contoh investasi

6 Contoh Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Investasi jangka panjang merupakan hal yang perlu dipikirkan setiap orang jika tidak ingin uangnya tergerus inflasi. Inflasi menyebabkan nilai tukar mata uang makin menurun setiap tahunnya.

Investasi jangka panjang bisa menjadi penyelamat dari gerusan inflasi. Selain itu, investasi jangka panjang juga dapat memberikan passive income. Yuk, simak contoh investasi yang menguntungkan dan contoh investasi jangka panjang berdasarkan jangka waktu dan tujuan berikut ini.

1. Emas

Emas merupakan  contoh investasi jangka panjang yang mudah dan praktis. Emas disebut juga sebagai “save heaven” karena nilainya hampir selalu naik setiap tahunnya. Emas menjadi instrumen investasi idola bagi banyak orang karena tidak terlalu rumit dan relatif mudah. Anda hanya perlu menyimpan emas dalam kurun waktu tertentu untuk mendapatkan selisih harga jual dan beli.

Hal yang perlu diingat dalam investasi emas yaitu jangan memilih emas perhiasan sebagai investasi karena nilainya cenderung turun. Anda harus memilih emas batangan atau emas murni 24 karat. Salah satu produk emas yang terjamin keasliannya adalah emas yang dikeluarkan oleh ANTAM.

Selain itu, emas sebaiknya digunakan sebagai investasi jangka panjang karena dalam jangka pendek emas belum memberikan selisih harga yang cukup signifikan. Untuk mendapatkan imbal hasil yang cukup signifikan, sebaiknya Anda menyimpan emas minimal 5 tahun.

2. Saham

Saham merupakan contoh investasi jangka panjang yang bisa Anda pilih. Dengan kepemilikan saham, Anda berhak mendapatkan dividen atau bagi hasil laba perusahaan. Besarnya dividen ini tergantung dari seberapa besar kepemilikan saham yang Anda miliki di dalam sebuah perusahaan. Dividen biasanya dibagikan setiap satu hingga dua kali dalam setahun, tergantung hasil rapat umum pemegang saham (RUPS). Investasi saham ini cocok bagi Anda yang menginginkan imbal hasil dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Hal yang perlu diingat dalam investasi saham yaitu sebaiknya pilih saham blue chip yang kinerja perusahaannya sudah kredibel. Selain itu, pilih tempat jual beli saham yang legal.

3. Sewa Properti

Sewa properti, seperti rumah dan ruko, merupakan contoh investasi jangka panjang lainnya yang banyak diminati. Menyewakan properti merupakan hal yang cukup mudah dilakukan, tetapi dapat memberi imbal hasil yang lumayan besar. Dalam menyewakan properti, pastikan Anda melakukan perjanjian yang mengatur hak dan kewajiban penyewa maupun pemberi sewa sebelum penyewa mendapatkan kunci rumah Anda. Hal ini untuk menghindari adanya sengketa di kemudian hari.

Investasi sewa properti ini cocok digunakan sebagai investasi jangka menengah dan panjang. Kisaran durasi sewa tiap bangunan antara satu hingga tiga tahun.

4. Sewa Tanah

Selain menyewakan bangunan berupa rumah, toko, atau ruko, Anda juga bisa menjalankan bisnis sewa tanah untuk mendapatkan passive income yang cukup menggiurkan. Sewa tanah persawahan maupun sewa tanah untuk lahan parkir di perkotaan dapat menjadi bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Biaya sewa tanah biasanya dibayarkan satu tahun sekali oleh pihak penyewa.

5. Obligasi

Obligasi atau surat utang merupakan contoh investasi yang dapat memberikan imbal hasil pasti karena besaran imbal baliknya sudah ditentukan oleh pemerintah sejak awal diluncurkannya seri obligasi. Persentase imbal hasil yang ditawarkan cukup tinggi dibanding deposito, mencapai hingga 9% atau 10% per tahunnya.

6. Valas

Valas atau valuta asing juga bisa menjadi contoh investasi jangka panjang yang menguntungkan. Deposito valas dapat memberikan imbal hasil yang cukup menjanjikan, ditambah selisih harga mata uang yang cukup signifikan dari tahun ke tahun.

Untuk berinvestasi valas, sebaiknya Anda memilih mata uang yang harganya relatif stabil dan kuat. Beberapa pilihan valuta asing yang cukup banyak diminati dan menjadi incaran, yaitu Dolar Amerika (USD), Poundsterling (GBP), Euro (EUR), Yen (JPY), dan Dolar Singapura (SGD). Beberapa mata uang tersebut dianggap cukup stabil terhadap guncangan ekonomi dan resesi.

Demikian beberapa contoh investasi jangka panjang berdasarkan jangka waktu dan tujuan serta contoh investasi yang berpotensi menguntungkan. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi.