Trik Supaya Facebook Tetap Aman dari Pembajak, Jangan Sampai Salah!

Untuk facebook tetap aman tentunya harus diawali dari kehati-hatian pemilik akun tersebut. Apabila sembarangan menggunakan akunnya maka risiko terhack menjadi sangat tinggi. Oleh sebab itu, Anda juga harus tahu bagaimana menggunakan media sosial secara bijak sehingga tidak ada masalah serius hingga akun terhack orang lain.

Memang tidak ada salahnya mengggunakan social media sesuai dengan keinginan pribadi, tetapi juga harus lebih bijak lagi jangan ceroboh. Karena bisa menyebabkan hal fatal, misalnya di hack akun tersebut kemudian data diri disalahgunakan oleh orang tersebut. Sehingga untuk mengembalikannya juga sulit.

Walaupun Anda bisa melaporkan kepada pihak facebook, tetapi jarang hal itu dilakukan karena minimnya informasi atau tidak berani. Padahal apabila identitas digunakan oleh orang lain bisa sangat berbahaya. Risikonya juga besar, sehingga saat menggunakan social media harus lebih berhati-hati lagi dan tidak mudah percaya.

Selain aman dari pembajak, juga masih banyak kejahatan melalui media satu ini. Walaupun pihaknya memastikan facebook tetap aman, namun hal tersebut tidak menjamin semuanya baik-baik saja. Apabila akun sudah dapat kembali sebaiknya untuk segera memperbaiki password sehingga tidak akan di hack lagi.

Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

Saat ini teknologi semakin berkembang begitu juga aplikasi maupun software pendukungnya. Sehingga adanya perkembangan tersebut dimaksudkan agar masyarakat bisa mengikuti arusnya dan jangan sampai tidak memahami teknologi. Tetapi beberapa orang juga salah dalam menggunakan teknologi tersebut maka dampaknya juga sangat buruk hingga memancing kejahatan.

Maka hal pertama untuk memastikan agar akun facebook tetap aman adalah gunakan sewajarnya dan tidak boleh berlebihan. Menggunakan sesuatu memang tidak boleh secara berlebihan karena bisa menyebabkan dampak buruk mulai dari kesehatan maupun lainnya. Jangan terlalu mengumbar semua masalah dalam media sosial tersebut.

Karena semua masalah tidak akan selesai apabila hanya diulas dalam facebook maupun lainnya. Jumlah penggunanya juga lebih banyak sehingga sering dipakai untuk berjualan, atau hanya digunakan secara pribadi. Hal tersebut sesuai keinginan masing-masing. Tetapi terkadang beberapa masih salah dalam menyampaikan sesuatu secara publik.

Padahal hal tersebut bisa mengakibatkan masalah baru, bahkan kejahatan. Sehingga sebaiknya untuk jangan terlalu mengumbar masalah di media social atau facebook. Bahkan karena salah tulis, hingga sering menyinggung orang lain dan mengakibatkan pertengkaran. Hal inilah yang sebaiknya Anda hindari dalam menggunakan teknologi masa kini.

Kemudian penggunaannya juga jangan terlalu sering karena tidak baik untuk Anda. Apalagi anak-anak juga harus tetap diawasi agar tidak berlebihan. Jangan mudah percaya dengan teman di social media. Karena Anda tidak tahu apakah orang tersebut memang baik atau sebaliknya. Maka Anda tetap harus waspada.

Hal yang Sebaiknya Anda Hindari

Aplikasi facebook sendiri tidak hanya digunakan di Indonesia. Tetapi beberapa negara bahkan hampir diseluruh dunia sudah mengenal aplikasi ini. Karena memiliki jangkauan yang sangat luas. Sehingga tidak heran apabila nantinya Anda menemukan teman yang berasal dari luar negeri selain Indonesia. Hal tersebut sangat mungkin terjadi. Agar facebook tetap aman maka hindari hal-hal berikut.

1.Jangan terlalu percaya dengan link yang ada di media social apabila tidak dari pihaknya sendiri. Misalnya pesan terusan atau tanda yang dibagikan orang lain. Karena belum tentu itu link yang aman buat akun Anda. Karena beberapa hacker bisa melacak akun dan mendapatkan password karena data sudah masuk dalam link tersebut.

2.Kemudian jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan media social khususnya facebook. Karena hacker biasanya akan mengincar akun yang aktif sehingga nanti data digunakan olehnya.

3.Saat membuat akun sebaiknya untuk menggunakan username yang sekiranya sulit ditemukan orang. kemudian yang lebih penting adalah pada passwordnya jangan menggunakan tanggal atau bulan lahir yang tertera pada data diri. Sehingga tidak akan mudah dibajak. Misalnya ada pemberitahuan yang aneh maka segera dicek.

Pada pengaturan dan login akun Anda maka akan terlihat di mana saja facebook tersebut diaktifkan. Sehingga apabila mencurigakan segera merubah kata sandi atau password Anda.

Untuk semua orang pengguna media social harus lebih berhati-hati dan menggunakannya secara bijak jangan terlalu berlebihan karena bisa berakibat buruk. Selalu memastikan link atau informasi tersebut benar agar terhindar dari kejahatan. Facebook tetap aman apabila digunakan sesuai aturannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *