Advertisements

Cara Install Driver Printer Tanpa Harus Membuang Banyak Waktu

Advertisements

Menghubungkan sebuah peralatan untuk mencetak pada komputer tentu butuh tahap install driver printer terlebih dahulu. Tahap awal ini tidak bisa dilewatkan karena digunakan sebagai hal wajib demi menghubungkan perangkatnya. Tanpa menggunakan sistem yang diterapkan pada program driver, pasti tidak bisa menggunakan perangkat sama sekali.

Para pemula di bidang komputerisasi wajib mempelajari hal semacam ini karena mempunyai peran penting. Sebab, hanya proses seperti inilah yang mampu membuat komputer dan printer akan terhubung sebelum digunakan. Berarti, tidak ada cara lain agar menghubungkan kedua perangkat tersebut tanpa menggunakan program yang dimaksud.

Untuk melakukan instalasi program tersebut ke dalam komputer, maka harus diketahui adanya beberapa tahap khusus. Bagi pemula, setidaknya harus paham betul agar tidak mengalami kesalahan sepanjang proses instalasi dilakukan. Pasalnya, bisa berakibat kegagalan atau perangkat rusak apabila ada suatu kesalahan saat instalasi program drivernya.

Tanpa mengulur waktu, kami akan menjabarkan langkah penting apa saja untuk menjadi perhatian bagi Anda. Supaya para pengguna tidak mengalami kendala, setidaknya harus memiliki file melalui internet atau CD. Maka, jangan sampai install driver printer terlewat karena semuanya berperan penting supaya bisa digunakan sepenuhnya.

Download Driver di Internet atau Pakai CD Asli

Ketika harus menggunakan perangkat printer untuk mencetak pada kertas, maka sebaiknya Anda harus mengerti langkahnya. Sebagai seorang pengguna, maka wajib mengetahui cara melakukan instalasi agar bisa digunakan dengan lancar. Maka, tidak dipungkiri bahwa tahap instalasi tidak boleh dilewatkan karena menjadi sebuah syarat paling utama.

Langkah paling tepat sebelum instalasi adalah memiliki file driver yang dibutuhkan untuk proses pengunduhan sistemnya. Tanpa adanya driver, maka terasa sulit bagi Anda karena tidak mungkin aktif perangkat printernya. Oleh sebab itu, silakan cari metode khusus untuk mendapatkan file tersebut seperti rekomendasi para ahli.

Pakar teknologi mengungkapkan bahwa cara memperoleh file driver bisa dilakukan dengan penggunaan CD dari printer. Ketika membeli printer, pasti mendapat file dalam sebuah CD untuk install driver printer pada komputer. Langkah ini bisa digunakan apabila Anda membeli perangkat tersebut di tempat lengkap dan resmi.

Cara kedua bisa menggunakan media internet atau google untuk mencari daftar driver sesuai jenis printer. Di situs resminya, pasti tersedia file drivernya sehingga mudah ditemukan langsung untuk kebutuhan instalasi. Dalam waktu cepat, proses download bisa dilakukan dengan praktis sehingga langsung siap digunakan di komputer.

Demi meningkatkan kelancaran saat instalasi, jangan lupa untuk menunggu prosesnya hingga selesai dengan sendirinya. Pada umumnya, proses tersebut tidak boleh diganggu atau dihentikan secara paksa supaya perangkat dapat tersambung. Untuk belajar caranya, kami akan menjelaskan secara rinci menurut alur yang bisa dipahami oleh pemula.

Alur Mudah Install Manual Pada Sistem Windows

Mempelajari cara install driver printer memang wajib dilakukan apabila Anda punya perangkat baru untuk dihubungkan. Apabila printer langsung disambung kabel begitu saja, maka belum bisa digunakan untuk mencetak kertas. Langkah yang perlu diterapkan sangat sederhana, yaitu dengan mengikuti beberapa langkah sesuai urutan dari pedoman.

Langkah pertama yaitu memastikan bahwa file sudah siap dan sesuai dengan jenis printer yang digunakan. Ketika ditemukan perbedaan jenis atau seri printernya, maka hasilnya juga tidak bisa dipakai dengan benar. Jadi, jangan lupa memastikan file tersebut siap diinstalasi dan merupakan file resmi yang asli.

Tahap kedua adalah menjalankan program driver dan langsung mengikuti proses instalasi sesuai opsi yang dikehendaki. Biasanya, Anda akan disarankan untuk memilih proses otomatis sehingga hanya sekedar menunggu instalasi saja. Apabila proses ini sudah selesai, maka program dari driver akan ditutup secara otomatis oleh sistem.

Langkah ketiga, silakan Anda cek pada control panel yang menunjukkan hardware sesuai daftar di komputernya. Apabila driver telah diinstalasi secara benar, maka akan muncul nama printer dan opsi pengaturan. Opsi menu ini akan digunakan untuk melakukan beberapa pengecekan terhadap kelayakan dari kualitas perangkat tersebut.

Semudah itulah langkah yang perlu dilakukan oleh pengguna sehingga printer siap dipakai untuk segala kebutuhan. Pada program yang Anda gunakan, opsi print akan memunculkan daftar printer setelah driver aktif. Dengan begitu, berarti Anda telah berhasil install driver printer secara cepat tanpa adanya kendala apapun.