Bantuan Modal Bisnis Bagi Usaha Kecil Menengah Tahap ke 3 Tahun 2021

Selain uang, bisnis juga membutuhkan modal pengetahuan yang memadai untuk mengembangkan usaha milik Anda. Bagi Anda yang membutuhkan modal, pemerintah akan mencairkan bantuan modal bisnis untuk usaha kecil menengah tahap ke 3 tahun 2021.

Nominal bantuan modal usaha pada tahap ke 3 ini sebesar Rp 1.200.000,- untuk setiap pelaku UMKM Indonesia. Bantuan ini khusus untuk para pemilik usaha kecil menengah yang belum pernah menerima bantuan modal pada tahap 1 dan 2. 

Pada tahap bantuan modal bisnis sebelumnya masih banyak pelaku UMKM yang sudah mendaftar, namun belum lolos untuk mendapatkan bantuan. Sehingga, mereka mengeluh karena gagal mendapatkan bantuan modal bisnis untuk membantu pengembangan usaha mereka yang sempat drop akibat pandemi.

Contoh usaha kecil menengah seperti penjual Mie Ayam, Usaha Konveksi atau Jahit, Penjual Pakaian, Warung Nasi Ayam Bakar, dan lain-lain. Jika Anda mempunyai salah satu jenis usaha tersebut, silahkan untuk segera mendaftar.

Syarat Untuk Mendapatkan Bantuan Modal Bisnis Bagi Pelaku UMKM Tahap 3

                       foto contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) yang Potensial, foto: Unsplash

Bagi Anda yang belum berhasil mendapatkan bantuan modal bisnis tahap sebelumnya, bisa mendaftar lagi untuk tahap ke 3. Berikut ini persyaratan baru yang harus Anda penuhi agar mendapatkan bantuan modal bisnis tersebut:

  • Mempunyai usaha mikro atau usaha kecil menengah yang masih Anda jalankan hingga saat ini.
  • Memiliki Surat Keterangan Usaha atau SKU yang dikeluarkan oleh pemerintah desa setempat Anda. Jika belum memiliki SKU, silahkan untuk mendaftarkan usaha milik Anda pada Badan Koordinasi Penanaman Modal.
  • Tidak dalam proses pengajuan Kredit Usaha Rakyat atau pinjaman modal ke lembaga lain.
  • Belum menerima bantuan modal UMKM tahap 1 dan 2.

Sudah Siap Untuk Mendaftar Bantuan Modal Bisnis Untuk Usaha Kecil Menengah Tahap ke 3 tahun 2021?

Setelah mengetahui persyaratan di atas, apakah Anda sudah siap untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima bantuan modal bisnis? Sebagai informasi tambahan, kuota penerima bantuan modal bisnis UMKM untuk tahap ke 3 ini ada penambahan sebanyak 3 juta penerima.

Oleh sebab itu, Anda memiliki peluang yang sangat besar untuk menerima bantuan pada tahun ini. Jika Anda tertarik untuk mendaftar, silahkan untuk langsung mendaftar ke Dinas Koperasi atau UKM di kabupaten atau kota setempat.

Bawa persyaratan administrasi seperti Surat Keterangan Usaha, KK, KTP, dan nomor ponsel yang masih aktif. Sedangkan untuk mengetahui daftar penerima bantuan modal usaha tahap ke 3 yang lolos, Anda bisa mengunjungi website  eform.bri.co.id.

Setelah mengunjungi website tersebut, Anda hanya cukup memasukkan NIK KTP milik Anda. Jika nama usaha milik Anda muncul pada website tersebut, artinya Anda berhak untuk menerima bantuan modal bisnis.