6 Trik dan Cara Agar Tv Jernih Tanpa Booster

Dewasa ini menonton TV masih menjadi primadona bagi sebagian besar orang. Tapi bagaimana jadinya jika TV kamu terlihat bergaris dan banyak semut di layarnya. Kamu mungkin berpikir untuk membeli booster. Tapi jika ingin terjangkau ada cara agar TV jernih tanpa booster, loh.

Tv menjadi pilihan hiburan yang masih populer meski di era internet yang sudah sangat cepat. Hal ini karena Tv masih terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Namun tak jarang layar Tv milik kamu menampilkan gambar yang tidak jernih atau bahkan dihiasi semut-semut yang mengerumun. Ini bisa disebabkan karena sulitnya TV kamu menerima sinyal pemancar.

Untuk mengatasi masalah gambar atau suara yang buruk, umumnya masyarakat akan membeli perangkat baru untuk menjernihkan gambar. Perangkat tersebut adalah booster.

Tapi jika kamu tidak memiliki cukup biaya untuk membeli booster, kamu bisa menggunakan cara agar tv jernih tanpa booster. Bagaimana caranya? Yuk perhatikan artikel ini sampai selesai, ya.

6 Cara agar tv jernih tanpa booster

  1. Cek kebersihan antena

Antena yang sudah terpasang cukup lama pasti menampung kotoran yang banyak. Maka dari itu kamu perlu membersihkan antena dalam kurun waktu tertentu. Jangan biarkan antena kamu kotor dan merusak jaringan tv.

Antena yang berada di dalam ruangan maupun luar ruangan pasti menjadi sarang kotoran seperti debu, terkena air, dan partikel lain. Jika tidak dibersihkan, maka antena yang berbahan logam alumunium bisa mengalami karatan.

Kotoran-kotoran yang menumpuk akan menghalagi sinyal yang ditangkap oleh antena. Apalagi jika sampai berkarat, antena menjadi sangat sulit untuk menerima sinyal. Maka jaga antena kamu tetap bersih agar gambar tv kamu jernih.

Jadi membersihkan antena secara rutin bisa menjadi salah satu cara agar tv jernih tanpa booster sebagai perangkat tambahan.

  1. Arah antena tepat ke pemancar terdekat

Antena outdoor lebih efektif untuk membantu kejernihan optimal pada gambar tv. Antena outdoor tidak memiliki penghalang untuk menerima sinyal dari pemancar.

Cara agar tv jernih tanpa booster dengan hasil lebih optimal yaitu dengan mengarahkan antena ke pemancar terdekat. Untuk mengetahui jarak terdekat stasiun pemancar kamu bisa menggunakan gmap.

Ketikkan stasiun pemancar dan nama kota kamu, lalu posisikan antena mengarah tepat ke stasiun pemancar tersebut.

Untuk membantu antena lebih baik menangkap sinyal, kamu bisa posisikan antena dengan tinggi yang pas. Yaitu dalam ketinggian 3-7 meter. Ketinggian ini cukup pas agar kabel tidak terlalu panjang untuk meneruskan sinyal.

  1. Jauhkan antena dari bahan logam

Benda logam di sekitar antena bisa menyebabkan antena sulit untuk menerima sinyal. Maka cara agar tv jernih tanpa booster bisa disiasati dengan menempatkan antena jauh dari logam.

Jika terpaksa menempatkan antena dengan barang berbahan logam, usahakan jaraknya minimal dua meter. Agar antena bisa menerima sinyal dengan baik dan gambar tv menjadi jernih meski tanpa booster.

  1. Pakai alumunium foil

Cara agar tv jernih tanpa booster bisa dilakukan dengan membungkus antena dengan alumunium foil. Meski tidak boleh berdekatan dengan bahan logam, alumunium foil yang disatukan dengan antena justru memnguatkan antena untuk menerima sinyal.

Alumunium foil memiliki sifat konduktor, sama dengan antena. Ketika kedua bahan disatukan, maka akan lebih cepat dan mudah menerima gelombang elektromagnetik. Dengan begitu sinyal yang diterima antena jadi lebih kencang dan menjernihkan kualitas gambar tv.

  1. Gunakan 2 antena

Setiap saluran tv bisa saja memilih sumber stasiun pemancar yang berbeda. Contohnya stasiun tv A berada di stasiun pemancar A, sedangakn stasiun tv B berada di stasiun pemancar B yang saling berlawanan arah.

Untuk mensiasatinya, kamu bisa menggunakan cara agar tv jernih tanpa booster dengan memakai dua antena. Kedua antena bisa dipasanga berlawanan arah atau mengikuti arah stasiun pemancar yang sesuai.

Jadi kamu bisa mendapatkan hasil gambar yang jernih dari setiap stasiun tv yang kamu inginkan.

  1. Perhatikan kondisi kabel

Kabel yang memiliki kondisi baik akan menghubungkan antena dan tv dengan baik pula. Tanpa adanya kabel, mustahil sinyal yang didapatkan antena bisa tersalur ke tv.

Jadi cara agar tv jernih tanpa booster bisa dengan memperhatikan kondisi kabel yang menghubungkan tv dengan kabel. Jika kabel mengalami kerusakan tentu sinyal yang tersalur dari antena menjadi buruk. Gambar di tv pun juga jadi buruk.

Pilihlah kabel dengan kualitas baik. Jika kabel terlihat rusak atau berembun segera ganti dengan yang baru.

Nah itu dia beberapa cara agar tv jernih tanpa booster. Cobalah cara di atas satu per satu dari yang paling mudah. Jangan buru-buru membeli booster agar tv kamu jadi jernih. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba!