Advertisements
4 Tips Merawat Laptop Yang Baik Dan Benar
Gambar: YT CreatedTech

4 Tips Merawat Laptop Yang Baik Dan Benar

Advertisements

Menjadi salah satu peralatan utama penggunaan sehari-hari bagi para karyawan dan mahasiswa yang tak terhitung jumlahnya, laptop hadir di lingkungan kerja, belajar, atau hiburan. Mudah dibawa dan dengan ukuran yang portabel, memiliki fitur unik dalam kepraktisan, selain konfigurasi yang mampu memenuhi berbagai jenis kebutuhan. Tetapi Anda perlu mengikuti beberapa tindakan pencegahan yaitu 4 tips merawat laptop yang baik dan benar untuk selalu menjaga mesin laptop dalam kondisi baik.

Jangan pernah menginstal program dari sumber yang tidak dikenal, Laptop mungkin mengalami masalah serius jika kamu menginstal program yang terkena virus atau malware.

Sebaiknya hindari juga jaringan Wi-Fi terbuka, karena jaringan tersebut terpapar dengan perangkat lunak yang membawa risiko atau bahkan kemungkinan bahaya bagi pengguna.

Hindari menggunakan laptop di pangkuan, Banyak orang suka menonton film menggunakan laptop disangga di atas bantal atau bahkan bekerja sambil duduk di tempat tidur dengan perangkat di pangkuan mereka.

Terlepas dari kenyamanan yang tampak, sikap ini tidak disarankan, karena dapat membahayakan kesehatan pengguna dan dapat merusak beberapa bagian laptop. Dalam kasus pertama, sakit punggung bisa terjadi. Bagaimanapun, sulit untuk menjaga tulang belakang Anda tetap lurus saat duduk di tempat tidur.

Dalam kasus notebook, saat diletakkan di atas bantal atau kasur, kipas mungkin mengalami kesulitan berputar, yang berdampak langsung pada pemanasan mesin.

Rutinitas pembersihan debu, Laptop layak mendapatkan perawatan khusus. Mengetahui bahwa penumpukan debu dan kotoran sering terjadi, tidak ada yang lebih baik dari pembersihan rutin baik di dalam maupun di luar.

Prioritaskan tempat-tempat dengan akumulasi debu terbesar, seperti keyboard, layar, dan ventilasi udara. Jika kamu tidak mempertahankan rutinitas ini, kemungkinan daya kerja laptop akan melambat dan peningkatan panas akan sering terjadi karena penumpukan debu di kipas laptop.

👉 TRENDING:  Layar Laptop Bergaris Ketahui Penyebab Masalah dan Cara Memperbaikinya

Simpan di tempat yang bersih dan aman, Sebagai peralatan dengan bagian yang sangat sensitif, laptop harus selalu disimpan di lingkungan dengan ventilasi yang baik, kelembaban rendah, dan suhu yang memadai.

Jauhkan selalu laptop dari peralatan listrik lainnya karena dapat menghasilkan medan magnet yang kuat. Contohnya adalah motor atau speaker. Hindari paparan sinar matahari dan jangan pernah membawa laptop dalam keadaan menyala, karena hard disk mesin terus bekerja dan gerakan tiba-tiba saat disimpan di tas dapat memberi tekanan pada bagian tersebut, yang bisa membuat hard disk rusak.