Advertisements
Cara Mengatasi Instagram yang Tidak Bisa Dibuka (Error) di Android dan iPhone

Cara Mengatasi Instagram yang Tidak Bisa Dibuka (Error) di Android dan iPhone

Advertisements

Jika Instagram tidak tidak bisa dibuka, ada banyak penyebab potensial, setiap masalah pada aplikasi memiliki metode pemecahan masalah tersendiri.

Langkah paling umum cara mengatasi instagram yang tidak bisa dibuka di android dan iphone adalah membuka ulang aplikasi atau restart hp Anda, coba lihat apakah layanan Instagram sedang down atau mencoba aplikasi di perangkat lain.

Instagram adalah salah satu lima platform media sosial dengan pengguna terbanyak dengan lebih dari satu miliar pengguna. Instagram memiliki banyak fungsi seperti berbagi foto secara online. Hal inilah yang membuatnya Anda akan frustasi jika Instagram tidak berfungsi dengan baik. Berikut cara mengatasi instagram yang tidak bisa dibuka (Error) di Android dan iPhone.

Restart Aplikasi dan HP

Jika aplikasi tidak bekerja semestinya di hp Anda, langkah pertama yang harus Anda lakukan selalu restart ulang sistem untuk menghapus memori atau file cache yang rusak.

Pertama-tama coba tutup aplikasi Instagram lalu jalankan Instagram lagi. Jika masalah berlanjut, matikan hp Android atau matikan iPhone Anda dan mulai ulang (Restart). Kemudian coba buka aplikasi Instagram lagi.

Perbarui Aplikasi Instagram

Jika Anda sudah lama tidak memperbarui aplikasi instagram hal ini bisa menjadi penyebab aplikasi instagram eror, Instagram mungkin bekerja tidak semestinya hanya karena aplikasi tersebut belum diperbarui. Sebaiknya biarkan pembaruan otomatis diaktifkan, tetapi jika Anda perlu memastikan secara manual bahwa Anda telah menginstal versi terbaru Instagram, Anda dapat mengaktifkan pembaruan otomatis di iPhone atau memperbarui aplikasi di hp Android Anda.

Buka Instagram Di browser

Setelah mencoba beberapa cara diatas dan masalah masih belum teratasi, mungkin ada baiknya untuk melihat apakah Instagram berfungsi di prangkat berbeda.

👉 TRENDING:  Cara Membuat Filter Rambut Botak (Bald Man) Untuk Instagram Dan Tiktok. Sedang Viral!

Anda dapat bertanya kepada teman apakah Instagram berfungsi untuk mereka, atau coba jalankan Instagram di perangkat lain seperti di browser di komputer desktop. Jika Anda sudah menggunakannya di browser dan tidak memiliki perangkat lain yang tersedia, Anda dapat mencoba browser lain, seperti Firefox dan Chrome.

Hapus Cache

Jika Instagram berfungsi untuk orang lain atau Anda dapat mengakses Instagram di browser tetapi tidak di hp Anda, sepertinya Anda memiliki masalah dengan cache, mungkin ada beberapa data yang rusak.

Jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda cukup menghapus cache. Langkah-langkahnya mungkin sangat sedikit tergantung pada ponsel dan versi Android yang Anda jalankan, tetapi inilah prosedur umumnya:

  • Buka Pengaturan aplikasi.
  • Pilih Aplikasi & Pemberitahuan.
  • Buka daftar aplikasi dan pilih
  • Pilih Penyimpanan & cache.
  • Pilih Hapus cache.

Jika Anda menggunakan iPhone, tidak ada cara untuk menghapus cache tanpa unistall pemasangan aplikasi, jadi hapus instalan Instagram dari iPhone, lalu instal ulang dari App Store. Anda tidak akan kehilangan data apa pun, karena Instagram menyimpan semua foto dan pengaturan akun Anda secara online.

Aktifkan Izin Aplikasi

Seperti kebanyakan aplikasi, Instagram meminta izin untuk menggunakan berbagai layanan dan sumber daya di ponsel Anda. Jika Anda tidak memberikan izin tersebut, Instagram mungkin tidak berfungsi dengan baik. Periksa izin Anda dan aktifkan untuk melihat apakah cara ini menyelesaikan masalah Anda.

Jika Anda memiliki ponsel Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Mulai Pengaturan aplikasi
  • Pilih Aplikasi & notifikasi
  • Buka daftar aplikasi Pilih Instagram
  • Pilih Izin
  • Satu per satu, aktifkan setiap izin dan pilih Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi, lalu gunakan Kembali panah di bagian atas untuk kembali ke layar sebelumnya dan beralih ke izin berikutnya.
👉 TRENDING:  Cara Menggunakan Himzi Auto Like Instagram

Cara diatas dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa masalah lain seperti akun instagram tidak bisa diakses, instagram tidak dapat memuat kabar beranda, instagram tidak bisa dibuka di chrome. Coba juga untuk membuka twitter dan lihat trading, biasanya jika instagram mengalami kerusakan masal, hal ini akan tranding di twitter.