Advertisements

Pengguna Aplikasi Dompet Digital Wajib Waspada, Ketahui Tips-Tipsnya Agar Aman

Advertisements

Di zaman teknologi yang sangat melimpah canggih ini, sudah banyak orang yang ahli menggunakan dompet digital. Di Indonesia sendiri sudah terdapat puluhan dompet digital yang telah mendapatkan lisensi resmi dari Bank Indonesia. Dengan kehadiran dari beragam jenis dompet digital yang ada, terdapat hal yang membuat banyak orang tercengang dan semakin tergiur dengan banyaknya penawaran promo berupa cashback dan potongan harga yang jumlahnya tidak main-main.

Bukan hanya itu, menggunakan dompet digital menjadikan transaksi lebih praktis, itu hanya dengan menggunakan scan kode QR. Maka kita bisa mendapatkan kenyamanan yang berusaha ditawarkan oleh berbagai dompet digital. Kendati demikian, Anda tidak boleh lengah dan tetap perlu ekstra berhati-hati dalam menggunakan dompet digital karena bagaimanapun juga data yang berupa digital di dalam smartphone bisa saya diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Belum lagi jika anda merupakan orang yang sembrono ketika bertransaksi. Simak ulasan berikut ini supaya tahu bagaimana tips-tipsnya menggunakan dapat digital supaya lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama bertransaksi, yaitu:

Memakai aplikasi anti-virus dan anti malware

Tentunya sekarang ini transaksi yang dilakukan melalui dompet digital lebih sering dilakukan melalui smartphone kan? Jadi Anda harus mewaspadai serta memastikan bahwa smartphone anda sudah dilindungi oleh anti-virus dan anti malware. Ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar sehingga Anda tak perlu khawatir dalam memilihnya. Namun pada saat Anda mendapatkan pesan ke smartphone sudah terinfeksi virus, sebaiknya Anda melakukan backup terlebih dahulu baru kemudian Anda bisa meriset sebelum mengunduh aplikasi pengaman.

Memasang password yang aman

Supaya Anda bisa menerapkan password yang aman, maka hindari penggunaan password yang mudah ditebak seperti, alamat rumah, tanggal ulang tahun, nomor telepon, atau angka yang urut. Bukan hanya itu, Anda juga harus memperketat keamanan ponsel dengan password juga supaya Smartphone tidak mudah diretas oleh orang sebab kebanyakan dari kita pasti menyimpan sejumlah informasi pribadi yang bersifat penting di dalam smartphone.

Kunci aplikasi

Sebaiknya jangan lupa untuk log out dari aplikasi data digital yang Anda pakai setelah melakukan transaksi. Dengan demikian aplikasi dompet digital dapat terhindar dari akses yang tidak diinginkan. Namun jika anda merasa bahwa smartphone Anda belum cukup yakin dengan keamanannya, maka cobalah untuk mengunduh beberapa aplikasi di Play Store yang dapat membantu mengunci aplikasi tertentu sebagai perlindungan tambahan.

Bijak dalam mengunduh aplikasi dan data

Jika Play Store sudah menjamin keamanan dari kebanyakan aplikasi yang ada untuk diunduh, justru internet melakukan hal yang sebaliknya. Anda harus ekstra hati-hati dan bersikap bijak ketika hendak mengunduh apapun itu bentuknya apabila hal tersebut datang dari internet. Sebab tak semua yang bisa diunduh di internet itu aman untuk smartphone kepunyaan kita. Walaupun tidak semuanya gratis, namun apa salahnya jika kita membayar sedikit mahal untuk harga keamanan supaya smartphone tidak terjangkit virus ataupun malware. Selain itu, untuk menghindari virus atau malware, Anda juga harus berhati-hati ketika mengklik suatu iklan, karena biasanya di dalamnya terselip virus berbahaya yang bisa meretas smartphone secara diam-diam.

Demikianlah beberapa tips aman untuk menggunakan aplikasi dompet digital yang wajib diketahui. Tetap waspada dan selalu berhati-hati dalam mengambil tindakan ya. Semoga bermanfaat!