Media Sosial Populer yang Wajib Anda Miliki

Tidak dipungkiri semua orang sudah memiliki berbagai jenis media sosial populer untuk mengekspresikan dirinya. Bahkan semua sudah digunakan dan menjadi kebiasaan sehari-hari. Walaupun begitu, jika tidak digunakan secara benar juga akan berakibat buruk kepada diri sendiri atau orang lain. Sehingga semua juga harus memiliki etika.

Karena merupakan media elektronik untuk berkomunikasi atau berbagi kisah, maka sebaiknya untuk berpikir ulang dan jangan sampai menggunakan media tersebut untuk ajang saling sindir atau ada kaitannya dengan SARA. Sehingga apabila terjadi, maka akibatnya bisa fatal bahkan diblokir oleh pihak media itu sendiri.

Sarana interaktif bahkan sangat berguna untuk menjalin komunikasi bagi orang yang berjarak jauh. Media tersebut sangat berpengaruh pada siklus pertemanan dan pengetahuan penggunanya. Semua orang tentu menggunakan sesuai keinginannya. Dampak baik atau buruk bisa terjadi dan menimpa banyak orang. Contohnya seperti facebook, instagram atau twitter.

Media sosial populer bisa Anda pilih untuk mengekspresikan diri. Namun, perlu diingat bahwa harus bisa membatasi diri menggunakan semua itu agar tidak menjadi kecanduan. Karena tidak semua orang bisa mengerti bahwa menggunakannya harus sesuai dengan aturan. Sehingga keamanan akun dapat terjaga.

Berbagai Macam Jenis Media Sosial

Jenis-jenis media sosial sangat banyak, oleh sebab itu semua orang tentu saja sudah memiliki salah satunya. Bahkan untuk satu orang terkadang memiliki 2 atau lebih aplikasi di dalam satu smartphone. Sehingga sudah pasti banyak orang yang tahu tentang beberapa jenis media sosial populer seperti berikut ini.

Facebook

Untuk pengguna facebook ini mungkin bisa menjadi urutan pertama media sosial yang digunakan hampir oleh semua orang di seluruh dunia. Sehingga seringkali Anda menemukan teman yang berbeda negara. Facebook sendiri sudah didirikan sejak lama hingga sekarang ini masih sangat popular. Penggunaannya juga lebih mudah.

Namun, karena penggunaannya banyak dari beberapa negara. Tentunya tingkat keamanan juga tidak terlalu baik. Tetapi hal tersebut juga tergantung dari penggunanya sendiri. Karena banyak dijumpai akun seseorang dihack oleh orang lain, tetapi nama dan identitas tidak berubah. Penggunaan secara benar dapat mengurangi terjadinya pembajakan akun.

Instagram

Medsos selanjutnya adalah instagram, yang sangat digemari oleh banyak orang. Bahkan jika seseorang tersebut dikenal banyak orang, bisa menjadi selebgram. Selebgram sendiri merupakan sebutan untuk orang yang memiliki followers banyak dan ribuan. Walaupun tidak dipungkiri masih banyak yang membeli followers agar menjadi selebgram.

Instagram sendiri merupakan media sosial populer untuk membagikan pengalaman dan cerita melalui foto atau video. Tujuannya untuk membagikannya kepada khalayak umum.

Twitter

Kemudian medsos berikutnya yaitu twitter, media ini sudah sangat popular sejak dulu hingga sekarang. Keuntungannya juga sangat banyak terutama dalam menyampaikan aspirasi kepada khalayak umum bahkan pemerintah. Tentu saja semuanya akan tetap aman.

Tiktok, Apakah Aplikasi Aman untuk Semua Umur?

Tiktok merupakan aplikasi yang sekarang ini sangat disukai oleh masyarakat terutama para remaja. Remaja masa kini sangat menyukainya dikarenakan sangat menghibur. Untuk keamanannya hingga saat ini masih aman. Tetapi Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakan media sosial populer ini.

Semua jenis sosial media tentu saja memiliki aturannya masing-masing untuk semua penggunanya. Menjadi sangat penting bagi semua orang yang ingin masuk ke dalamnya harus mengetahui apa saja aturan dan kebijakan yang telah dibuat. Semua itu harus ditaati agar tidak menjadi masalah baru.

Karya video bisa Anda upload sewaktu-waktu tetapi tentunya harus sesuai dari kebijakannya. Jika nantinya ada sesuatu yang menyinggung SARA maka bisa dihapus oleh pihak tiktoknya sendiri. Sehingga untuk lebih berhati-hati lagi, bahkan akan lebih bagus jika videonya mengandung edukasi kepada masyarakat.

Untuk batas minimal umur tersebut juga tersedia. Bagi anak yang masih belum cukup umur sebaiknya untuk tidak menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu. Di sini juga sangat penting adanya pendampingan orang tua. Tidak hanya dapat mengawasi anak, tetapi juga bisa memilihkan tontonan yang pantas sesuai usianya.

Dengan demikian, jenis-jenis media sosial banyak ditemukan bahkan tidak hanya instagram twitter, facebook maupun tiktok. Karena saat ini mulai bermunculan semacam media sosial tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga pengawasan orang tua juga sangat penting. Media sosial populer bisa didapatkan secara mudah dengan mendownloadnya di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *