Cara Mengatasi Laptop Lemot

4 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Ribet Dan Bisa Dilakukan Sendiri

Revolusitekno.com – Tidak hanya smartphone, laptop yang digunakan semakin lama akan membuat performanya pun semakin menurun. Tentu ini akan membuat penggunannya jadi tidak berjalan lancar dan nyaman. proses loading menjadi semakin lambat dan membuka aplikasi pun tidak semudah seperti yang dilakukan di awal.

Jika hal itu terjadi, itu artinya laptop yang Anda miliki sudah mulai lemot. Pastinya Anda perlu mengetahui cara mengatasi laptop lemot supaya laptop yang Anda miliki bisa kembali bekerja dengan baik. Sebenarnya hal yang wajar jika laptop menjad lemot meski memiliki spesifikasi tinggi. Tapi jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, tentu penggunaannya pun tidak bisa berjalan cepat sesuai yang kita harapkan. Oleh sebab itu, simak panduan di bawah ini terkait cara atasi laptop yang kinerjanya melambat atau lemot.

Cara Mengatasi Laptop Lemot yang Wajib Dicoba

Jika laptop Anda saat ini mengalami penurunan dalam hal performanya, tentu Anda harus mencari tahu seperti apa cara mengatasi laptop lemot windows 7, 8, 10, 11 yang paling mudah dan sederhana. Performa laptop yang menurun menandakan jika laptop sudah tidak berfungsi seperti sedia kala.

Jika Anda pernah menggunakan produk elektronik lain, Anda juga pasti pernah merasakan kinerja produk-produk tersebut mengalami penurunan. Hal itu tentu saja sangat menjengkelkan sebab berpengaruh terhadap produktivitas yang akan Anda lakukan sehari-hari. Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan jika ingin atasi laptop yang lemot:

  1. Menghapus Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Untuk cara yang pertama adalah Anda bisa hapus aplikasi yang menurut Anda sudah tidak digunakan kembali. Jadi bagi yang ingin mengatasi laptop lemot, Anda bisa lakukan cara yang pertama ini. apabila di laptop Anda sudah ada banyak aplikasi di dalamnya bahkan aplikasi-aplikasinya juga banyak yang tidak digunakan, maka Anda perlu menghapusnya sekarang juga. Aplikasi yang banyak tentu akan membuat beban kerja laptop juga semakin tinggi.

Tidak hanya aplikasi saja, Anda juga perlu hapus file-file yang menurut Anda tidak digunakan lagi. Ini juga akan membuat kinerja laptop Anda akan membaik kembali dalam waktu yang singkat. Jika Anda ingin penghapusan file dan aplikasi yang Anda lakukan sudah benar bahkan tidak bersisa sedikitpun, maka Anda harus masuk ke drive c dulu. Kemudian, buka file explorer dan klik this pc serta buka direktori pc.

  1. Bersihkan Cache

Selain itu, Anda bisa lakukan cara mengatasi laptop lemot yang kedua yakni dengan membersihkan cache di dalamnya. Sama halnya seperti aplikasi dan file, chacke dan cookies yang ada di laptop Anda juga akan mengganggu performanya. Maka dari itu, rajinlah membersihkan cache secara berkala jika Anda ingin laptop yang digunakan bekerja dengan lancar dan lebih ringan.

Untuk caranya sendiri gampang sekali. Tinggal buka file manager saja kemudian klik kanan di gambar hard disk contohnya drive d kemudian klik properties, pilih tab general baru disk cleanup supaya bisa membersihkan semua cache yang menumpuk pada laptop Anda. Ini adalah salah satu cara mudah apabila Anda ingin mengatasi laptop Anda yang sudah lemot atau menurun performanya.

  1. Gunakan Antivirus

Ketiga, Anda bisa gunakan antivirus sebagai cara mengatasi laptop lemot yang ketiga.  Karena salah satu penyebab laptop menjadi lemot adalah dikarenakan adanya malware atau virus di dalamnya. karena itu, Anda bisa cegah penurunan performa pada laptop Anda dengan memasang aplikasi antivirus supaya terhindar dari berbagai serangan yang terjadi.

Anda juga harus cek secara rutin dan juga update antivirus yang Anda gunakan. Ini wajib dilakukan supaya laptop Anda bisa terhindar dari berbagai virus yang akan menyerang laptop Anda.

  1. Hanya Menggunakan Aplikasi yang Sesuai

Dan terakhir cara membersihkan laptop agar tidak lemot, gunakanlah aplikasi yang memang sesuai dengan tipe laptop Anda. Ketika Anda membeli sebuah laptop, pastinya Anda akan mengetahui spesifikasi dari laptop tersebut. Jadi Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan juga penggunan sehari-hari.

Itu dia beberapa cara mengatasi laptop lemot yang efektif dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pastikan Anda rawat laptop Anda dengan rutin suaya tidak mengalami kerusakan pada dan kinerjanya juga tetap awet.