Macam-macam Microsoft Office Beserta Fungsinya Masing-masing

Macam-macam microsoft office merupakan bagian yang ada dalam komputer maupun laptop. Hal tersebut sangat penting bagi Anda, dan dapat membantu pekerjaan. Jenis-jenis tersebut bisa dapatkan saat membeli laptop dan sudah diisi oleh software windows. Karena biasanya sudah sepaket.

Untuk penggunaannya juga sangat mudah, apalagi untuk pemula. Perangkat lunak sendiri sangat banyak macamnya yang juga penting untuk bisa mengoperasikan perangkat. Data elektronik tersebut nantinya akan disimpan oleh komputer. Untuk bentuknya tidak ada dan hanya sebuah program.

Fungsinya juga sangat beragam, karena ada beberapa jenis yang tentunya memiliki kegunaan masing-masing. Walaupun begitu perangkat lunak memiliki berbagai macam salah satunya windows dan Microsoft office. Hal tersebut harus Anda ketahui dan pilih karena juga Mac Os yang punya keunggulan sama dengan windows.

Macam-macam microsoft office mempunyai peran penting untuk menjalankan PC baik dari windows maupun Mac Os X. Sehingga Anda tidak perlu bingung, karena sama saja sistemnya. Fungsinya juga sangat beragam, seperti Microsoft word, excel, power point, publisher, Microsoft Acces, Frontpage, Microsoft Info path, Visio, grave, Outlook, dan One note.

Jenis Microsoft Office yang Perlu Diketahui

Banyak jenis microsoft office yang termasuk di dalamnya, tentunya bisa membantu Anda dalam melakukan suatu pekerjaan dengan mudah. Pastinya yang sering diketahui adalah Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Ketiga perangkat lunak ini sangat sering digunakan apalagi untuk memperlancar pekerjaan. Berikut penjelasan mengenai macam-macam microsoft office yang sering dijumpai:

  1. Ms. Word

Tentu saja semua orang sudah mengetahui mengenai jenis software ini. Karena sangat sering digunakan dalam mengetik tugas maupun hal lainnya. Untuk logonya berlambang W berwarna biru dengan formatnya yaitu docx. Fungsinya yaitu dapat membuat surat, menyelesaikan tugas, memasukkan gambar, membuat table atau juga dokumen.

Bahkan macam-macam microsoft office, salah satunya word ini sudah bisa membuat berbagai macam desain sertifikat, booklet, leafleat dan sebagainya. Hal ini karena sudah tersedia fitur template yang sangat memudahkan penggunanya.

  1. Ms. Excel

Kemudian Ms. Excel sangat berguna bagi semua orang khususnya dalam mencatat data-data yang berhubungan dengan angka. Untuk jenis ini memang sedikit lebih sulit, karena beberapa harus menggunakan rumus untuk memudahkannya. Bahkan jenis ini lebih sering dipakai di kantor untuk pencatatan pengeluaran atau pemasukan perusahaan.

Untuk fungsinya adalah dapat membuat laporan, daftar nilai, kemudian data juga lebih teratur, membuat berbagai macam grafik dan table dalam perhitungan dan masih banyak lagi.

  1. Ms. Power point

Kemudian untuk power point juga sering digunakan, tampilan dan desain yang dimilikinya juga beragam. Hal ini digunakan untuk bahan presentasi dengan berbentuk slide. Bahkan untuk lebih bagus bisa menambahkan fitur-fitur di Ms. Power point. Fungsinya yaitu bisa digunakan sebagai presentasi, menambahkan video atau foto dan lainnya.

Manfaat dan Kelebihan Serta Kekurangannya

Manfaat diperoleh juga beragam dengan segala fungsinya. Microsoft word manfaatnya adalah Memudahkan dalam melakukan pekerjaan. Mahasiswa tentu akan sering menggunakan software ini untuk menyelesaikan berbagai tugas. Yang nantinya bisa dicetak juga dalam bentuk hardfile. Apalagi bagi kantor juga sering menggunakannya, karena menjadi kebutuhan yang utama.

Kemudian juga dapat menghemat waktu. Pada zaman dahulu mengetik atau membuat tulisan benar-benar memakan waktu lama. Apalagi dahulu masih menggunakan mesin ketik. Sehingga apabila ada kesalahan, maka harus mengulang dari awal. Jika word memiliki banyak fitur yang sangat memudahkan dan menghemat waktu.

Selanjutnya untuk Excel juga memiliki kelebihan maupun kekurangan, walaupun sangat membantu dalam berbagai hal terkait angka misalnya menyusun laporan keuangan dan lainnya tetapi juga memiliki kekurangan yaitu adanya rumus, oleh sebab itu jika tidak paham maka sangat sulit dalam mengoperasikannya.

Kekurangan lainnya adalah beberapa ada yang membayar. Jika rumus sampai salah maka tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan bahkan hasilnya juga salah. Sehingga bagi pemula tentu masih bingung karena tidak sama dengan Microsoft word.

Power point sendiri juga memiliki kelebihan yaitu sangat mudah digunakan. Bahkan untuk pemula juga sudah bisa mencobanya dan tidak sesulit excel. Untuk tampilan agar lebih menarik juga tersedia desain dan template yang lucu. Oleh karenanya macam-macam microsoft office sangat membantu dalam berbagai hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *