Cara mengetahui resolusi foto

2 Cara Mengetahui Resolusi Foto Dengan Mudah Dan Cepat

Setiap foto yang masih berbentuk digital memiliki ukuran resolusi. Resolusi foto dipengaruhi olehbanyak hal seperti perangkat yang digunakan juga pengaturan gambar. Cara mengetahui resolusi foto sebenarnya sangat mudah. Tetapi beberapa orang mungkin tidak mengetahuinya.

Terlebih, kebanyakan orang memahami resolusi foto dalam satuan mb atau kb. Padahal resolusi yang dimaksud memiliki satuan pixel atau px. Pixel sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk mengetahui jumlah titik pada foto.

Mengetahui resolusi dalam sebuah foto sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang menekuni dunia digital creatif. Sebab resolusi foto akan berpengaruh pada kualitas foto ketika di upload di sosial media atau dicetak untuk banyak keperluan.

Nah, foto yang memiliki resolusi besar berarti besar juga ukuran pixelnya. Foto yang memiliki ukuran besar akan semakin bagus, jelas, dan tajam. Sebaliknya, jika ukuran resolusinya rendah maka foto terlihat kurang bagus dan pecah.

Selain pada kualitas foto, ukuran resolusi juga berpengaruh pada proses editing foto, penyimpadan foto dan masih banyak lagi lainnya.

Cara mengetahui kualitas foto melalui resolusinya baik di android maupun di laptop mungkin sangat mudah bagi Sebagian orang yang sudah terbiasa dengan dunia grafis. Namun mengetahui resolusi foto bagi orang yang awam tentu sangat membingungkan.

Artikel dari revolusitekno.com akan membahas Langkah-langkah bagaiamana cara mengetahui resolusi foto. Kamu bisa membaca tutorial berikut sekaligus mempraktikkan supaya lebih mudah. Berikut ulasannya.

Cara mengetahui resolusi foto dengan mudah dan cepat

  1. Mengetahui resolusi foto di android

Cara mengetahui resolusi foto di android pada dasarnya sangat simple. Kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk mengetahui resolusi foto. Kamu hanya pertlu menggunakan aplikasi gallery atau foto di androidmu.

Selain aplikasi gallery atau foto kamu juga bisa mengetahui resolusi foto melalui aplikasi file manager.

Langkah yang pertama untuk mengetahui resolusi foto melalui  gallery hp yaitu dengan memilih foto yang ingin kamu cek resolusinya di galeri. Lalu tekan menu, atau biasanya berupa titik tiga di bagian atas atau bawah layah hp. Selanjutnya pilih details.

Setelah itu kamu bisa cek ukuran resolusi dengan melihat di bagian dimensi. Dimensi akan menampilkan Panjang dan lebar, missal Panjang dan lebarnya 100 x 150 berararti itu adalah ukuran resolusi foto.

Langkah yang kedua adalah dengan memanfaatkan aplikasi file manager atau file exploler. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk menyimpan file dari hp maupun memori eksternal.

Cara mengetahui resolusi foto dengan file manager yaitu dengan membuka file DCIM jika foto yang ingin kamu cek berasal dari hp kamu, seperti screen shoot, atau foto hasil jepretan kamera hp.

Setalah itu, pilih foto yang kamu ingin ketahui resolusinya, buka dan pilih ikon titik tiga atau menu yang tersedia di bagian atas atau bawah layah hp kamu. Setelah itu pilih rincian. Resolusi foto bisa diketahui dari rincian dimensi foto, jika dimensi Panjang dan lebar foto meunjukkan angka 100 x 150 berarti itulah ukuran resolusi foto kamu.

Yang harus kamu ketahui, setiap hp mungkin memiliki istilah berbeda untuk menunjukkan fungsinya. Maka pahamilah inti dari artikel ini dan sesuaikan dengan fitur yang tersedia di hp kamu.

  1. Mengetahui resolusi foto di laptop atau PC

Cara mengetahui resolusi foto di laptop sangat mudah. Cara yang pertama yaitu hanya dengan mengarahkan cursor ke foto yang ingin diketahui resolusinya. Hanya di arahkan saja ya, jangan sampai diklik.

Dengan begitu akan menampilkan tooltip yang menyajikan rician foto sederhana. Naah kamu bisa mengetahui type foto, ukuran dalam bentuk kb atau mb, dan juga dimensi foto yang merupakan resolusi foto itu sendiri.

Cara mengetahui resolusi foto yang lebih mendetail juga bisa kamu lakukan dengan mengklik foto. Lalu klik kanan pada foto yang dipilih. Kemudian cari dan properties dan klik.

Pada bagian atas tersedia pilihan berupa general, security. Details, dan previous version, kamu hanya perlu pilih dan klik details. Selanjutnya cek pada bagian dimensi. Nah, kamu bisa melihat keseluruhan dimensi baik weight maupun hight atau tinggi dan lebar foto.

Jika pada dimensi tertera 150 x200 maka itulah resolusi yang dimiliki foto kamu.

Itulah beberapa cara mengetahui resolusi foto baik melalui hp maupun laptop dan pc. Sangat mudah bukan? Bahkan jika kamu mempraktikkan, kamu hanya membutuhkan waktu bwbweapa detik saja, loh!

Kamu bahkan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Tinggal menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh hp atau laptop kamu. Sekarang kamu sudah mengetahui cara mengetahui resolusi dalam foto kamu. Semoga artikel ini bermanfaat memecahkan masalahmu, selamat mencoba!