Masalah Penyebab HP Android Ngelag dan Patah Patah Saat Main Game

6 Masalah Penyebab HP Android Ngelag dan Patah Patah Saat Main Game

Biasanya saat hp mulai ngelag dan patah patah terdapat beberapa tanda tanda seperti layar hp yang lambat mersepon saat disentuh, aplikasi macet, dan kinerja lambat. Jika hp android lag dan sulit menjalankan perintah sederhana sekalipun mungkin ada beberapa masalah yang menjadi penyebab.

Artikel kali ini akan masalah hp android ngelag dan patah-patah saat main game yang bisa kamu jadikan referensi untuk mentukan masalah pada hp android yang kamu miliki.

Memori RAM Penuh

RAM adalah memori yang digunakan hp android untuk mengelola data. Ram digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi apa pun yang hp android jalankan, jadi semakin banyak aplikasi yang kamu gunakan, semakin banyak potongan kode komputer yang mengisi RAM perangkat sehingga dapat menyebabkan ram penuh, jika ram hp android penuh masalah nya bisa membuat hp lag dan restart sendiri.

Android umumnya sangat efektif dalam mengelola memori, dan mengosongkan sumber daya saat saat dibutuhkan. Namun, jika kamu menggunakan aplikasi atau game yang membutuhkan lebih banyak RAM daripada yang dapat diberikan oleh sistem hp android, maka hp akan mulai melihat terjadi kelambatan pada sistem. Aplikasi lain yang berjalan di latar belakang juga akan mulai menjadi lebih lambat, dan mungkin mati.

Aplikasi Rusak

Aplikasi Android mungkin tiba-tiba berhenti bekerja. Hal ini mungkin terjadi dengan aplikasi apa pun yang memiliki pemograman yang buruk, dan juga bisa menjadi masalah saat memindahkan aplikasi ke ponsel android.

Karena aplikasi yang dipindahkan bukan dari Google Play Store, mereka mungkin melewatkan pembaruan untuk sementara waktu. Dengan demikian, aplikasi ini lebih cenderung rusak dan memperlambat kinerja hp android.

penyebab game lag di android

Terlalu Banyak Aplikasi/Game

Memainkan game dengan intensitas grafis yang tinggi selama berjam-jam di hp android dapat menjadi penyebab hp lag. Hal ini biasanya karena game membebani prosesor, menyebabkan perangkat smartphone akan memanas. Prosesor sensitif terhadap panas. Semakin panas hp kamu, semakin lambat mereka menjalankan sistem yang membuat hp ngelag dan patah patah saat bermain game. Jika terlalu panas, kecepatan akan turun drastis, dan perangkat mungkin pada akhirnya akan mati.

👉 TRENDING:  Berikut 6 Handphone RAM 4 Harga 1 Jutaan Terbaik Di Pasaran

Penyimpanan Internal Penuh

Pada saat kamu menerima peringatan “Ruang Penyimpanan Penuh”, beberapa fungsi penting mungkin sudah bermasalah. Mungkin ini bukan masalah besar, karena mengosongkan beberapa ruang di hp android dapat mengatasi masalah ini.

Penggunaan aplikasi yang berkepanjangan seperti Instagram dan Facebook adalah beberapa penyebab ruang memori yang tidak mencukupi, bersama dengan aplikasi pesan. Semuanya menyimpan banyak gambar dan file lain ke perangkat smartphone kamu, yang secara bertahap dapat mengisi penyimpanan kamu.

Yang harus kamu ketahui bahwa, saat aplikasi social media seperti facebook, instagram dan whatsapp dapat menyimpan gambar dan video walaupun aplikasi tidak digunakan karena aplikasi tetap berjalan sesuai dengan pengaturan yang kamu buat.

Perangkat Tidak Update

Setiap rilis baru sistem operasi android sering kali disertai dengan lebih banyak peningkatan, sementara produsen perangkat meluncurkan pembaruan keamanan reguler dan perbaikan bug untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Jadi, menginstal OS terbaru dan pembaruan lainnya dapat memberikan perbaikan bug dan mengatasi masalah perangkat lunak sebelumnya.

Tetapi, tidak semua hp android akan mendapat pembaruan os secara bersamaan, jika hp kamu tidak mendapatkan pembaruan sistem, maka hal ini mungkin smartphone kamu akan lag saat menjalankan beberapa aplikasi yang terus diudate oleh developer.

Spek HP Terlalu Rendah

Satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan hp android yang kamu gunakan mungkin menjadi masalahnya. Tidak peduli seberapa banyak kamu mencoba dan mengoptimalkan kinerja hp mu menggunakan berbagai cara, smartphone dengan spesifikasi rendah dengan prosesor yang lambat dan kurangnya RAM akan selalu cenderung tertinggal. Demikian juga, hp lama akan mulai menunjukkan usianya setelah beberapa saat.

Cara Mengatasi Hp Lag Saat Main Game

Cara paling mudah jika hp android terlalu ngelag dan patah parah saat beraktivitas seperti main game yang harus kamu pertimbangkan untuk mencoba menyetel ulang perangkat ke setelan pabrik.

👉 TRENDING:  7 Tips Cerdas Memperketat Keamanan Di Android

Bagi banyak pengguna Android, melakukan reset hp secara penuh adalah pilihan terakhir. Proses mengembalikan hp android ke keadaan semula, memperbaiki berbagai masalah kelambatan dalam prosesnya.