Advertisements
Penyebab Hp Mati Sendiri

Beberapa Penyebab Hp Mati Sendiri dan Cara Mudah Mengatasinya

Advertisements

Hampir setiap orang sekarang ini memiliki hp. Sayangnya, terkadang perangkat tersebut tiba-tiba mati sendiri tanpa tahu penyebabnya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari dahulu seperti penyebab hp mati sendiri beserta cara mengatasinya dengan mudah.

Apa Saja Penyebab Hp Mati Sendiri?

Kondisi hp yang tiba-tiba mati sendiri tentu sangat memusingkan kebanyakan orang. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebabnya dan cara mengatasi layar hp mati hidup sendiri. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengatasinya sesuai penyebabnya. Berikut beberapa penyebab tersebut:

  1. File Sampah Berlebihan

Penyebab Hp Mati Sendiri Karena File Sampah Berlebihan

Saat hp mati dengan sendirinya timbuk pertanyaan, kenapa hp samsung tiba tiba mati?, bisa saja hal ini terjadi karena file sampah yang berlebihan. Dengan kata lain hp tersebut terlalu banyak menyimpan cache. Tentu saja apabila keberadaannya menumpuk dapat memberatkan kinerja hp sehingga bisa mati tiba-tiba. Terlebih cache tersebut juga dapat memenuhi RAM.

Hal tersebut bahkan tetap bisa saja terjadi meski baterai hp masih dalam keadaan penuh. Adapun ciri-cirinya adalah hp akan terasa berat dan lemot saat Anda gunakan karena sistemnya bekerja lebih keras dari biasanya. Oleh sebab itu, penting untuk menghapus file cache secara berkala.

  1. Baterai Drop

Penyebab Hp Mati Sendiri Karena Baterai Drop

Saat hp mendadak mati sendiri, kemungkinan besar hal ini terjadi karena kondisi baterai sedang drop. Hal ini umumnya terjadi pada ponsel sudah terlalu lama usianya. Tidak heran jika persentase baterainya lebih cepat menurun meski tidak melakukan aktivitas berat sekalipun.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk segera mengganti baterainya. Berbeda ketika hp memang dalam keadaan sehat, maka tentu Anda hanya perlu mengisi dayanya kembali saja dalam beberapa jam. Dengan begitu, secara otomatis perangkat tersebut akan dapat berguna kembali.

  1. Mengalami Overheat

Penyebab Hp Mati Sendiri Karena Mengalami Overheat

Penyebab lainnya yang dapat menjadikan hp mati secara tiba-tiba adalah mengalami overhead. Yakni perangkat tersebut terasa sangat panes karena bekerja terlalu berat. Hal ini tentu secara otomatis terjadi demi menghindari adanya kerusakan baik pada perangkat lunak atau kerasnya.

Hal tersebut bahkan tetap bisa saja terjadi meski baterai dalam keadaan penuh sekalipun. Adapun suhu normal hp dapat menjalankan program atau aplikasi berat adalah 40 derajat Celcius. Apabila ternyata lebih dari suhu tersebut maka mengalami overheat sehingga dapat mati mendadak.

  1. Sistem Aplikasi Rusak

Sistem aplikasi yang rusak juga dapat menyebabkan hp mati dengan sendirinya tanpa Anda duga sebelumnya. Tidak heran jika seringkali terdapat permintaan pembaruan software atau perangkat lunak secara berkala pada smatphone. Proses update ini sendiri berguna untuk memperbaiki bug firmware.

Bug firmware ini sendiri dapat menjadikan perangkat lebih lemot saat Anda gunakan. Tidak hanya itu, hp juga akan terkuras daya baterainya dengan lebih cepat sehingga menyebabkan ketidakstabilan pada sistem perangkat. Hal ini terjadi berupa seringnya hp nyala dan mati atau aplikasi terhenti.

  1. RAM dan Chipset Overload

Hal lain yang bisa menjadi penyebab hp mati adalah RAM dan chipset overload. Apabila hal tersebut terjadi dalam jangka panjang maka dapat menyebabkan hp mati secara tiba-tiba. Umumnya, hal ini akan terjadi pada gamer karena sering memakai aplikasi berat.

Tidak heran jika hp akan lebih mudah panas sehingga dapat merusak beberapa fungsi komponen di dalamnya. Hal itulah yang menjadi penyebab utama mengapa hp bisa mati dengan sendirinya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghindari penggunaan aplikasi berat dalam kurun waktu lama.

