10 Aplikasi Pembersih RAM PC dan Laptop Terbaik 2023

10 Aplikasi Pembersih RAM PC dan Laptop Terbaik 2023

Aplikasi Pembersih RAM – Pernahkah Kamu merasa kinerja PC atau laptop Kamu lambat? Bahkan jika Kamu masih memiliki banyak memori penyimpanan di PC atau laptop Kamu.

Alasan mengapa PC atau laptop Kamu lambat padahal Kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup adalah karena penggunaan CPU yang tinggi. Artinya, aplikasi atau program yang berjalan di laptop Kamu menggunakan banyak RAM CPU PC atau laptop Kamu.

Lantas bagaimana cara mengembalikan dan meningkatkan performa RAM PC atau laptop Kamu? Cara paling efektif adalah mengosongkan memori dan menambah RAM.

Kamu dapat menambahkan memori RAM ke PC atau laptop Kamu, tetapi cara ini berlaku jika masih ada slot kosong di motherboard PC atau laptop Kamu. Jika tidak, berarti Kamu perlu mengosongkan memori RAM menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi Pembersih RAM untuk PC/Laptop

Sudah banyak aplikasi pembersih RAM yang bisa diunduh untuk PC atau laptop Kamu. Baik aplikasi gratis maupun berbayar. Berikut 10 rekomendasi aplikasi pembersih RAM terbaik untuk PC atau laptop yang bisa Kamu gunakan. Simak langsung pembahasan selanjutnya.

1. Aplikasi Pembersih RAM Booster Expert

Aplikasi Pembersih RAM Booster Expert

RAM Booster Expert adalah aplikasi pembersih RAM yang sangat spesial yang masih hanya tersedia untuk sistem operasi Windows. Sayangnya, aplikasi ini masih tersedia sebagai versi trial. Aplikasi RAM Booster Expert ini bisa kamu gunakan di berbagai versi Windows.

Jangan khawatir aplikasi ini memenuhi memori penyimpanan Kamu karena hanya memakan sedikit ruang memori di PC atau laptop Kamu dibandingkan dengan aplikasi pesaing. Aplikasi ini telah banyak digunakan di berbagai belahan dunia seperti India, Bangladesh dan Portugal.

2. Memory Cleaner

Memory Cleaner
Memory Cleaner adalah aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang aplikasi DiskMax. Aplikasi ini memiliki dua tugas utama: membersihkan memori, membersihkan kumpulan kerja dari proses trim dan cache sistem.

πŸ‘‰ TRENDING:  10 Aplikasi Pembersih RAM dan Cache For Android Terbaru 2023

Set kerja proses adalah memori yang digunakan oleh aplikasi dan proses yang berjalan. Saat working set meningkat dan permintaan memori meningkat, proses trim working set dijalankan. Peringatan tentang jumlah RAM yang digunakan muncul di jendela aplikasi. Kamu juga dapat mengatur opsi untuk menghapus cache secara otomatis saat penggunaan RAM mencapai tingkat tertentu.

3. Memory Optimizer

Memory Optimizer
Memory Optimizer adalah aplikasi yang memungkinkan Kamu membersihkan RAM PC atau laptop Kamu. Aplikasi ini memberikan tampilan grafis dari memori PC atau laptop Kamu yang menunjukkan apa yang sedang digunakan. Dan aplikasi ini menyediakan cara mudah untuk mengoptimalkan penggunaannya.

Cukup klik “Optimalkan” dan aplikasi akan langsung bekerja untuk mengoptimalkan memori PC atau laptop Kamu. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Windows. Tentu saja, aplikasi ini gratis.

4. SuperCleaner

SuperCleaner
SuperCleaner adalah aplikasi pembersih RAM PC atau laptop yang juga tersedia untuk Android. Aplikasi ini dapat membersihkan semua disk Kamu dengan satu klik. Aplikasi ini dapat menemukan ratusan hingga ribuan file tidak penting yang dapat memenuhi memori PC atau laptop Kamu.

Aplikasi ini juga memiliki SuperCleaner, pelindung privasi internet yang dapat menghapus cache browser web, riwayat, cookie, dan bahkan file index.dat yang tersembunyi.

