Advertisements

Software Video Conference yang Umum Digunakan

Advertisements

Dengan canggihnya perkembangan teknologi, sebuah pertemuan bisa dilakukan menggunakan software video conference yang bisa didapatkan secara mudah dan tentunya gratis. Bertatap muka secara online atau melalui video conference inilah yang sangat membantu jika terkadang sedang terjebak dalam situasi tidak memungkinkan untuk tatap muka langsung.

Jadi adanya software tersebut sangatlah membantu untuk kebutuhan pertemuan atau meeting, bahkan hanya sekedar ingin bertemu dengan teman yang sedang terbentang jarak. Dengan kemudahan yang diberikan software jenis ini, kamu bisa melakukan tatap muka daring serta hanya dibutuhkan perangkat serta jaringan internet memadai.

Dua aspek tersebut sangatlah penting dan harus dalam keadaan stabil, terutama jaringan internet. Karena nanti akan berpengaruh kepada performa dari sebuah software yang digunakan. Jika menggunakan standar kualitas internet di Indonesia sendiri seharusnya sudah cukup dan bisa digunakan secara lancar.

Banyak jenis video conference dan biasanya penggunaannya juga berbeda, tergantung dengan pengguna serta tujuan digunakannya. Seperti apakah nanti digunakan dalam kepentingan rapat kantor atau hanya bertemu dengan teman. Berikut ini macam-macam software yang digunakan untuk video conference.

Microsoft Teams, Software yang Memadukan Fungsi Video Conference dengan Pesan Singkat

Teams merupakan software video conference yang merupakan pengganti dari layanan berbayar dari Skype, yaitu Skype for Bussiness. Seperti halnya Skype for Bussiness, software ini memadukan fungsi video conference dengan pesan singkat, telepon dan pengolahan dokumen di dalam satu software saja.

Jadi bisa dikatakan lebih praktis, selain itu Teams juga sudah terintegrasi dengan Microsoft Office 365. Dimana hal tersebut akan memudahkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan daring atau jarak jauh. Selain guna keperluan pertemuan online, Teams juga cocok digunakan saat melakukan presentasi hingga pertemuan dengan skala besar.

Teams bisa menampung hingga 10 ribu pengguna sekaligus. Teams tentunya juga tersedia fitur screen sharing yang pas untuk melakukan presentasi dan bisa digunakan melalui smartphone kamu. Seperti halnya Skype for Bussiness, Teams memberlakukan sistem berlangganan per bulannya, dari sekitar 40 ribu hingga 160 ribu.

Zoom yang Sudah Sangat Familiar

Zoom adalah salah satu software video conference yang sering digunakan dan sangat familiar untuk sekarang ini. Dengan kemampuan untuk menampung user sebanyak 1000 dalam satu pertemuan membuat Zoom banyak digunakan dan digemari oleh usernya. Terdapat fitur lain selain fungsi utamanya.

Seperti live chat, audio conference, dan lainnya. Layanan yang disediakan oleh Zoom pada dasarnya gratis dan bisa kamu install di perangkat smartphone, laptop atau pc. Tetapi jika hanya menggunakan layanan Zoom yang gratis maka akan dibatasi penggunaanya hanya selama 40 menit saja.

Terdapat layanan lainnya berbayar, mulai dari Zoom Pro, Zoom Bussiness, dan Zoom Enterprise. Layanan-layanan tersebut bisa didapatkan dengan cara berlangganan untuk per bulannya. Zoom Pro per bulannya mulai dari $14.99 sedangkan Zoom Bussiness serta Zoom Enterprise $19.99 perbulannya. Dan itu terhitung per host meeting.

Google Hangout, Cocok untuk Melakukan Pekerjaan

Software video conference dikembangkan oleh Google ini sangat pas untuk kamu yang memang menggunakan layanan Google Suite saat melakukan pekerjaan. Karena saat menggunakan Google Hangout ini data dan email yang terhubung dengan kamu sudah otomatis terintegrasi pada layanan Hangout ini.

Jadi tidak perlu repot-repot lagi melakukan integrasi data kembali, cukup manfaatkan fitur disediakan oleh Google tersebut. Tampilan terdapat pada software Hangout ini juga terlihat lebih sederhana dan mudah untuk digunakan. Dengan adanya fitur tambahan live chat, bisa bermanfaat ketika sedang terjadi gangguan koneksi.

Hangout juga bisa diunduh melalui smartphone kamu, jadi fleksibilitas yang ditawarkan sangatlah baik dan tentunya memudahkan untuk melakukan koordinasi. Tetapi kamu perlu untuk berlangganan terlebih dahulu. Untuk basic $4.20 perbulan maksimal 25 orang, dan Enterprise $25 perbulan maksimal 50 orang.

Cisco WebEx dengan Kapasitas Hingga 1000 Orang

Cisco WebEx ini merupakan salah satu software video conference terbaik dan bisa menampung dengan kapasitas hingga 1000 orang sekaligus dalam satu pertemuan. Selain itu WebEx juga memiliki kualitas gambar serta audio saat pertemuan berlangsung yang bagus. Oleh karena itu perusahaan berskala besar sering menggunakannya.

Software yang dibeli oleh Cisco pada tahun 2007 silam ini sangat cocok untuk melakukan pertemuan dengan skala cukup besar. Dan tentunya bisa didapatkan secara gratis, serta terdapat beberapa tawaran berlangganan untuk menikmati fitur yang lebih lengkap.

Beberapa pilihan untuk agenda pertemuan daring bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Jika untuk teman atau hanya temu kangen, cukup dengan layanan gratis saja. Jika untuk urusan profesionalisme disarankan untuk menggunakan layanan berbayar, agar mendapatkan fitur dalam software video conference yang lengkap.