3 Cara Mengetahui IP Address Orang Lain

Cara mengetahui IP address orang lain sebenarnya cukup mudah dilakukan oleh setiap orang.

Hanya perlu mengandalkan perangkat smartphone, kalian sudah bisa menggunakan beragam cara yang berbeda. Tentunya dengan langkah-langkah yang tepat dan bisa kalian pahami. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dahulu  ulasan informasi di bawah ini.

IP address merupakan bagian dari sekumpulan digit angka biner yang mana bisa terdiri atas 32 but hingga 126 bit. IP address atau biasa dikenal dengan Internet Protocol Address sendiri berguna untuk menyatakan alamat identifikasi dari setiap PC host di sebuah jaringan internet.

Ini berarti menunjukkan bahwa setiap perangkat  yang sudah terhubung internet pasti memiliki IP Address.

Lantas, apa manfaat jika kalian bisa mengetahui IP Address orang lain? Sebenarnya jika kalian bisa menguasai cara mengetahui IP Address orang lain, maka kalian bisa membantu pelacakan jika suatu saat dibutuhkan.

Bahkan sisi positifnya, jika suatu saat kalian kehilangan HP maka sudah bisa melacaknya sendiri, selain itu juga bisa melakukan pelacakan lokasi seseorang lho.

Yuk, Langsung Saja Simak Beberapa Cara Mengetahui IP Address Orang Lain

1. Menggunakan Aplikasi Termux

Cara pertama adalah menggunakan aplikasi termux yang mana sudah tersedia dalam Google Play Store. Langkah yang bisa dilakukan juga sangat mudah.

Adapun langkah yang pertama adalah dengan mendownload aplikasi Termux ini terlebih dahulu, kemudian lakukan penginstalan aplikasi ini pada HP. Jika sudah, lakukan komunikasi seperti chating kepada orang lain.

Orang lain di sini adalah orang yang ingin kalian ketahui nomor IP Addresnya. Karena dengan melakukan chatting bagik itu melalui via WhatsApp, Messenger, maupun Telegram kalian akan bisa melakukan cara mengetahui IP Address orang lain dengan mengandalkan aplikasi Termux ini.

Karena jika sudah maka kalian hanya perlu menuliskan kode perintah $ netstat-an atau $ netstat.

Jika kalian sudah melakukan semua tahapan di atas,  maka akan muncul secara otomatis IP Address orang lain yang mana sudah pernah melakukan komunikasi dengan kalian melalui chatting.

2. Menggunakan Situs Grabify

Selanjutnya, Cara mengetahui IP Address orang lain adalah menggunakan situs Grabify yang mana bisa kalian buka melalui platform Google Chrome yang ada pada Hp. Untuk mengunjunginya ketikan url https://grabify.link/ pada kolom pencarian dan tekan “Enter a Valid URL or Tracking Code” . Nah, di sini nanti kalian akan dibawa untuk membuat URL sendiri.

Jadi buatlah URL milik pribadi semenarik mungkin agar nantinya orang lain akan merasa tertarik untuk menekan URL yang kalian bagikan kini.

Jika sudah, membuat URL sendiri maka kalian bisa menekan “Creat URL” kemudian klik juga “I Agree and Create URL” maka kalian akan dibawa menuju halaman baru dan pilih “Change Domain/Make a Custom Link”.

Selanjutnya pilihlah domain mana yang paling terkenal dan tunggu hingga domain sudah terganti secara otomatis.

Langkah terakhir cara mengetahui IP address orang lain jika semua tahapan di atas sudah dilakukan, selanjutnya melakukan copy link dari URL yang sudah dibuat dan bagikan ke sosial media.

Jika sudah gunakan grabify dan tekan result maka IP Address akan muncul.

3. Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Siapa yang tidak menyangka bahwa untuk mengetahui IP address orang lain sebenarnya bisa dilakukan juga dengan mengandalkan aplikasi WhatsApp. Bahkan dengan cara ini kalian juga bisa melakukan pelacakan pada lokasi orang lain lho.

Namun cara kali ini tidak bisa dilakukan dengan mengandalkan Hp. Kalian butuh perangkat besar seperti laptop maupun sebuah PC.

Adapun cara mengetahui IP Address orang lain mengandalkan aplikasi WhatsApp bisa kalian mulai dengan membuka WhatsApp Web pada mesin pencarian. Jika sudah seperti ini, pastikan semua aplikasi di latar belakang yang sebelumnya sedang berjalan sudah ditutup.

Jadi tinggalkan saja browser yang bisa kalian gunakan untuk melakukan komunikasi chatting dengan target.

Jika sudah, maka kalian bisa memilih satu aplikasi berjalan dengan menekan “End Task” kemdudian bukalah menu CMD dengan menekan “Windows+R” dan ketikkan tulisan CMD.

Setelah ini kalian hanya perlu mengetikkan perintah netstat-an pada CMD dan tekan enter untuk menyudahinya. Karena di sini kalian bisa melihat lokasi sekaligus IP Address orang lain lho.

Cara mengetahui IP Address orang lain menggunakan WhatsApp ini sebenarnya sangatlah efektif dikarenakan bisa dilakukan tanpa membutuhkan bantuan dari aplikasi manapun.

Sebab kalian memanfaatkan WhatsApp Web dengan mengandalkan situs dari Google Chrome.

Nah, demikian beberapa cara mengetahui IP Address orang lain yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah dengan mencobanya satu persatu. Carilah cara mana yang menurut kalian mudah untuk dipahami dan juga mudah untuk dilakukan.

Namun jika kalian menggunakan cara terakhir yang mana mengandalkan aplikasi WhatsApp maka kalian juga bisa melakukan pelacakan lokasi bukan.