  1. Efek Samping Root

Penyebab Hp Mati Sendiri Karena Efek Samping Root

Terkadang seseorang ingin melakukan root dengan tujuan agar lebih mudah dalam mengakses seluruh sistem ponsel yang sebelumnya cukup terbatas. Akan tetapi, hal tersebut juga bisa menyebabkan efek samping. Tidak heran jika dapat menjadikan perangkat mati sendiri secara tiba-tiba.

Tindakan root ini sendiri memang tidak jauh berbeda dengan mengubah sistem perangkat lunak secara paksa. Terlebih, apabila Anda melakukan kesalahan dalam proses rooting tersebut maka tentu akan membahayakan smartphone sehingga bisa mati otomatis.

  1. Terjatuh ke Dalam Air

Apakah hp Anda sering terjatuh ke dalam air? Jika iya, maka kondisi tersebut bisa jadi penyebab hp mati dengan sendirinya sehingga cukup sulit untuk menyala kembali. Pasalnya, air yang tertinggal di dalam perangkat tersebut dapat menyebabkan konslet.

Tidak hanya itu, hal ini juga bisa saja merusak komponen di dalam hp sehingga tidak dapat menyala kembali. Terlebih, tidak jarang seseorang mengalami hal tersebut sehingga perlu segera mengatasinya. Yakni dengan mengeringkan air memakai lap kering dan melepas semua komponennya.

  1. Terdapat Komponen Rusak

Selain beberapa hal di atas, penyebab lainnya adalah adanya komponen rusak pada hp. Tidak heran jika menjadikan perangkat tersebut mati dengan sendirinya. Adapun contoh yang paling sering terjadi adalah tombol power rusak sehingga sulit untuk menghidupkan atau mematikan hp.

Terlebih, kebanyakan smartphone memiliki rancangan untuk memulai ulang setelah menahan power dalam waktu 8-10 detik. Apabila tidak berhasil, maka tentu saja tombol tersebut bisa rusak. Tidak heran jika dapat menyebabkan hp mati secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Hp yang Mati Tiba-tiba

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab hp mati sendiri di atas, maka sangat penting juga untuk memahami bagaimana cara mengatasinya. Oleh sebab itu, pastikan menyimak ulasan lengkapnya pada penjelasan di bawah ini:

Melakukan Kalibrasi Baterai

Penyebab Hp Mati Sendiri Karena Melakukan Kalibrasi Baterai

Untuk mengatasi hp yang mati secara tiba-tiba, maka Anda bisa mengatasinya dengan melakukan kalibrasi baterai. Hal tersebut dapat Anda lakukan apabila indikator baterai dalam keadaan eror. Untuk itu, pahami langkah mengatasinya di bawah ini:

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengosongkan baterai dahulu
  • Tunggu sampai hp benar-benar mati
  • Cobalah untuk menghidupkan hp tersebut kembali
  • Jika sudah, gunakan hp sampai baterai habis yakni 0%
  • Ketika hp sudah mati, maka charger sampai penuh yakni 100%
  • Kemudian hidupkan baterai tersebut kembali
  • Gunakan lagi sampai baterai habis
  • Saat hp mati, charger hingga penuh yakni 100%
  • Hidupkan hp kembali
  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih menu Pengaturan Perawatan Perangkat
  • Tekan menu Baterai
  • Tekan menu Penggunaan Baterai
  • Selesai

Mengatasi Saat Suhu Meningkat

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa penyebab hp mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi secara tiba-tiba saat suhunya terlalu panas. Hal tersebut umumnya dapat Anda atasi dengan mudah. Tidak lain yakni dengan membekukan aplikasi dahulu. Agar lebih jelas, simak beberapa cara mengatasinya di bawah ini:

  • Memakai mode hemat daya
  • Mematikan GPS, Bluetootch, dan Wifi
  • Menurunkan kecerahan layar hp
  • Hindari menggunakan hp saat mengisi baterai
  • Pastikan menutup seluruh aplikasi yang terbuka secara bersamaan
  • Pakai hp tersebut di lokasi sejuk dan teduh
  • Istirahatkan hp dalam beberapa waktu setelah memakainya

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa penyebab hp mati sendiri. Pastikan Anda mencari tahu dahulu apa saja penyebabnya. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengatasinya segera agar nantinya perangkat tersebut tidak mudah mati lagi saat menggunakannya padahal baterai masih penuh.