Memahami Apa Itu Virtual Account dan Keuntungannya

Istilah virtual account atau VA bukan merupakan hal asing di telinga kita yang saat ini hidup di era digital. Hampir semua aspek dalam kehidupan sudah terdigitalisasi, tidak terkecuali masalah pembayaran yang dilakukan secara daring. Untuk mengenal lebih dalam apa itu VA dan memahami bagaimana kegunaan serta keuntungannya, simak ulasan di bawah ini sampai selesai.

Apa itu virtual account?

Singkatnya, virtual account adalah semacam akun rekening buatan yang umumnya terdiri dari kombinasi angka dan/atau huruf yang sifatnya unik untuk mengidentifikasi transaksi atau pembayaran secara daring. Seperti namanya, akun ini bersifat virtual atau tidak benar-benar nyata yang hanya dipakai sekali khusus oleh orang yang bersangkutan. Jadi, satu akun hanya ditujukan untuk satu pengguna sehingga tidak bisa dipakai oleh orang lain.

Apa bedanya dengan rekening biasa?

Meskipun sama-sama bisa digunakan untuk transaksi keuangan, keduanya jelas berbeda. Dari segi cara bertransaksi, VA jauh lebih fleksibel. Hal ini karena pembayaran VA bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti lewat m-banking, lewat berbagai jenis e-wallet dan juga beberapa merchant yang terlibat kerja sama. Sementara itu, transaksi dengan rekening biasa umumnya hanya bisa dilakukan di teller, ATM, maupun aplikasi perbankan.

Saat melakukan transaksi atau pembayaran melalui transfer dengan nomor virtual account, kamu tidak perlu melakukan konfirmasi karena nomor VA unik dan berbeda pada setiap orang. Sesaat setelah mentransfer, datamu akan langsung terverifikasi dan pihak yang bersangkutan otomatis mengetahui bahwa kamulah yang sudah melakukan pembayaran.

Apa saja manfaatnya?

VA merupakan produk dari financial technology atau fintech yang penggunaannya telah menjamur di berbagai penjuru dunia. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya VA memiliki beragam manfaat yang akan memberi kemudahan dan keuntungan bagi semua pihak. Apa saja manfaat dan keuntungan dari VA? Simak ulasan berikut!

1. Transaksi bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun

Mungkin, kamu akan merasa sangat malas jika harus melakukan transaksi melalui teller bank atau ATM. Keduanya jauh dari kata praktis dan membutuhkan banyak waktu, terutama jika harus mengantre. Dengan memanfaatkan VA, kamu bisa bertransaksi 24 jam melalui smartphone. Jika tidak memiliki m-banking, kamu masih bisa menggunakan e-wallet.

2. Tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, satu nomor virtual hanya dibuat untuk satu pengguna. Jadi, setelah kamu mentransfer sejumlah nominal yang tertera, penerima dana akan tahu dengan sendirinya. Untuk itu, kamu tidak perlu susah payah mengirimkan bukti transfer seperti saat kamu melakukan pembayaran secara manual.

3. Transaksi lebih terjamin keamanannya

Selain dikhususkan untuk satu pengguna, nomor VA juga diperuntukkan hanya sekali transaksi. Setelah dilakukan transaksi, nomor unik tersebut akan kedaluwarsa sehingga hal ini dapat menutup  celah terjadinya penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Memudahkan pencatatan keuangan bagi para pengusaha

Tidak hanya menguntungkan bagi konsumen yang melakukan pembayaran, penggunaan virtual account juga bermanfaat bagi para pelaku usaha yang menjalankan bisnis. Hal ini karena VA membuat transaksi yang dilakukan konsumen tercatat secara otomatis. Selain memberi kemudahan, ini juga dapat menghemat waktu dan tenaga. Kini, mereka sudah tidak perlu lagi mengecek satu per satu secara manual untuk menindaklanjuti pesanan.

5. Bisa melayani berbagai jenis transaksi

Sebagai konsumen, mungkin kebanyakan orang lebih sering menjumpai transaksi menggunakan VA pada marketplace. Namun, nyatanya VA dapat digunakan pada berbagai jenis transaksi bisnis karena bisa dengan mudah terintegrasi di berbagai platform, seperti aplikasi dan website.

6. Bisa mengontrol pembayaran

Dengan memanfaatkan virtual account, seseorang  bisa mengatur pembagian akun rekening bank dan jumlah pembayarannya. Hal ini karena satu rekening bisa dibagi menjadi beberapa VA dengan saldo dan nomor sendiri.

Demikian penjelasan mengenai apa itu virtual account dan beragam keuntungan yang ditawarkannya. Ternyata, tidak hanya menguntungkan konsumen, VA juga memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dalam mengatur bisnis dan keuangannya. Setelah ini, kira-kira produk apalagi ya yang akan dikeluarkan oleh fintech terkait transaksi secara daring?