Ternyata Ini 5 Fungsi NFC Pada HP Keluaran Terbaru

Jika Anda termasuk salah seorang yang suka mengamat fitur-fitur terbaru pada hp, pasti Anda tidak asing lagi denga NFC. NFC adalah salah satu fitur yang kini disematkan pada banyak produk hp baru.

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang memungkinkan smartphone Anda bisa melakukan interaksi dengan perangkat elektronik yang ada di dekatnya.

NFC tidak terhubung WIFI atau sinyal yang lain jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki internet ataupun sinyal saat itu. Jika Anda ingin mengenal fungsi NFC pada Hp, Anda bisa simak terus ulasan di bawah ini.

5 Fungsi NFC Pada HP yang Wajib Anda Ketahui

Pada awalnya, banyak orang menganggap jika NFC adalah fitur di smartphone yang kegunannya hanya untuk mengecek jumlah uang di e-money atau electronik money.

Padahal fungsi NFC pada HP lebih dari itu. Ada banyak sekali manfaat atau fungsi dari fitur satu ini. NFC sendiri adalah fitur terbaru yang memakai radio frekuensi pada saat melakukan transfer data.

Karena itu, NFC tidak membutuhkan WIFI atau LTE. Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui apa saja sih fungsi dari NFC yang ada dalam smartphone android, berikut diantaranya:

  1. Berbagi Data Menggunakan Android Beam

Pertama, Anda bisa gunakan NFC pada saat hendak berbagi data dengan menggunakan android beam. Jadi untuk Anda para pengguna smartphone android yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC di dalamnya.

fitur ini akan membantu Anda berbagi data termasuk berbagi kontak yang ada di ponsel Anda dengan perangkat lain yang ada di dekat Anda. Ini adalah teknologi baru yang cukup menyenangkan sebab daya yang dibutuhkan sedikit.

Bahkan bisa dibilang jika daya yang dibtuuhkan tidak ada. Jika Anda ingin berbagi data, Anda hanya perlu memilih android beam pada saat melakukan pengiriman.

  1. Transaksi Pembayaran

Selain itu, Anda juga bisa gunakan NFC pada saat melakukan pembayaran. Tapi jika Anda ingin menggunakna NFC sebagai salah satu alat pembayaran, pastinya Anda harus memiliki aplikasi pembayarannya dulu yang berasal dari google.

👉 TRENDING:  Ribet Nyatet? Simak Review Aplikasi Buku Kas Terbaru

5 Fungsi NFC Pada HP Untuk Transaksi Pembayaran

Biasanya sudah ada aplikasi bawaah pada smartphone. Anda harus melakukan pemindaian terlebih dahulu dengan cara mendekatkan smartphone Anda ke perangkat pembayaran baru kemudian menekan tombol bayar.

  1. Membagikan Gambar Atau Video

Fungsi NFC pada hp yang ketiga adalah membagikan gambar atau video. Jadi jika Anda ingin mengirim foto atau gambar, Anda bisa gunakan fitur satu ini. Anda bisa bagikan gambar yang ada di ponsel Anda dengan perangkat lain.

caranya sendiri sangat mudah, Anda hanya perlu menempatkan punggung kedua perangkat secara bersamaan baru kmudian klik send atau kirim setelah diminta.

  1. Membagikan Aplikasi

Fungsi keempat yang membuat NFC ini sangat diminati para pengguna smartphone android adalah bisa digunakan untuk membagikan aplikasi. Anda memang tidak bisa mengirimkan aplikasi langsung ke perangkat orang lain.

Tapi pada saat anda membuka aplikasi kemudian menyentuhkan ponsek secara bersamaan, Anda bisa arahkan untuk membuka aplikasi playstore dan mereka bisa melakukan pengunduhan dan pemasangan sendiri.

Jika di ponsel lain sudah terdapat aplikasi yang diinstall, Anda bisa buka dan kirimkan dari ponsel Anda.

  1. Membuka pintu

Dan fungsi NFC pada hp yang terakhir adalah bisa digunakan untuk membuka pintu. Jika di kantor Anda sudah menggunakan sistem kartu pada saat membuka pintu, itu artinya Anda juga bisa gunakan NFC ini.

Anda bisa simpan data pada kartu Anda di NFC sehingga Anda tidak perlu lagi bawa kartu apapun pada saat hendak membuka pintu. Fitur NFC pada hp tentu saja membuat orang-orang semakin mudah dalam menjalankan kegiatan atau aktivitasnya.

Selama Anda mengetahui caranya, selama itu pula Anda akan merasakan manfaat dari fitur terbaru ini.

Nah, untuk Anda yang sudah mengetahui apa saja fungsi NFC pada hp, tentu Anda akan bertanya-tanya apakah fitur ini aman. sebenarnya NFC tidak memiliki pengaman lebih.

👉 TRENDING:  3 Aplikasi Like IG Wajib Dicoba, AUTO SELEB

Jadi Anda tetap harus waspada pada saat menggunakan fitur ini. jika Anda waspada, tentu Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat dibandingkan resikonya.