6 Aplikasi Foto Terbaik Untuk Android dan iOS

Temukan aplikasi foto terbaik untuk foto Kamu: edit atau blur latar belakang, ambil eksposur lama atau edit langsung di smartphone Kamu.

Smartphone saat ini deilengkapi dengan definisi puluhan megapiksel dan sensornya yang semakin efisien, secara serius mengancam keunggulan kamera SLR, DSLR dan hibrida lainnya, dan fotografer yang biasanya terbiasa dengan perangkat ini juga semakin sering menggunakan smartphone mereka. Sangat praktis, namun smartphone memiliki keterbatasan dan efek kreatif tertentu sulit untuk direproduksi.

Perbedaan ini memungkinkan munculnya pembuatan sejumlah besar aplikasi yang didedikasikan untuk membantu kamu mendapatkan hasil maksimal dari ponsel cerdas kamu dan menghasilkan foto yang bahkan lebih mengesankan. Berikut adalah pilihan aplikasi berguna untuk mendapatkan hasil maksimal dari perangkat luar biasa yang ada di tangan kamu.

Berikut adalah Aplikasi Foto Terbaik Gratis Untuk Android dan iOS

foto : freepik

1. Kamera +

Jauh dalam sorotan, fitur unik Camera + berarti bahwa sekarang langsung terintegrasi ke dalam paket aplikasi foto iPhone terbaru. Namun demikian, hal ini merupakan pilihan yang baik untuk dipertimbangkan (terutama untuk perangkat lama). Aplikasi ini hadir dengan opsi continuous flash option, kemampuan untuk memotret dalam format Raw dari pada JPEG, serta kompensasi eksposur dan opsi fokus manual. Dengan ujung jari kamu, hal ini memungkinkan kamu menyesuaikan fokus ke bagian mana pun dari gambar sambil menyesuaikan eksposur ke lokasi lain.

Camera + memungkinkan kamu untuk menyimpan pengaturan yang dipersonalisasi dan juga menawarkan banyak opsi pengeditan di TheLab (termasuk pengurangan gangguan digital pada gambar mentah atau JPEG). Opsi ini bahkan lebih efektif ketika kamu memilih untuk meningkatkan ke versi pro dengan cara membayar biaya langganan. Di salah satu pembaruan terbaru, aplikasi ini menyertakan kemampuan bermain dengan kedalaman untuk menciptakan efek “bokeh” yang tidak fokus, serta kemampuan untuk menghilangkan saturasi latar belakang untuk menonjolkan subjek.

👉 TRENDING:  Aplikasi Baru MyHeritage Edit Foto Orang Lawas Jadi Bergerak

2. Snapseed

Diluncurkan pada tahun 2011, Snapseed telah memperoleh banyak manfaat dari banyak revisi dan pembaruan dan telah berkembang menjadi salah satu aplikasi paling komprehensif dan mudah digunakan di pasar. Apakah kamu seorang fotografer berpengalaman yang ingin melakukan retouching yang dilokalkan dan tidak merusak pada file Raw DNG atau seorang amatir yang suka bermain dengan filter kreatif, Snapseed telah melakukannya. Interface yang mengelompokkan kembali semua fungsi pengeditan sangat intuitif: cukup pilih parameter yang akan diubah dan seret kursor ke kanan atau ke kiri untuk membuat penyesuaian. Menghapus elemen yang mengganggu dari foto menjadi permainan anak-anak: kamu hanya perlu memperbesar dan menggunakan alat “koreksi” untuk mengecat ulang bagian gambar yang bersangkutan. Jika kami hanya mendapat satu kritik: sistem pengaturan foto yang mirip dengan Lightroom akan menjadi nilai tambah yang nyata. Saat ini kamu harus mengimpor dan mengedit setiap gambar satu per satu. Snapseed adalah aplikasi fantastis yang harus dicoba oleh setiap penggemar fotografi ponsel cerdas.

