Advertisements
4 Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Bisnis Online

4 Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Bisnis Online

Advertisements

Jika Anda memiliki pola pikir kewirausahaan, ada banyak jenis bisnis yang dapat Anda mulai dan banyak model bisnis yang berbeda untuk diikuti. Meskipun banyak bisnis tradisional yang bisa menjadi pilihan, tetapi ada beberapa alasan mengapa memulai dan memiliki bisnis online sangat menarik.

Mari kita lihat empat alasan mengapa anda harus memulai bisnis online yang mungkin meyakinkan Anda bahwa bisnis online sangat ideal untuk Anda.

1. Jangkauan Eksponensial

Tidak seperti bisnis lokal, bisnis online memungkinkan Anda menjangkau pelanggan di seluruh dunia, bahkan dengan operasional bisnis yang kecil. Bisnis satu orang dapat memanfaatkan internet agar pelanggan tersebar di semua tempat.

Perbedaannya dapat terlihat pada apa yang diperlukan agar bisnis berhasil. Misalnya, jika Anda sangat ahli dalam kerajinan tangan, mungkin Anda telah mempertimbangkan untuk membuka toko kecil di kota asal Anda untuk menjual barang-barang buatan Anda. Anda tidak hanya akan memiliki banyak pengeluaran dari menyewakan etalase, tetapi basis pelanggan Anda juga akan terbatas pada orang-orang di area lokal Anda.

Jika Anda berada di kota kecil, mungkin tidak ada cukup minat atau lalu lintas pejalan kaki untuk mendukung toko Anda.

Tetapi Anda dapat membuat bisnis online yang menjual kerajinan yang sama dan menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Anda dapat membuat situs e-niaga Anda sendiri, menjual di platform utama seperti shopee dan tokopedia. Anda akan mendapatkan keuntungan dengan dapat menjual produk Anda kepada orang-orang di mana saja.

2. Fleksibilitas

Menjalankan bisnis online menawarkan lebih banyak fleksibilitas, dibandingkan dengan bisnis lokal tradisional. Tentu saja, spesifikasinya akan bergantung pada faktor-faktor seperti model bisnis yang Anda ikuti dan ukuran bisnis Anda, tetapi secara umum, bisnis online menawarkan banyak fleksibilitas atas hal-hal seperti kapan dan di mana Anda bekerja.

👉 TRENDING:  Hal yang Wajib Diketahui Tentang Trading Forex Autopilot

Sebagian besar pengusaha online dapat mengatur jam kerja mereka sendiri dan bekerja saat itu nyaman bagi mereka. Bahkan jika Anda bekerja dengan jumlah jam yang sama, dapat memilih kapan Anda bekerja pada jam tersebut bisa menjadi keuntungan besar.

3. Pengeluaran Rendah

Beberapa jenis bisnis online memiliki pengeluaran yang sangat rendah dan biaya awal yang sangat rendah. Misalnya, Anda dapat memulai blog dengan pengeluaran kurang dari 1JT, yang akan Anda gunakan untuk mendaftarkan nama domain dan membayar hosting web. Blogging juga bukan satu-satunya pilihan. Ada banyak jenis bisnis online yang tidak membutuhkan banyak investasi.

Di sisi lain, sebagian besar bisnis tradisional akan membutuhkan investasi yang signifikan. Tertarik untuk memulai sebuah restoran? Anda akan memiliki pengeluaran besar untuk hal-hal seperti oven, furnitur, dekorasi, menu, pemasaran, piring, gaji karyawan, asuransi, dan banyak lagi.

4. Potensi Pasif Income

“Penghasilan pasif” adalah istilah yang banyak dilontarkan di dunia bisnis online. Pada kenyataannya, banyak dari apa yang sering disebut sebagai pendapatan pasif sebenarnya tidak begitu pasif sama sekali. Namun, ada beberapa model bisnis yang menawarkan potensi pendapatan pasif sejati.

Meskipun ada banyak pilihan bagi pengusaha, seperti yang telah kami bahas dalam artikel ini, argumen untuk bisnis online cukup menarik. Tidak hanya akan memberi Anda potensi untuk menumbuhkan bisnis yang berkembang dan menguntungkan, tetapi dengan memulai bisnis online Anda juga akan memiliki fleksibilitas untuk menikmati keseimbangan kehidupan kerja yang sehat.