Internet Banking : Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Teknologi internet saat ini telah digunakan di segala lini untuk mendapatkan kemudahan, termasuk dalam dunia perbankan. Internet banking atau biasa disebut juga dengan istilah e-banking merupakan sebuah layanan perbankan berbasis internet sehingga nasabah tidak perlu pergi ke bank. Pasalnya, layanan ini bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Lalu, apa saja manfaat dan kelebihannya, dan apa yang menjadi kekurangannya?

Manfaat layanan internet banking

Manfaat dari layanan internet banking ini tentu saja untuk melakukan berbagai jenis transaksi secara online, kecuali transaksi tarik tunai. Berikut adalah berbagai transaksi yang bisa kamu lakukan.

1. Transfer uang nontunai

Beberapa kelemahan dari transfer uang di mesin ATM adalah kamu harus mengeluarkan effort lebih, mulai dari menuju mesin ATM terdekat hingga mengantre dengan nasabah lain yang mana akan membutuhkan waktu dan tenaga.

Dengan melakukan transfer secara online, kamu hanya perlu beberapa detik saja untuk melakukannya di depan layar gadget. Terutama bagi kamu yang sering berbelanja online, kamu akan dimudahkan dengan layanan ini pada saat pembayaran.

2. Cek saldo dan mutasi rekening

Manfaat ini akan sangat dirasakan oleh nasabah yang setiap harinya terlibat transaksi, misalnya seseorang yang memiliki usaha online shop. Untuk menghindari penipuan, mengecek mutasi adalah hal yang harus dilakukan, terutama setelah ada pihak yang mengklaim telah mentransfer sejumlah uang.

3. Menjangkau sejumlah informasi penting

Selain untuk mengetahui informasi saldo dan mutasi, layanan internet banking juga memuat informasi tagihan kartu kredit, informasi kurs atau nilai jual beli mata uang, dan seputar informasi mengenai program baru yang diluncurkan bank. Ini akan membantumu lebih up to date terhadap informasi penting.

4. Membayar tagihan rutin

Kamu juga bisa membayar biaya tagihan rutin, seperti tagihan telepon, air listrik, TV berbayar, biaya pendidikan hingga isi ulang pulsa elektrik. Semuanya dapat dilakukan hanya dengan mengakses satu layanan.

Kelebihan layanan

Bagi pihak bank, layanan internet banking memberikan keuntungan tersendiri. Pasalnya, para nasabah dapat melakukan transaksi secara mandiri sehingga hal ini akan menghemat biaya operasional bank. Tidak hanya menguntungkan salah satu pihak, layanan ini juga banyak memberikan keuntungan kepada nasabah.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan di antaranya adalah  layanan bersifat gratis, lebih praktis, lebih efisien, serta menghemat tenaga dan waktu.

Kekurangan layanan

Meskipun memiliki beragam manfaat dan kelebihan, bukan berarti layanan ini tidak memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang harus kamu tahu.

1. Tidak dapat dijangkau di daerah tertentu

Karena berbasis internet, untuk bisa mengakses layanan ini tentu membutuhkan koneksi yang kuat. Sementara, di Indonesia sendiri masih banyak daerah terpencil yang belum terjangkau sinyal inernet. Otomatis, layanan ini tidak bisa diakses pada daerah tersebut.

2. Potensi terjadinya pencurian data

Cyber crime merupakan pencurian data oleh hacker yang terjadi di internet. Kamu harus berhati-hati tiap kali mengakses internet dan layanan perbankan ini. Demi keamanan, sebagai nasabah ikutilah prosedur yang berlaku. Pihak bank juga harus turut mengawasi teknologi informasi ini.

Meski keamanan perbankan online terus ditingkatkan, kemungkinan cyber crime tetap masih ada. Sebaiknya, gunakan paket data pribadi dan hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik untuk mencegah akses yang tidak sah.

3. Potensi adanya penipuan online

Penipuan online yang paling sering dijumpai adalah penawaran hadiah palsu. Untuk menghindarinya, jika kamu mendapatkan telepon atau SMS yang memberitahukan bahwa kamu memenangkan undian yang tidak masuk akal, jangan langsung percaya karena kemungkinan besar itu adalah penipuan.

4. Rawan terkena virus

Virus dapat menyerang gadget yang kamu gunakan saat menggunakan koneksi internet yang tidak aman. Untuk menghindariya, lebih baik gunakan koneksi internet pribadi. Selain itu, pastikan kamu sudah memasang software antivirus di perangkat yang akan kamu gunakan.

Setelah memahami apa itu internet banking dan manfaatnya, apakah kamu tertarik untuk mendaftar layanan ini? Jika kamu berniat menggunakannya, tetaplah berhati-hati dengan mengantisipasi terjadinya kejahatan di internet melalui caa-cara yang sudah disebutkan sebelumnya.