5. MZ RAM Booster

MZ RAM Booster
MZ RAM Booster merupakan aplikasi pembersih RAM gratis yang dapat mendongkrak performa PC atau laptop Kamu. Aplikasi MZ RAM Booster ini menggunakan sumber daya minimal di PC atau laptop Kamu. Jadi Kamu tidak perlu khawatir kehabisan daya saat menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi MZ RAM Booster dapat secara otomatis membersihkan RAM PC atau laptop Kamu ketika mendeteksi bahwa penggunaan memori melebihi nilai yang telah ditetapkan. Antarmuka aplikasi ini sangat intuitif. Selain bisa membersihkan RAM, aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai penggunaan CPU, kelebihan RAM, virtual memory dan lainnya.

πŸ‘‰ TRENDING:  10 Aplikasi Pembersih RAM dan Cache For Android Terbaru 2023

6. Wise Memory Optimizer

Wise Memory Optimizer
Wise Memory Optimizer adalah aplikasi pembersih RAM yang dikembangkan oleh vendor yang sama yang membuat aplikasi Wise Auto Shutdown. Tentu saja, Kamu dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi ini secara gratis untuk membersihkan RAM PC atau laptop Kamu.

Aplikasi Wise Memory Optimizer ini dapat meningkatkan kinerja PC atau laptop Kamu secara keseluruhan. Saat aplikasi ini berjalan, secara otomatis membersihkan dan meningkatkan kinerja RAM PC Kamu setiap kali mendeteksi bahwa memori di bawah nilai yang telah ditentukan.

Antarmuka aplikasi sangat sederhana dan bersih. Aplikasi Wise Memory Optimizer ini menampilkan grafik memori sistem Kamu dalam diagram lingkaran sehingga Kamu dapat dengan mudah melihat berapa banyak RAM yang digunakan dan berapa banyak RAM yang tersedia.

7. PC Win Booster Free

PC Win Booster Free

PC Win Booster Free adalah aplikasi pembersih RAM untuk PC atau laptop Kamu yang dapat mendongkrak performa dan kekuatan pemrosesan PC atau laptop pribadi Kamu. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan malware atau spyware di PC Kamu.

Aplikasi PC Win Booster ini akan mengkarantina dan menghapus virus atau ancaman lainnya. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang hampir setara dengan sistem antivirus lain seperti Avast! Antivirus atau McAfee.

Namun bedanya di memori yang dibutuhkan, aplikasi ini hanya membutuhkan memori sebesar 19,8 MB. Selain itu, aplikasi ini dapat mendeteksi dan menghapus file duplikat di PC atau laptop Kamu.

8. Aplikasi Pembersih RAM Rambooster

Aplikasi Pembersih RAM Rambooster

RamBooster adalah solusi yang sangat baik ketika sistem PC atau laptop Kamu mulai berjalan lambat. Jika PC atau laptop Kamu mulai berjalan lambat, itu berarti kehabisan memori atau RAM. Jadi, aplikasi ini sangat diperlukan untuk membebaskan memori atau RAM yang ada sehingga Kamu dapat meningkatkan kinerja PC atau laptop Kamu.

πŸ‘‰ TRENDING:  10 Aplikasi Pembersih RAM dan Cache For Android Terbaru 2023

9. Aplikasi Pembersih RAM Rush

Aplikasi Pembersih RAM Rush

RAMRush adalah aplikasi pembersih RAM gratis yang memungkinkan Kamu untuk mengoptimalkan penggunaan memori atau RAM di PC atau laptop Kamu. Aplikasi RAMRush ini sangat ramah pengguna, hanya menghabiskan sedikit sumber daya dari sistem Kamu. Aplikasi ini juga menawarkan fitur pengoptimalan otomatis yang dapat dimulai dengan mengakses hotkey atau mengaturnya secara manual.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana. Aplikasi RAMRush berjalan di system tray dan menampilkan grafik penggunaan CPU dan RAM secara real time.

10. Chris-PC RAM Booster

Chris-PC RAM Booster
Chris-PC RAM Booster adalah aplikasi yang mengelola memori PC atau laptop Kamu. Oleh karena itu, aplikasi di PC atau laptop Kamu akan berjalan lebih lancar jika Kamu memanfaatkan memori RAM PC atau laptop Kamu secara maksimal.

Aplikasi Chris-PC RAM Booster meningkatkan kekuatan dan kinerja PC atau laptop Kamu karena memonitor penggunaan RAM setiap saat. Ketika RAM mencapai batas memori yang lebih rendah, aplikasi akan mulai membebaskan memori yang tersedia.