Advertisements
LenovoThinkBook15 (Youtube/Lenovo)

Review Laptop Lenovo ThinkBook 15: Berkinerja Penuh Daya

Advertisements

Lenovo terkenal membuat laptop dan PC untuk kebutuhan profesional dan pribadi. Perusahaan ini memiliki berbagai jajaran produk seperti IdeaPad, ThinkPad, ThinkBook, Yoga, dan seri lainnya tergantung pada kebutuhan individu. Saya baru-baru ini menemukan laptop Lenovo ThinkBook 15 yang dibuat dengan mempertimbangkan para profesional.

Laptop Lenovo ThinkBook 15 hadir dengan label harga Rs. 82.000 dan saya menggunakannya selama beberapa minggu. Saya menemukan beberapa fitur praktis seperti sensor sidik jari, keyboard dan touchpad mulus, dan banyak lagi. Pada saat yang sama, ada beberapa kelemahan kecil pada desain laptop. Saya telah merinci pengalaman saya dengan Lenovo ThinkBook dalam ulasan ini.

Lenovo ThinkBook Build Design

Lenovo ThinkBook dengan Intel Core i7 10 gen CPU hadir dalam dua varian – ukuran 14 inci dan 15 inci. ThinkBook 15 inci, yang telah saya ulas di sini hadir dengan pad nomor khusus yang cukup berguna bagi mereka yang bekerja dengan keuangan dan perbankan. Laptop tentu saja merupakan salah satu laptop tertipis yang pernah saya kerjakan. Laptop ini dilengkapi dengan penutup logam terionisasi aluminium secara keseluruhan dan ringan untuk dibawa-bawa. Selain itu, Lenovo ThinkBook telah diuji Mil-SPEC, yang mengungkapkan banyak hal tentang kekasaran dan daya tahan laptop. Tes ini termasuk mengekspos laptop ke tekanan ekstrim, suhu, getaran, dan sebagainya. Tes Mil-SPEC selanjutnya membuatnya dapat diandalkan untuk digunakan dalam waktu lama, terutama untuk penggunaan profesional dan bisnis.

Kinerja ThinkBook

Lenovo ThinkBook ditenagai oleh CPU Intel Core i7 10510U dengan RAM 16GB dan kapasitas penyimpanan 512GB NVMe SSD dari Samsung. Di sisi GPU, Lenovo ThinkBook mengemas Intel UHD Graphics.

Saya menggunakan ThinkBook untuk tugas terkait pekerjaan saya serta untuk beberapa kebutuhan pribadi. Karena sebagian besar pekerjaan saya terkait dengan mengetik dan membaca, saya hampir tidak menemukan kelambatan dengan sistem. Seperti yang disebutkan, keyboard dan touchpad mulus dan cocok untuk semua tugas.

Performa GPU

Untuk menentukan kinerja GPU dari ThinkBook, kami menjalankan Superposition Benchmark. Skor untuk Intel UHD Graphics adalah 813, yang menunjukkan bahwa laptop tidak didedikasikan untuk game hard-core, yang tidak terlalu mengejutkan, mengingat itu dibuat untuk tugas-tugas bisnis.

Penyimpanan adalah komponen penting lainnya dari perangkat apa pun. Lenovo ThinkBook hadir dengan RAM 16GB dan SSD NVMe 512GB dari Samsung. Kami menjalankan tolok ukur untuk menguji kinerja ini juga dengan CrystalDiskMark. Skor SEQ1M Q8T1 untuk kecepatan baca menunjukkan 3485,47 MB/s dan kecepatan tulis menunjukkan 2972,38 MB/s. Skor RND4K Q32T16 menunjukkan kecepatan baca 1.143,10 MB/dtk dan kecepatan tulis 1190,04 MB/dtk.

Baterai yang Patut Diperhatikan

Lenovo ThinkPad dilengkapi dengan pengisi daya 65W yang dapat dihubungkan melalui port USB yang selalu aktif. Lenovo mengatakan menawarkan hingga sembilan jam dengan baterai 45Wh, dengan Pengisian Cepat dan hingga 12 jam dengan baterai 57Wh, dengan adaptor Tipe-C 95W (dijual terpisah) dan Pengisian Cepat. Tentu saja, kinerja baterai perangkat apa pun bergantung pada pengaturan, penggunaan individu, dan faktor lainnya.

Saya perhatikan bahwa baterainya turun dari 100 persen terisi penuh menjadi 82 persen dalam satu setengah jam penggunaan dengan aktivitas seperti menjelajahi internet dan mengerjakan file dokumen. Ketika baterai mencapai 71 persen, itu menunjukkan bahwa tiga setengah jam tersisa dan dengan 25 persen, itu ditunjukkan dengan baterai yang tersisa satu setengah jam.

Perlu dicatat bahwa sebagian besar aktivitas saya tetap sama saat mencatat bacaan ini – menjelajahi internet, membaca, dan mengerjakan file dokumen dengan streaming musik latar. Pada saat yang sama, saya mencatat perbedaan level baterai saat menonton film. Saya bisa menonton dua episode di Netflix dengan biaya 50 persen, tapi kemudian turun menjadi 20 persen pada akhirnya. Hampir 20 persen laptop beralih ke mode penghemat baterai.

Saya juga mencatat pengisian laptop dengan penggunaan sedang, yang dimulai dari 22 persen dengan baterai tersedia 45 menit. Setelah satu jam pengisian, itu menjadi 70 persen dan membutuhkan 40 menit untuk pengisian penuh. Karena penggunaan saya terus berfluktuasi saat menggunakannya, ThinkPad berhenti pada 96 persen dan terisi penuh beberapa saat kemudian.

Lenovo memiliki beberapa opsi penghemat baterai untuk ThinkBook, yang dapat diakses melalui aplikasi Lenovo Vantage. Itu juga dilengkapi dengan Intelligent Cooling yang menyesuaikan pengaturan termal agar perangkat berfungsi pada suhu yang ideal. Pilihan seperti mode konservasi juga dapat diaktifkan, tergantung pada kebutuhan individu.