cara cek kesehatan hardisk

3 Cara Cek Kesehatan Hardisk Paling Cepat dan Tepat

Siapa yang nggak mengenal salah satu komponen penting yang menjadi kunci utama berjalannya sebuah komputer satu ini. Hardisk, dikenal sebagai sebuah perangkat keras yang mana memiliki fungsi guna menyimpan semua data yang terdapat dalam komputer dan pastinya bisa mengalami kendala kerusakan. Bagaimana cara cek kesehatan hardisk agar menghindari hal semacam ini?

Pasti kali ini, kalian tengah berfikir hal semacam ini bukan. Karena meskipun benar bahwa hardisk ini memiliki sifat non Volatile memory yang artinya memori didalamnya tidak akan pernah hilang, namun tetap saja sebuah benda memiliki masa aktifnya dimana jika hardisk ini mengalami kerusakan maka akan berdampak pada jalannya sebuah perangkat komputer.

Untuk itu, beberapa cara cek kesehatan hardisk ini menjadi solusi bagi kalian jika tidak ingin jika hardisk mengalami kerusakan tanpa diketahui penyebabnya. Dengan rutin mengecek sebuah perangkat keras ini, kalian jadi bisa mengetahi berapa lama pemakaian alat ini, seberapa baik kualitasnya, dan kendala apa saja yang sudah terjadi dengan perangkat keras yang satu ini.

3 Cara Cek Kesehatan Hardisk yang Bisa Kalian Lakukan Dengan Mudah.

1. Cek Kesehatan Hardisk Dengan Menggunakan Tools Pabrikan

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengecek sebuah hardisk adakah dengan menggunakan tools dari pabrik yang artinya sebuah alat khusus yang sudah disediakan oleh pabrikan pembuat hardisk ini. Karena memang mayoritas pabriksn besar sebuah komputer selalu menyiapkan tools gratis guna bisa dimanfaatkan penggunaannya untuk memantau kinerja hardisk.

Cara cek kesehatan hardisk menggunakan langkah ini juga cukup mudah, kalian hanya perlu mencari tahu produsen dadi hardisk yang digunakan. Langkahnya dengan mencari tahunya melalui sebuah sitem dari menu Device Manager, kemudian pilih Disk Drives dan klik tombol segitiga dengan catatan model hardisk dan ketikkan lagi nomor model dalam Google kalian.

Biasanya hasil pencarian atas nomor hardisk ini akan langsung muncul mengenai nama merk atau produsen dari hardisk yang kalian pakai ini. Setelah mengetahuinya, kunjungilah website resmi dari pabrik mereka, kemudian cari utilitas hard Drive dan unduh tools yang tersedia di sana untuk di pasang pada komputer kalian sebab tools yang tersedia ini memiliki fitur diagnosis yang tepat.

2. Cek Kesehatan Hardisk Dengan Menggunakan Perintah dari WMIC

Cara cek kesehatan hardisk berikutnya adalah melalui perintah dari WMIC yang mana bisa kalian lakukan sendiri hanya dengan mengandalkan sebuah sistem bawaan dari komputer yang kalian miliki. Nah, yang dimaksud dengan WMIC ini merupakan command-line interface yang mana memudahkan penggunanya untuk menjalankan task atau tugas-tugas administratif yang ada.

Termasuk juga  pengecekan hardisk yang satu ini yang mana menerapkan fitur SMART atau bisa juga disebut dengan Self Monitoring, Analysis and Reporting Technologi untuk bisa melihat seperti apa status dari hardisk yang sedang dipakai dengan menggunakan sebuah kesimpulan sederhana seperti Ok yang berarti aman dan Pref Fail yang berarti hardisk sedang bermasalah.

Cara cek kesehatan hardisk ini juga cukup mudah, kalian hanya perlu menekan tombol Windows dan juga tombol R pada keyboard secara bersamaan agar bisa membuka ruang dialog pencarian. Jika sudah, ketikkan “CMD” dan tekan enter untuk bisa membuka akses command prompt Windows. Lanjutkan dengan keyik WMIC dan enter kemudian diksdrive get status dan klik OK kembali.

3 Cek Kesehatan Hardisk Dengan Menggunakan Tool Windows CHKDSK

Nah, untuk cara pengecekan kesehatan hardisk selanjutnya melalui Tool juga, namun kali ini menggunakan Tool dari Windows. Dengan ini kalian tidak diharuskan untuk mengunduh terlebih aplikasi pihak ketiga dikarenakan sudah ada tool bawaan dari windows yang bernama Windows CHKDSK yang bisa memindai sebuah hardisk dalam komputer guna mencari letak kesalahannya.

Selain itu, cara cek kesehatan hardisk dengan tools bawaan windows ini, kalian juga bisa dengan mudah memperbaiki masalah yang bisa diperbaiki sendiri. Bahkan tools juga akan memberitahu secara otomatis jika ada masalah yang jauh lebih besar. Dengan ini, tools bisa menjalankan dua fungsi yaitu untuk memindai dan juga untuk membantu kalian memperbaiki masalah hardisk.

Langkah pertamanya bisa kalian mulai dengan melakukan klik kanan pada hardisk yang ingin kalian cek kesehatannya, kemudian tekan Properties dan pilih menu Tools. Kemudian pilih opsi yang menunjukkan pengecekan hardisk pada kotak dialog. Setelahnya tekan tombol Check Now untuk memulai proses pengecekan dan juga perbaikan hardisk secara bersamaan.

Demikian beberapa cara cek kesehatan hardisk yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah, cukup mudah bukan. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu kalian untuk memantau dan juga mengatasi setiap masalah yang ada dalam hardisk tersebut.