Advertisements
Website dan Software Sharing File Terbaik, Aman dan Gratis

6 Website dan Software Sharing File Aman dan Gratis

Advertisements

Perlu mengirim atau sharing file penting ke seseorang? Pilih platform atau website sharing file yang aman, sehingga kerahasiaan file dan data tetap aman dari pencurian. Berikut artikel yang akan membahas website dan software sharing file secara online, aman dan gratis yang bisa kamu coba.

Sharing file lebih mudah dari sebelumnya. Kemampuan sharing file akan bergantung pada ukuran file, layanan cloud, atau utilitas perangkat lunak yang Anda gunakan. Apa pun jenis file yang Anda miliki, sekarang Anda dapat membagikannya dengan siapa saja di seluruh dunia.

Berikut adalah beberapa opsi website sharing file terbaik yang harus Anda gunakan untuk memastikan transfer dan sharing file tetap aman.

Daftar Website dan Software File Sharing

Perhatikan bahwa Anda dapat memilih untuk berbagi file melalui layanan cloud atau jaringan peer-to-peer menggunakan utilitas perangkat lunak.

  • Dropbox

Dropbox adalah opsi penyimpanan cloud yang ideal untuk bisnis yang menginginkan kenyamanan kolaborasi yang mudah dengan keamanan terdepan di industri cloud. Meskipun Dropbox tidak menawarkan enkripsi, Dropbox tetap menjaga kerahasiaan data Anda.

  • OnionShare

OnionShare adalah software yang memungkinkan Anda memanfaatkan berbagi file peer-to-peer untuk mentransfer file secara aman langsung ke komputer penerima.

Dengan bantuan OnionShare, Anda tidak perlu bergantung pada layanan pihak ketiga mana pun. Transfer akan bekerja dengan sempurna jika koneksi internet pengirim dan penerima tetap aktif.

Untuk meningkatkannya, OnionShare juga menggunakan jaringan Tor untuk memastikan aktivitas berbagi file tetap pribadi dan anonim. Meskipun demikian, kecepatan transfernya memuaskan. Anda selanjutnya mendapatkan fitur obrolan anonim bersama dengan kemampuan untuk berbagi file. OnionShare tersedia untuk Windows, macOS, dan Linux.

  • Wormhole

Jika Anda tidak menyukai cara sharing file peer-to-peer, Anda dapat memilih website berbasis cloud. Wormhole adalah opsi berbagi file berbasis web yang menarik yang menawarkan enkripsi.

Dengan kata lain, saat Anda mengunggah file ke layanan mereka, hanya Anda dan penerima yang dapat mengakses file tersebut. Ini juga memastikan bahwa bahkan penyedia layanan (Wormhole di sini) tidak dapat mengakses file yang Anda bagikan.

Anda tidak perlu membuat akun untuk mengunggah file, yang memberi Anda pengalaman anonim. Tidak seperti alat lainnya, Wormhole memungkinkan Anda berbagi file secara instan segera setelah Anda mulai mengunggahnya.

Penerima dapat mulai mengunduh file bahkan jika unggahan sedang berlangsung, yang seharusnya membuat transfer cepat. Tautan bersama kedaluwarsa setelah 24 jam secara otomatis, tetapi Anda dapat mengubah waktu kedaluwarsa dan membatasi unduhan sebelum tautan kedaluwarsa.

Wormhole juga memungkinkan Anda berbagi menggunakan Kode QR. Namun, kapasitas batas file hanya 10GB tentu tidak buruk, mengingat ini adalah layanan gratis tanpa opsi berbayar. Meskipun ini bisa menjadi solusi bagi banyak orang, ini mungkin tidak cocok untuk pengguna bisnis.

  • Mega

Mega adalah salah satu opsi penyimpanan cloud paling aman. Mengingat mega mendukung sistem enkripsi, Anda dapat dengan mudah mengunggah file apa pun ke akun Anda dan kemudian membagikannya. Tidak hanya sebatas keamanan, Anda juga mendapatkan beberapa opsi kolaborasi seperti chat. Sangat cocok untuk berkolaborasi dan berbagi file secara bersamaan tanpa mengkhawatirkan keamanan transfer file.

Anda dapat memilih untuk menambahkan kontak apa pun secara manual atau membagikan kontak Anda melalui kode QR agar orang lain dapat mengirimkan permintaan kepada Anda. Dengan cara ini, Anda dapat berbagi dengan orang-orang tertentu tanpa orang asing mendapatkan tautan ke file tersebut.

  • DocSend

DocSend adalah layanan premium yang memungkinkan Anda berbagi lampiran dengan mudah dengan kontrol realtime.

Misalnya, meskipun Anda telah berhasil mengunggah file, Anda dapat memperbaruinya ke versi yang lebih baru. Selain fitur menarik itu, ini juga memungkinkan Anda mengontrol akses ke file dan memverifikasi identitas penerima menggunakan otentikasi email. Ini menawarkan integrasi Gmail dan Outlook.

Anda dapat menggunakan layana cloud ini secara gratis, tetapi Anda harus memilih paket berbayar untuk terus menggunakan layanan ini.

  • Tresorit

Tresorit adalah layanan penyimpanan cloud aman berbasis di Swiss yang memungkinkan Anda berbagi file dan berkolaborasi seaman mungkin.

Mirip dengan Mega, Tresorit menawarkan enkripsi peer to peer. Tetapi Tresorit tidak menawarkan paket gratis untuk penyimpanan cloud. Namun, jika Anda ingin berbagi file dengan aman, mereka menyediakan layanan Tresorit Send gratis yang memungkinkan Anda mengunggah file hingga ukuran 5GB dengan enkripsi peer to peer dan opsi tambahan untuk mengelola file dan tautan bersama Anda.

Jika Anda menginginkan kenyamanan penyimpanan cloud dan keamanan terbaik untuk berbagi file, Tresorit tidak diragukan lagi salah satu opsi paling menarik untuk digunakan.