Pengertian Mainframe, Fungsi, dan Ciri-Ciri Pada Komputer

Pengertian Mainframe, Fungsi, dan Ciri-Ciri Pada Komputer

Penggunaan teknologi komputer secara masif belakangan ini semakin berkembang dan populer, terutama bagi Anda yang ingin tahu tentang pengertian mainframe. Istilah komputer mainframe semakin banyak dikenal pengguna teknologi di dunia.

Meskipun mainframe mulai dikenal luas oleh masyarakat sebagai salah satu jenis komputer, ternyata masih banyak orang belum tahu fungsi dari mainframe. Oleh karena itu, kami akan membahas secara lengkap sebagai berikut.

Kenali Pengertian Mainframe Server Secara Rinci

Mainframe adalah jenis komputer yang mampu menjalankan kinerja maksimal untuk memproses operasi intensif sehingga lebih bagus daripada komputer umumnya. Namun, ada pengertian mendalam jika Anda ingin memahami lebih lanjut.

Pengertian mainframe berasal dari bahasa Inggris, artinya sebuah teknologi informasi berkelas tinggi terdiri atas berbagai komputer. Komputer mainframe mampu melakukan beragam tugas yang berkaitan dengan komputasi rumit dalam jangka pendek.

Penggunaan mainframe sering ditemukan pada sebuah komputer yang terhubung lewat terminal tertentu. Mainframe pada dunia teknologi informasi terkenal dengan istilah supercomputer karena kemampuan sangat baik dalam mengolah data berskala besar.

Fungsi mainframe berfokus pada pusat data sebagai sumber dari berbagai energi komputer lainnya. Supercomputer server dapat memenuhi berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan pengolahan data web dengan ukuran luas.

Sebagai pengguna teknologi, Anda harus mengetahui fungsi lengkap dari penggunaan supercomputer. Untuk memahami fungsi lengkap supercomputer, yuk simak istilah penjelasan di bawah ini sampai usai agar paham.

Fungsi Utama Mainframe Server Komputer

Pengertian mainframe secara rinci sudah kami bahas di atas, selanjutnya Anda harus mengetahui kegunaan supercomputer server dengan jelas pula. Karena komputer mainframe punya beberapa fungsi penting untuk memenuhi kebutuhan.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari komputer mainframe server di era teknologi komputer sedang berkembang pesat. Yuk ikuti ulasan lengkap kami supaya mengetahui fungsi utama mainframe komputer server.

1. Pengawas Traffic

Mainframe berguna untuk mengawasi lalu lintas data ketika banyak program berusaha untuk mendapatkan data dalam waktu bersamaan. Pengawasan mainframe server menjamin keamanan lebih baik pada setiap data yang dibutuhkan program.

2. Tugas Skala Besar

Selain mengenali pengertian mainframe, ada fungsi penting supercomputer yakni untuk melakukan tugas berskala besar. Tugas dengan skala luas tersebut meliputi pengolahan data dan penyimpanan data web komputer.

3. Diakses dalam Jumlah Besar

Supercomputer juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan para pengguna teknologi dalam jumlah yang besar. Dengan mainframe, seluruh pengguna pasti akan tercukupi kebutuhannya tanpa mengalami kendala sedikitpun.

4. Time Sharing

Fungsi lain dari supercomputer sebagai time sharing, yaitu sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna dapat berbagi dan mendapatkan informasi penting. Time sharing bersifat real-time, sehingga menguntungkan seluruh pengguna dalam bertukar informasi.

5. Kemampuan Multitasking

Pengertian mainframe punya fungsi penting untuk melancarkan akses banyak aplikasi yang diakses secara bersamaan. Kemampuan multitasking dari mainframe server memberikan jaminan kepada pengguna teknologi bisa mendapatkan banyak manfaat.

Mengenal Ciri-Ciri Teknologi Supercomputer Server

Supercomputer server mempunyai ciri-ciri yakni menggunakan prosesor dengan kecepatan tinggi mencapai 1 GOPS. Selain itu, jumlah prosesor pada mainframe server juga lebih dari satu untuk menjalankan tugas sangat besar.

Melihat fungsi dari mainframe sangat penting untuk pengolahan dan penyimpanan data, keberadaan teknologi supercomputer biasanya membutuhkan tempat besar. Selain itu, penggunaan teknologi supercomputer juga membutuhkan daya cukup besar.

Ciri-ciri mainframe berikutnya adalah memiliki interface di dalam komputer bersifat teks. Terakhir, terdapat akses informasi besar dalam waktu bersamaan pada supercomputer server canggih tersebut.

Melihat keberadaan supercomputer sangat penting, kini Anda bisa mengenali pengertian, ciri-ciri, dan fungsinya. Pengertian mainframe dan fungsinya sangat penting dalam memproses sekaligus menyimpan data berskala besar.