Aplikasi kumpulan hadits

Hadith Encyclopedia, Aplikasi Kumpulan Hadits Shahih Lengkap

Seiring perkembangan teknologi, kini umat muslim dapat membaca dan mempelajari kumpulan hadits melalui aplikasi digital. Dalam ajaran Islam, hadits merupakan salah satu sumber hukum serta pedoman hidup.

Hadits sendiri adalah segala perkataan, perbuatan, ketetapan, serta persetujuan dari Rasulullah Saw yang nantinya dijadikan sebagai landasan syariat Islam bagi umat muslim di dunia. Di kalangan umat Islam, hadits juga biasa dikenal dengan sunnah.

Salah satu aplikasi pilihan untuk memudahkan Anda dalam membaca ribuan hadits adalah Hadith Encyclopedia. Apa saja bacaan hadits di dalam aplikasi ini serta fitur menarik apa yang bisa Anda peroleh? Berikut ulasannya.

Aplikasi Kumpulan Hadits Shahih Lengkap

Belajar Kumpulan Hadits di Hadith Encyclopedia

Hadith Encyclopedia merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Saltanera. Dikembangkan sejak Juli 2015, aplikasi ini menyajikan 62 ribu hadits yang dikompilasikan dari kitab 9 imam.

Untuk mengenal berbagai hadits, umat muslim biasanya merujuk pada kitab-kitab yang ditulis oleh 9 Imam ulama hadits terbesar. Anda tentu sudah familiar dengan hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

Selain keduanya, terdapat 7 imam lainnya yang kitabnya juga menjadi rujukan. Aplikasi Hadith Encyclopedia berisi kumpulan hadits yang diambil dari Kutubut Tis’ah (9 kitab hadits), antara lain:

  1. Shahih Bukhari
  2. Shahih Muslim
  3. Sunan Abu Daud
  4. Sunan Tirmidzi
  5. Sunan Nasa’i
  6. Sunan Ibnu Majah
  7. Musnad Ahmad
  8. Muwatha’ Malik
  9. Sunan Darimi

Menariknya, kumpulan hadits di Hadith Encyclopedia dilengkapi koleksi hadits yang berkaitan dengan Al-Qur’an, hadits Qudsi (wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah Saw tanpa perantara malaikat Jibril), serta hadits mutawatir.

Tenang, semua hadits yang ada di aplikasi ini dilengkapi dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Ini memberikan kemudahan bagi Anda dalam memahami isi dari hadits tersebut.

Dengan demikian, pengguna bisa mempelajari hadits sebagai sumber hukum Islam kedua setelah Al-Qur’an secara lebih mudah. Dengan memiliki aplikasi ini di handphone, Anda dapat membaca dan mempelarinya kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi Hadith Encyclopedia dapat didownload di Play Store serta digunakan baik secara gratis maupun berbayar. Di Play Store, aplikasi ini telah didownload lebih dari 500 ribu kali dan mendapatkan bintang 4,6.

Fitur-Fitur Menarik di Hadith Encyclopedia

Untuk mempermudah pengguna saat menjalankan aplikasi kumpulan hadits ini, pengembang Hadith Encyclopedia membekalinya dengan sejumlah fitur menarik, di antaranya:

  1. Koleksi 62.000 Hadit

Di aplikasi ini terdapat lebih dari 62.000 hadits yang dikutip dari 9 kitab atau Kutubut Tis’ah. Semakin sering Anda membacanya, semakin banyak pula yang dapat dipelajari atau bahkan dihafalkan.

  1. Dilengkapi Terjemahan

Hadith Encylopedia hadir lengkap dengan terjemahan bahasa Inggris serta bahasa Indonesia yang memudahkan pengguna saat mempelajarinya.

  1. Degree of Authenticity

Aplikasi kumpulan hadits ini memiliki fitur derajat keaslian dari para ulama. Sehingga pengguna lebih yakin dengan keasliannya.

  1. Related Hadith

Fitur ini membantu pencarian hadits yang terkait atau berhubungan dengan hadits yang sedang dibuka.

  1. Compilation of Hadiths

Tersedia hadits kompilasi yang terdiri dari:

  • Qudsi
  • Mutawatir
  • Berkaitan dengan Al Qur’an
  • Marfu
  • Mauquf
  • Maqthu
  • Mursal
  • Munqathi
  • Muallaq
  1. Hadiths Index

Fitur ini menyajikan indeks hadits berdasarkan tema tersendiri, di antaranya:

  • Keyakinan
  • Moral
  • Adab/tata krama
  • Ibadah
  • Muamalah
  • Kisah-kisah nabi
  • Jihad, dan lain-lain.
  1. Daily Hadith

Fitur ini memberikan hadits-hadits menarik setiap hari. Sehingga Anda tidak melewatkan hari tanpa belajar hadits yang baru.

  1. Copy and Paste

Fitur untuk menyalin dan menempel teks Arab maupun terjemahannya sehingga memudahkan Anda saat ingin membagikannya dengan orang lain.

Link Download Hadith Encyclopedia

Nama Aplikasi Ensiklopedi Hadits
Developer Saltanera
Link Download Google Play

Hadith Encyclopedia menawarkan banyak kemudahan bagi siapa saja yang ingin mempelajari hadits setiap hari. Melalui aplikasi kumpulan hadits ini, Anda bisa meningkatkan pengetahuan seputar hadits kapanpun dan di manapun.