apk editor seperti notepad, sublime, dan beberapa apk lainnya.

Ganti Beberapa Atribut

Selanjutnya, pastikan untuk mengganti beberapa atribut seperti ‘ServerName localhost: 80’ diubah menjadi ‘ServerName localhost: 8080’. Lalu, lakukan penyimpanan terhadap file. Lalu, buka file httpd-ssl.conf berada di folder C: \ xampp \apache \conf \ extra \ dan klik simpan pada data perubahan tersebut.

Running XAMPP Control Panel

Running jenis perangkat atau atribut ini melalui server tersebut dengan menggunakan tombol start. Lalu, lakukan pengecekan dengan cara akses ke http://localhost: 8080/xampp.

Cara Atasi Apache Shutdown Unexpectedly di Linux

Untuk mengatasi permasalahan ini di Linux, maka Kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, untuk mengatasinya sangat mudah. Langkah terbaik adalah dengan cara mengganti port menggunakan sistem operasi Linux. Untuk melakukannya, maka Kamu hanya perlu mengubah file pada pengaturan seperti;

Mengakses Configuration File

Pertama, Kamu diharuskan untuk membuka terminal kemudian dilanjutkan dengan mengakses file tersebut yang tersedia melalui port.

Mengganti Port Atribute

Selanjutnya, ganti atribut dengan cara ‘Dengarkan 80’ diubah menjadi ‘Dengarkan 8080’. Lalu, ulangi dan jalankan kembali httpd. Cara menjalankannya, maka Kamu perlu menjalankan perintah yang tersedia melalui htpps.

Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Melakukan Perbaikan

Sebelum melakukan langkah perbaikan Apache Shutdown Unexpectedly, maka hal penting yang wajib dipahami adalah dengan cara memperhatikan file yang ada di laptop atau PC. Sebelum melakukannya, pastikan sudah menyalin ulang semua dokumen penting melalui flash disk atau lainnya.

Hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan risiko adanya kehilangan data. Pasalnya, beberapa pengguna kerap kali mengalami kehilangan data ketika melakukan beberapa langkah tersebut. Sehingga, pastikan untuk memperhatikannya sebelum melakukan langkah perbaikan dan penyelesaian yang ada di laptop atau PC kamu.

Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan server Apache memang menjadi salah satu hal penting dan wajib diperhatikan. Pasalnya, server ini menjadi salah satu server paling banyak dimanfaatkan baik pengguna Microsoft, Linux, dan lainnya. Sehingga, jika mengalami permasalahan server ini, pastikan mengenal langkah atasi Apache Shutdown Unexpectedly.