Begini Cara yang Tepat untuk Optimalkan Fungsi Kartu Kredit

Mungkin kamu sudah sering mendengar imbauan dari orang-orang terdekat untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan kartu kredit. Padahal, kartu ini merupakan salah satu alat bantu pembayaran yang memberimu kemudahan dalam bertransaksi, tentunya dengan penggunaan yang tepat. Berikut adalah beberapa cara untuk optimalkan fungsi kartu kredit. Simak ulasannya, ya!

1.  Manfaatkan kartu kredit untuk memudahkan pembayaran, bukan menuruti keinginan

Ini adalah kesalahan yang paling umum dilakukan oleh para penguna kartu kredit. Merasa terlena dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan sehingga mereka tergiur untuk membeli barang-barang yang sifatnya impulsif dan tidak terencana. Hal ini berakibat pada membengkaknya tagihan di akhir bulan.

Untuk menghindari hal-hal semacam ini, manfaatkan kartu sebagaimana mestinya, yaitu untuk memudahkan transaksi. Terutama saat membeli barang dengan nominal yang cukup tinggi, kamu tidak perlu repot-repot menarik dan membawa uang cash. Jangan gunakan kartu ini sebagai sarana untuk membeli suatu barang saat budget-mu tidak memenuhi.

2.  Manfaatkan beragam promo yang tersedia

Tidak hanya memudahkan transaksi, penggunaan kartu kredit juga dapat memberimu keuntungan lewat beragam promo yang ditawarkan. Promo bisa berupa diskon di beberapa merchant yang terlibat kerja sama, cashback, maupun reward berupa poin yang nantinya bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai kamu membeli hal yang tidak begitu penting akibat tergiur promo. Agar keuanganmu tetap aman, manfaatkan promo tersebut untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan.

3.  Manfaatkan kartu untuk membayar tagihan rutin

Setiap orang memiliki tagihan yang harus dibayar rutin tiap bulan, seperti tagihan listrik, televisi berbayar, tagihan air, biaya internet, telepon, dan lain sebagainya. Agar lebih praktis dan menguntungkan, kamu bisa melakukan pembayaran tagihan tersebut menggunakan kartu kredit.

Dengan begini, kamu akan lebih cepat dalam mengumpulkan poin yang bisa dikonversikan menjadi alat pembayaran. Ini bisa sedikit memotong beban pengeluaran keuanganmu dan menjadi lebih hemat.

4.  Usahakan untuk selalu melunasi tagihan tepat waktu

Dalam mengoptimalkan penggunaannya, tagihan yang selalu datang di akhir bulan juga harus benar-benar kamu perhatikan. Meskipun terdapat nominal minimum untuk membayar tagihan kartu kredit, akan lebih baik jika kamu melunasinya. Hal ini agar kondisi finansialmu tetap stabil dan terbebas dari utang pengeluaran.

Agar kamu tidak keberatan dalam membayar tagihan tiap bulannya, berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

5.  Cukup gunakan satu kartu yang sesuai dengan kebutuhanmu

Memiliki banyak kartu pembayaran akan memperbesar peluang seseorang dalam berperilaku konsumtif. Cukup gunakan satu kartu yang sesuai dengan kebutuhanmu saat ini. Sebelumnya, lakukan riset kecil-kecilan untuk mencari tahu promo yang ditawarkan oleh setiap bank karena mereka memiliki cara yang berbeda untuk mempromosikan berbagai produk mereka.

Kartu yang menawarkan banyak reward untuk transaksi perjalanan tidak akan berguna jika kamu bukan seorang traveler. Sebaliknya, jika kamu sering bepergian, kartu ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhanmu. Jadi, jangan malas untuk mencari tahu secara detail karena penggunaan jenis kartu yang tepat akan memberimu lebih banyak keuntungan.

6.  Boleh menggunakannya sebagai pengganti dana darurat

Tidak semua orang menyimpan dana daruratnya dalam instrumen-instrumen yang mudah dicairkan. Terkadang, sebagian menyimpan dana daruratnya di instrumen investasi maupun deposito. Untuk mencairkannya, seseorang tentu membutuhkan waktu.

Dalam keadaan yang sangat darurat, seperti biaya berobat, kamu boleh menggunakan kartu kredit terlebih dahulu sebelum mencairkan dana darurat yang tersimpan. Akan tetapi, tetap kamu harus melunasi tagihannya setelah dana darurat tersebut cair.

7.  Manfaatkan fitur penarikan tunai dengan bijak

Meski menawarkan penarikan uang tunai, bukan berarti kamu bisa menggunakannya sesuka hati. Jangan gunakan penawaran ini untuk meng-cover kebutuhanmu sehari-hari. Sama halnya dengan dana darurat, sebaiknya penawaran ini dimanfaatkan untuk hal-hal yang sifatnya mendesak.

Misalnya, untuk transaksi yang harus dilakukan dengan uang tunai sedangkan kamu tidak membawanya. Ingat bahwa nominal yang kamu ambil bukan berasal dari saldo tabunganmu, tetapi dari limit kartu yang harus kamu bayar tiap bulannya.

Demikian beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan fungsi kartu kredit. Saat sesuatu digunakan sebagaimana mestinya, maka manfaat akan kamu dapatkan. Sebaliknya, jika memakainya secara berlebihan,kamu hanya akan mendapatkan kerugian.