3. Pixlr

Pixlr adalah solusi pengeditan foto yang menyediakan banyak menu untuk kamu. Tawaran pilihan pengeditan yang simpel dapat disesuaikan secara mudah menggunakan slider, untuk memodifikasi semua atau hanya sebagian gambar yang dipilih. Berbagai macam filter ditawarkan kepada pengguna serta kemungkinan menggunakan teknik kreatif seperti pencetakan berlebih, yang semakin memperluas kemungkinan aplikasi. Ingin sesuatu yang berbeda? kamu juga dapat mempersonalisasi foto dengan stiker atau pembatas.

4. Instagram

Jika kamu belum mencobanya, jangan lewatkan Instagram yang sudah terkenal dengan penawaran filternya. Aplikasi ini paling banyank digunakan untuk selfie dan  juga memiliki banyak pilihan pengeditan. Misalnya, ia menawarkan kemampuan untuk menyesuaikan kecerahan, kontras, saturasi, kehangatan, bayangan dan cahaya, dan banyak lagi. Bahkan memungkinkan kamu untuk mereproduksi efek tilt-shift (mock-up) atau vignetting. Alat koreksi perspektif yang efektif juga disertakan untuk meluruskan vertikal yang terdistorsi saat memotret pada sudut lebar.

👉 TRENDING:  Hobi Membuat Stiker Whatsapp? Gunakan Aplikasi Pendukung Berikut

Salah satu kekurangan Instagram adalah sulitnya melakukan pemotongan gambar secara akurat dengan aplikasi. kamu harus memperbesar bagian yang menarik bagi kamu tetapi pemilihannya tidak tepat dan sulit. Jika kamu membutuhkan pemotongan gambar yang tepat, lebih baik gunakan aplikasi lain untuk melakukannya dan kemudian unggah gambar yang dipotong ke Instagram. Selain detail ini, Instagram jauh di depan para pesaingnya karena aplikasi ini komprehensif dan mudah digunakan.

5. TouchRetouch

Meskipun beberapa aplikasi menawarkan kemampuan untuk menghapus objek yang mengganggu dari gambar atau memperbaiki ketidaksempurnaan dalam bidikan kamu, ToucRetouch mengkhususkan diri pada kasus ini dan tidak mengherankan jika ini ternyata yang terbaik di kelasnya. Cukup pilih hal-hal yang ingin kamu hilangkan dan aplikasi akan menghapusnya sendiri, dengan cerdik memadukannya ke latar belakang. Jika objek yang tidak diinginkan itu rumit, itu akan membutuhkan sedikit lebih banyak keterampilan, tetapi semakin kamu bermain dengan pengaturan aplikasi, kamu akan menemukan lebih intuitif dan mudah digunakan. Bekerja di iOS dan Android saja, jika menggunakan TouchRetouch kamu harus membayar lebih dari $2 tetapi jika kamu membutuhkan fitur yang di jual dalam aplikasi ini, maka itu adalah pilihan yang bagus.

6. Adobe Photoshop Express

Jika, seperti kebanyakan fotografer, kamu telah menggunakan Adobe Photoshop di komputer kamu , akan sulit untuk menolak versi seluler gratis yang mendukung format Raw dan TIFF. Mampu memulihkan foto dari ponsel kamu , Adobe Creative Cloud, Dropbox, Facebook, atau Google Foto, Photoshop Express dapat memotong, meluruskan, memutar, membalik, memperbaiki mata merah atau noda, dan menambahkan teks ke foto kamu. Kamu dapat bermain dengan 45 filter dan efek di Adobe Photoshop Express, membuat kolase foto, dan membagikan hasilnya di Adobe Creative Cloud, Flickr, Instagram, Facebook, Twitter, atau bahkan WhatsApp. Namun, PS Express jauh lebih ringan dan kurang kaya fitur daripada versi desktop dan dalam hal lapisan, topeng, dan pemrosesan batch, PS Express tidak tahan dibandingkan dengan kakaknya: tidak ada yang mengejutkan mengingat kebebasannya. Aplikasi ini sebagian besar masih layak ditempatkan di ponsel atau tablet kamu.

👉 TRENDING:  Aplikasi Belajar Bahasa Asing dari Ponsel Kamu

Berikut adalah pilihan aplikasi foto terbaik dan gratis yang bisa kamu coba di smartphone android dan ios kamu. Kamu dapat mencoba beberapa pilihan aplikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Setiap aplikasi tentunya memiliki fitur yang beberda-beda.