Advertisements

Layar Laptop Bergaris Ketahui Penyebab Masalah dan Cara Memperbaikinya

Advertisements

Laptop umumnya lebih rentan terhadap masalah yang berkaitan dengan layar mereka dari pada komputer desktop. Karena itu, beberapa pengguna laptop terkadang menemukan bahwa ada satu atau lebih garis vertikal di layar laptop mereka. Tidak seperti monitor komputer desktop, layar laptop sebenarnya adalah bagian dari tubuhnya, itulah sebabnya masalah ini bisa menjadi akar dari banyak masalah. Garis vertikal pada layar laptop kamu dapat disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau masalah perangkat keras. Namun, jangan takut karena ada kemungkinan besar kamu akan dapat memperbaiki layar laptop bergaris sendiri terlepas dari apakah itu disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau masalah perangkat keras.

Cara mengetahui penyebab layar monitor bergaris garis apakah masalahnya terkait perangkat lunak atau perangkat keras:

Sebelum kamu benar-benar mengambil tindakan apa pun untuk memperbaiki garis vertikal di layar laptop kamu, kamu perlu menentukan apakah masalahnya terkait perangkat lunak atau perangkat keras. Untungnya bagi semua pengguna laptop yang melihat layar laptop bergaris warna warni mereka, ini cukup mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah me – restart laptop kamu dan, pada layar pertama yang kamu lihat, tekan tombol khusus yang membawa kamu ke pengaturan BIOS komputer kamu. Kunci ini tergantung pada pabrikan laptop kamu dan dapat ditemukan tidak hanya di manual pengguna laptop kamu, tetapi juga di layar pertama yang kamu lihat saat komputer kamu boot.

Karena BIOS laptop kamu secara teknis bukan bagian dari Sistem Operasinya, jika masalahnya terkait dengan perangkat lunak, kamu tidak akan melihat garis vertikal apa pun di layar laptop saat kamu berada di BIOS. Namun, jika kamu melihat garis vertikal di layar laptop saat berada di BIOS-nya, masalahnya terkait perangkat keras.

Bagaimana cara memperbaiki layar laptop bergaris jika terkait dengan perangkat lunak

Jika kamu menentukan bahwa masalahnya terkait dengan perangkat lunak, kemungkinan besar penyebabnya adalah driver tampilan yang tidak kompatibel atau usang . Untungnya, jika itu masalahnya, memperbaiki masalah akan cukup mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Kunjungi situs web resmi produsen motherboard atau kartu grafis laptop kamu.
  2. Navigasikan ke halaman Dukungan/Unduhan situs web.
  3. Cari semua driver yang tersedia untuk laptop kamu.
  4. Unduh versi terbaru dari driver tampilan laptop kamu.
  5. Instal driver tampilan.
  6. Restart laptop kita. Periksa apakah masalah telah terpecahkan setelah laptop boot.

Bagaimana cara memperbaiki layar lcd laptop bergaris jika itu terkait dengan perangkat keras

Jika kamu menentukan bahwa masalahnya terkait dengan perangkat keras, ada beberapa cara yang dapat Kamu gunakan untuk mencoba dan memperbaiki masalah tersebut, tetapi keduanya mengharuskan Kamu untuk membuka laptop dengan melepas pelat mukanya. Pelat muka laptop cukup mudah dilepas dan, setelah dilepas, memberikan akses ke layar laptop. Untuk melepaskan pelat muka laptop, cari benda seperti spons yang lembut, kecil, melingkar, berwarna hitam di bezel layar. Lepaskan elemen seperti spons ini, dan kamu akan membuka sekrup. Buka semua sekrup yang kamu temukan, sisihkan (sebaiknya di tempat yang aman) dan kemudian cungkil pelat muka secara perlahan dari badan laptop. Pastikan kamu ekstra hati-hati dan lembut saat membongkar pelat muka agar tidak merusak bagian laptop yang rapuh.

Metode 1: Buka laptop dan copa perbaiki layar laotop

Lepaskan pelat muka laptop dan hanya mengotak-atiknya untuk melihat apakah kamu dapat menemukan masalahnya. Berikan tekanan pada atau hilangkan tekanan dari titik-titik tertentu di sekitar layar, terutama yang berada di atas dan di bawah garis vertikal untuk melihat apakah kamu dapat menemukan akar masalahnya. Jika memberikan tekanan pada atau menghilangkan tekanan dari titik-titik tertentu di sekitar layar menghilangkan garis vertikal, buatlah solusi yang lebih permanen seperti menempatkan selembar karton tebal di bawah titik yang perlu diberi tekanan atau di bawah titik tersebut. yang perlu memiliki tekanan lega dari itu.

Metode 2: Ganti kabel pita laptop

Jika kamu tidak dapat mengetahui apa yang menyebabkan masalah dengan menggunakan Metode 1 , kemungkinan besar masalahnya adalah kabel pita yang menghubungkan layar laptop kamu ke motherboardnya . Lama kelamaan kabel ini bisa menjadi aus bahkan retak (terutama di bagian engsel karena laptop dibuka-tutup), sehingga muncul garis-garis di layar. Kabel pita pengganti tidak akan dikenakan biaya lebih dari 250 ribu dan dapat dengan mudah dipasang.

Yang perlu kamu lakukan adalah melepas pelat muka laptop, lepaskan kabel pita lama dan ganti dengan yang baru. Dalam kebanyakan kasus, salah satu ujung kabel pita masuk ke port di layar laptop dan satu lagi masuk ke port di motherboard. Dalam beberapa kasus, mungkin juga ada ujung ketiga dari kabel pita yang masuk ke inverter laptop. Pastikan kamu benar-benar menghapus semua sumber daya laptop sebelum memulai prosedur ini. Setelah selesai, tutup laptop, sambungkan kembali ke sumber daya dan boot untuk melihat apakah masalahnya telah diperbaiki.

Jika tidak ada metode yang tercantum dan dijelaskan di atas yang sesuai untuk kamu, sebaiknya kamu memeriksa dan memperbaiki laptop kamu secara profesional, terutama jika masih dalam garansi.

Kata Kunci
memperbaiki lcd laptop kusam -