Cara Mengubah Instagram Dark Mode untuk Android dan iOS

Instagram kini telah menyediakan skema warna alternafif atau yang dikenal dengan instagram dark mode yang akan menggantikan interface utama dari instagram yang bewarna putih dengan nuansa warna abu-abu dan kehitaman.

Interface baru ini dapat membantu menghemat batrai smartphone kamu jika kamu adalah orang yang sangat sering menggunakan aplikasi instagram, dikarenakan pixsel pada warna putih sangat menarik lebih banyak daya yang akan di keluarkan batrai dari pada warna pada piksel hitam. Hal ini tentunya berlaku pada smartphone dengan layar AMOLED, dimana saat menggunaan piksel hitam dimatikan sepenuhnya. Banyak riset mengatakan bahwa mode gelap dapat mengurangi ketegangan pada bagian mata, terutama pada malam hari, karena untuk mengurangi silau pada mata.

Berikut cara mengaktifkan dark mode yang terbilang cukup mudah. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah yang akan di jelaskan pada artikel ini.

Pengaturan Instagram Dark Mode untuk Android

  • Buka pengaturan Smartphone kamu
  • Gulir ke bawah ke ‘Tampilan’
  • Aktifkan toggle ‘Tema gelap/Dark Mode ‘
  • Buka aplikasi Instagram

Pengaturan Instagram Dark Mode untuk iPhone

  • Buka pengaturan iPhone kamu
  • Pilih ‘Tampilan dan kecerahan’
  • Pilih ‘Gelap’ pada menu Tampilan untuk mengubah tema
  • Buka Aplikasi Instagram

 

Cara lain untuk Menghemat Daya saat Penggunaan Instagram

Jika kamu merasa Instagram sanagt menguras baterai smartphone, kami memiliki beberapa cara lain yang mungkin dapat kamu gunakan menghemat sedikit daya ekstra. Saat kamu menggunakan aplikasi instagram, Instagram akan memuat seluruh gambar dan video yang kamu lihat sebelumnya, tetapi kamu dapat membatasi masalah ini. Pada smartphone kamu ketuk ikon menu di kanan atas aplikasi, lalu pilih ikon pengaturan pada bagian bawah. pilih ‘Akun’, lalu pilih ‘Penggunaan data seluler’ dan aktifkan ‘Penghemat data’.

Hal ini tentunya akan mencegah video dimuat saat aplikasi tidak digunakan, sehingga instagram hanya akan mengunduh saat kamu memilih untuk menggunakannya. Hal ini tentunya tidak akan memiliki efek yang sanagt besar, tetapi jika kamu melakukan nya secara teratur, kamu mungkin dapat menghemat baterai hingga 10%, tentunya setiap hal kecil membantu memecahkan sedikit masalah.