5 Cara Cek Nomor Telepon Tidak Dikenal Gampang Dan Praktis

5 Cara Cek Nomor Telepon Tidak Dikenal Gampang Dan Praktis

Anda pasti pernah menerima telepon dari orang yang tidak dikenal, bukan? Jika iya, pastinya anda akan bingung dan penasaran siapa sih pemilik nomor yang menelpon anda?

Jika kita mendapatkan nomor telepon dari nomor yang tidak dikenal, pastinya ada rasa galau apakah panggilan masuk tersebut harus diangkat atau justru diabaikan saja.

Oleh karena itu, anda tidak perlu galau dan pusing lagi karena sudah ada tutorial cara cek nomor telepon tidak dikenal dan cara melacak no hp penipu di bawah ini yang akan membantu anda mengetahui siapa pemilik nomor hp yang menelpon anda tadi.

Cara Cek Nomor Telepon Tidak Dikenal Yang Menghubungi Anda

Tidak sedikit orang-orang yang mengalami kejadian serupa dimana ada panggilan masuk yang datang dari nomor hp asing. Jika anda salah satunya, sebelum anda semakin penasaran dengan siapa yang menghubungi anda barusan, anda bisa gunakan beberapa cara mengecek nomor telepon berikut ini:

Aplikasi Truecaller

Aplikasi truecaller merupakan salah satu cara cek nomor telepon tidak dikenal yang bisa anda lakukan. Dengan aplikasi ini, anda akan tahu siapa pemilik dari nomor handphone asing yang melakukan panggilan ke nomor hp anda.

Dengan cara ini, anda akan tahu apakah nomor masuk tersebut adalah nomor penipu atau justru nomor orang penting. Tidak hanya itu saja, apabila nomor yang menghubungi anda adalah nomor penipu atau spam, aplikasi ini aka memberikan warna merah supaya anda lebih berhati-hati.

Dan anda bisa melakukan pemblokiran terhadap nomor hp asing tersebut misalnya nomor spam atau nomor penipu. Anda bisa mendownload aplikasi ini secara gratis. Hanya saja, jika ingin mendapatkan fitur lebih lengkap, anda bisa memilih versi yang berbayar.

Situs Truecaller

Jika anda tidak ingin repot-repot download aplikasi, tidak masalah karena sudah ada situs truecaller yang akan membantu anda mengetahui siapa nomor telepon asing yang menghubungi anda.

Anda bisa dapatkan layanan ini melalui situs web. Untuk caranya sendiri mudah sekali. Tinggal kunjungi situs truecaller kemudian masukkan saja nomor hp yang anda inginkan.

Kemudia klik sign melalui microsoft atau google, klik ikon pencarian dan tunggu beberapa saat hingga truecaller menampilkan data pemilik nomor hp yang anda inginkan. Jadi sangat praktis sekali, bukan?

Situs Kredibel.co.id

cara cek nomor telepon dikenal ketiga adalah melalui situs kredibel.co.id. Jika anda ingin tahu apakah nomor hp yang menelpon anda pernah digunakan untuk menipu atau tidak, cara mengetahuinya gampang sekali.

Anda hanya perlu memasukkan nomor kemudian anda juga bisa melihat apakah nomor yang anda masukkan tadi termasuk nomor penipu atau yang pernah dilaporkan orang lain sebagai nomor penipu atau tidak.

Melalui situs ini juga, anda aka mengetahui nomor rekening yang dilaporkan oleh orang lain sebab berpotensi sebagai nomor penipu. Apabila anda pernah menjadi korban penipuan, anda bisa masukkan nomor tersebut dan nomor rekeningnya melalui situs ini. Dengan begitu, anda bisa membantu orang lain supaya tidak mengalami hal yang sama.

Aplikasi Getcontact

Beberapa bulan belakangan ini aplikasi getcontact sepertinya menjadi aplikasi yang banyak digunakan orang-orang jika ingin mengetahui siapa penelpon asing yang melakukan panggilan masuk ke nomor anda.

Dengan aplikasi ni, anda bisa blokir nomor yang sering spam atau melakukan panggilan yang tidak anda inginkan. Bahkan tidak hanya itu saja, anda juga bisa mengetahui nama anda di kontak teman-teman anda.

Dan jika ada nomor yang teridentifikasi sebagai nomor penipu atau spam, aplikasi ini bisa melindungi orang lain.

Call Control

Dan cara cek nomor telepon tidak dikenal terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi call control. Jika aanda sering menerima telepon masuk dari nomoe yang tidak dikenal dan penasaran dengan siapa pemilik dari nomor hp tersebut, anda bisa mengetahuinya lewat aplikasi call control ini.

Dengan aplikasi ini, anda akan tahu siapa nomor asing yang menelpon anda apakah penipu, HRD, telemarketing dan sebagainya.

Jadi itulah beberapa cara cek nomor telepon tidak dikenal yang bisa anda lakukan. Jika anda terganggu dengan telepon masuk dari orang tidak dikenal, cek nomornya dan masukkan nomor tersebut ke dalam daftar hitam sehingga tidak bisa menelpon anda lagi.