Fakta Marketplace Facebook yang Perlu diketahui Sebelum Jualan

Marketplace facebook merupakan suatu fitur yang disediakan oleh pihak facebook yang secara khusus mewadahi pengguna dalam melakukan transaksi jual beli barang maupun jasa. Penggunaan fitur ini dirasa perlu untuk meningkatkan pelayanan pada publik, fitur tambahan ini juga menjadi pembuktian facebook dalam menangkap problematika pasar, hal tersebut berdasarkan perubahan cara transaksi jual beli masyarakat yang cenderung lebih menggunakan media sosial.

Kamu mungkin mengetahui bahwa pada zaman sekarang cara seseorang untuk melakukan transaksi telah berubah drastic yang semula menggunakan media konvensional saat ini berganti dengan media online. Ada beberapa keuntungan lebih yang ditawarkan apabila proses tersebut dijalankan memanfaatkan perkembangan teknologi melalui sistem online.

Perkembangan teknologi informasi semakin pesat juga berdampak pada perkembangan media sosial khususnya pada Marketplace facebook. Fitur ini juga memanfaatkan perkembangan teknologi dalam membantu akses transaksi tersebut. Beberapa pengguna sangat mungkin untuk membutuhkan wadah dalam media promosi maupun informasi penjualan, maka terciptalah marketplace dalam facebook.

Sebagai salah satu media informasi terbesar maka tidak heran apabila facebook terus melakukan peningkatan mutu layanan. Wadah jual beli ini dianggap merupakan hal yang wajib untuk disediakan mengingat animo pengguna dalam melakukan penjualan juga semakin tinggi. Penting untuk kamu ketahui bahwa marketplace pada sosial media ini terbentuk pertama kali pada tahun 2018.

Ada sedikit perbedaan antara Marketplace facebook dengan lainnya. Perbedaan paling menonjol adalah ketentuan yang dilakukan sebatas memanfaatkan pertemanan, hal ini cukup menjadi keuntungan lebih sebab dalam media ini para pengguna sudah tentu memiliki target jelas yang bisa diambil dari persentase pertemanan.

Apabila kamu hendak melakukan penjualan maupun pembelian online melalui facebook maka berikut ini adalah kelebihan serta kekurangan yang wajib diketahui terlebih dahulu.

Kelebihan Marketplace yang ada Pada Facebook

Pertimbangan pertama tentu harus kamu ketahui dari segi kelebihan yang bermanfaat pada transaksi. Manfaat pertama yang harus diketahui bahwa ketika akan melakukan transaksi jual beli melalui Marketplace facebook maka kamu tidak perlu membuat akun lain. Cukup menggunakan akun facebook awal untuk bisa mengoperasikan layanan tersebut.

Adanya aturan tersebut tentu bermanfaat sebab kamu tidak akan sulit mencari pasar. Jumlah pertemanan yang telah tersedia akan menjadi lahan untuk kamu promosikan. Inilah alasan mengapa tidak perlu membuat akun baru. Berbeda dengan media lain yang mengharuskan penggunanya untuk membuat akun baru.

Kelebihan selanjutnya yang diberikan adalah kemampuan untuk memfilter pasar. Faktor tersebut juga sangat bergantung pada jumlah serta jenis pertemanan dalam facebook. Keuntungan yang akan didapatkan dalam fitur filter ini adalah menemukan pasar lebih strategis, sehingga proses penjualan lebih tertuju dan spesifik.

Kamu tentu telah memilki jumlah pertemanan hampir ribuan orang dengan segala kondisi maupun umur. Penggunaan filter ini akan bekerja pada saat kamu menginginkan jangkauan pasar lebih detail, misalnya penjualan jenis boneka, maka tentu dalam Marketplace facebook akan memberikan pilihan filter target untuk perencanaan tersebut berupa orang-orang yang mungkin tertarik dengan boneka seperti anak kecil maupun perempuan.

Apabila target sudah dipasang maka kemungkinan untuk lebih tertuju dalam proses penjualan semakin besar dan cepat. Fitur tersebut tentunya hanya dimiliki oleh facebook dan belum diaplikasikan pada marketplace lainya.

Kekurangan yang ada dalam Aplikasi Marketplace

Apabila ada kelebihan sangat mungkin juga terdapat kekurangan, tidak terkecuali pada Marketplace facebook. Kekurangan yang terdapat dalam media sosial ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti belum pahamnya beberapa pengguna dalam mengaplikasikan, sehingga cenderung susah dan belum ada peraturan jelas. Ada beberapa orang yang cenderung belum paham mengenai cara kerja serta sistem pada aplikasi tersebut.

Kekurangan selanjutnya adalah belum tersedianya fitur berupa kemudahan transaksi. Layanan ini menggunakan media pembayaran secara konvensional atau COD (cash on delivery) ketika proses transaksi berlangsung. Apabila media penjualan lain memiliki cara maupun metode dalam akses pembayaran maka pihak facebook belum sepenuhnya memiliki layanan tersebut.

Terlepas dari kekurangan tersebut maka hal yang perlu kamu ketahui bahwa pemilihan jenis maupun cara dalam facebook ini cukup menjadi rekomendasi kamu apabila hendak melakukan transaksi penjualan. Marketplace facebook tentu akan meningkatkan pelayanan secara berkala untuk memudahkan pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *