Tips Cerdas Memperketat Keamanan Di Android

7 Tips Cerdas Memperketat Keamanan Di Android

Apakah menurut kamu Android yang kamu gunakan dalam keadaan aman? Hampir 30% dari semua perangkat android yang digunakan diseluruh dunia dalam keadaan tidak aman. Lalu ada risiko lain seperti aplikasi jahat, peretas jaringan, serangan phishing , dan banyak lagi. Itu berarti, kehidupan digital yang kamu jalani seperti akun dan detail bank, aplikasi dan data, kontak pribadi, dan informasi sensitif lainnya selalu dalam bahaya.

Sekarang ada strategi sederhana tertentu yang dapat kamu ikuti untuk menjaga keamanan ponsel atau tablet android anda tetap aman, yang akan saya jelaskan secara rinci dalam artikel di bawah ini.

Gunakan Jaringan Yang Aman

Jika kamu adalah penggemar hotspot gratis yang disediakan di cafe atau ruang publik lainnya, knda harus memahami risiko yang menyertai jaringan “gratis” ini. Jaringan tersebut mungkin tidak selalu aman untuk digunakan, karena ada saja orang yang iseng untuk mengambil keuntungan lebih demi kejahatan.

Pertama-tama, jaringan W-Fi tidak seaman yang biasanya kita yakini atau ketahui. Kamu dapat menemukan banyak sumber daya di web untuk meretas ke dalam jaringan. Tentu saja, banyak dari mereka tidak berfungsi, tetapi beberapa cukup berfungsi untuk mencuri data.

Karena itu, kamu harus mencoba menghindari hotspot publik yang mungkin berbahaya. Namun, jika kamu tidak dapat melakukannya karena kebutuhan, maka kamu harus mengenkripsi koneksi yang kamu gunakan menggunakan VPN . Ada banyak penyedia VPN gratis dan tepercaya yang juga memanfaatkan aplikasi VPN untuk Android.

Meningkatkan Keamanan HP Android

Unduh Aplikasi Dari Sumber Yang Aman

Sembilan kali lebih kecil kemungkin untuk mendapatkan bahaya jika kamu mengunduh aplikasi dari Google Play Store dari pada perangkat yang mengunduh aplikasi dari sumber pihak ketiga lainnya.

👉 TRENDING:  6 Handphone 5 Jutaan Cocok untuk Gaming

Itu berarti kamu harus mengunduh aplikasi hanya dari Play Store. Tetapi, jika kamu perlu mengunduh APK karena alasan apa pun, unduhlah dari tempat yang dikenal seperti APKMirror , yang dikelola oleh tim developer yang sudah terpercaya dan terkenal. Terakhir tetapi yang paling penting, harap hindari mengunduh APK yang telah diedit oleh developer lain.

Kunci Aplikasi Yang Memiliki Data Sensitif

Tips cerdas memperketat keamanan di android selanjutnya adalah jika Hp android kamu adalah hub digital yang kamu gunakan, maka aplikasi keuangan, pribadi, dan aplikasi sensitif lainnya di smartphone kamu memerlukan perhatian khusus. Kamu harus menguncinya dengan kata sandi yang berbeda selain menggunakan kunci layar untuk menghindari kasus di mana seseorang yang memiliki akses ke hp android anda dapat menyalahgunakan informasi yang disimpan dalam aplikasi tersebut.

Banyak kasus menyebarnya data pribadi adalah dari orang orang yang mengetahui sandi hp yang kamu gunakan, munculnya sifat jahat seseorang bisa terjadi kapanpun. Mengunci setiap aplikasi dengan kata sandi yang berbeda dapat mencegah hal itu terjadi.

Tinjau Izin Aplikasi Secara Teratur

Aplikasi Android sekarang diketahui meminta izin untuk mengakses kamera ponsel, penyimpanan, dan berbagai fitur lainnya. Namun, tidak selalu demikian, aplikasi dapat menggunakan beberapa izin sendiri tanpa sepengetahuan atau persetujuan kamu. Itulah mengapa kamu harus memeriksa izin aplikasi Anda secara teratur.

Kamu dapat mengakses izin aplikasi melalui Pengaturan > Aplikasi > Izin perangkat. Kamu harus memeriksa semua izin aplikasi di bawah bagian ini, dan kamu juga harus meninjau izin yang diperlukan di bagian ” Akses khusus “.

Saat menginstal aplikasi, tinjau izinnya. Jika kamu menemukan izin yang seharusnya tidak ada di aplikasi, maka jangan instal. Misalnya, game yang meminta izin kamera.

👉 TRENDING:  6 Masalah Penyebab HP Android Ngelag dan Patah Patah Saat Main Game

Setelah menginstal aplikasi, periksa izin yang diaktifkan secara teratur. Jika kamu tidak menggunakan fitur tertentu dari suatu aplikasi, nonaktifkan izin yang menyertainya. Misalnya, kamu dapat menonaktifkan akses mikrofon dari aplikasi perpesanan (seperti Messenger) jika kamu tidak pernah mengirim catatan atau rekaman audio.

Perbarui Aplikasi Dan OS secara teratur

Sistem yang tidak diperbarui lebih berisiko terhadap upaya peretasan, berkat kemungkinan kerentanannya. Jika kamu ingin memeriksa sistem kamu, kamu dapat menggunakan menggunakan beberapa aplikasi keamanan untuk mengecek hp kamu apakah terhindar dari kejahatan.

Hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi lama yang tidak diperbarui, aplikasi dengan kerentanan dapat dimanfaatkan oleh penyerang untuk mendapatkan akses ke hp android yang kamu gunakan. Karena itu, kamu harus selalu memperbarui aplikasi dan sistem.

Kamu dapat mengaktifkan pembaruan otomatis untuk aplikasi jika menggunakan Google Play Store dengan membuka Pengaturan > “ Perbarui aplikasi otomatis ” dan memilih salah satu dari dua opsi terakhir.

Namun, kamu harus tahu bahwa Google tidak sepenuhnya bertanggung jawab atas pembaruan ini, tetapi OEM juga memainkan peran penting.

Pelacakan Hp Android

Terakhir, kamu harus menyiapkan solusi keamanan dan penghapusan jarak jauh untuk mengantisipasi hal yang terburuk dari semua kasus jika hp android yang kamu gunakan hilang. Tentu saja, tidak ada yang siap kehilangan ponselnya karena nilai perangkat dan data di dalamnya.

Itulah mengapa solusi keamanan jarak jauh sangat penting untuk disiapkan di ponsel Anda. Solusi paling populer adalah Temukan Perangkat Saya dari Google, yang terikat langsung ke akun Google kamu. Ini memungkinkan kamu untuk mengatur ponsel kamu sebagai hilang, memutar alarm, melacak ponsel kamu, atau menghapusnya dari jarak jauh dengan aman menggunakan interface webnya.

👉 TRENDING:  Butuh HP Murah? Cek 5 Handphone Harga 1 Jutaan

Gunakan Fitur Keamanan Yang Telah Disediakan HP Android

Android hadir dengan banyak fitur keamanan bawaan yang dapat kamu gunakan untuk melindungi perangkat dari peretas yang tidak diinginkan dan orang jahat lainnya.

Kapat mengatur sidik jari atau face unlock (jika perangkat mendukungnya) atau Smart Lock untuk membuka perangkat kamu dengan mudah saat menggunakan fitur kunci layar.

Kamu juga harus mengenkripsi ponsel untuk melindunginya dari paksaan atau gangguan bahkan jika hilang. kamu dapat mengonfigurasi semua fitur ini, yaitu, kunci layar, sidik jari dan buka kunci wajah, dan fitur Smart Lock serta opsi “Enkripsi ponsel” di bagian Pengaturan > ” Keamanan & layar kunci ” ponsel.

Berikut adalah tips cerdas memperketat keamanan di android yang bisa kamu coba terapkan untuk menjaga keamanan hp android yang kamu gunakan untuk setiap kegiantan yang memiliki privasi yang penting.